6 Khasiat Jamu Cekokan Untuk Kesehatan Anak

Khasiat Jamu Cekokan memang sudah dikenal secara turun-temurun guna menyembuhkan dan menambah selera makan pada kalangan anak-anak. Tidak hanya itu saja, Manfaat Jamu Cekokan juga disinyalir bisa mengobati flu, demam, sawan dan juga meringankan batuk pada anak balita. Jadi tidak heran dengan banyaknya kemampuan tersebut, jamu cekokan masih dilestarikan hingga sekarang. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan dan memperluas ilmu seputar dunia herbal. Pada kesempatan ini kami akan sedikit merangkum keterangan terkait dengan resep dan kegunaan jamu cekokan untuk kesehatan anak.

6 Khasiat Jamu Cekokan Untuk Kesehatan Anak

Jamu Cekokan sebenarnya tidak mempunyai ramuan khusus, sebab komposisinya juga hampir sama persis dengan racikan jamu yang sudah ada. Salah satunya ialah jamu pahitan, sinom dan lain sebagainya. Namun yang menjadi pembeda disini ialah mengenai cara pembuatan, penerapan dan mengkonsumsinya saja. Adapun tingkatan tersebut, dibawah ini kami sudah menulis beberapa resep yang mungkin bisa membantu sehingga kalangan ibu tidak terlalu khawatir ketika anaknya sedang sakit.


Jamu cekokan merupakan istilah jawa yang artinya diminumkan secara paksa dengan menekan lidah. Namun cara ini harus dengan pengetahuan dan pengalaman agar anak yang sedang dicekok tidak keselek. Jadi harus berhati-hati dan diperhatikan dengan betul tentang bagaimana cara untuk menerapkannya. Untuk langkah awal ada baiknya jika diserahkan pada yang sudah berpengalaman. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebenarnya jamu cekokan bisa diterapkan dengan metode yang berbeda, salah satunya ialah dengan menambahkan gula aren agar rasa jamu tidak pahit. Namun kadang kala sangat susah untuk meminta anak meminumnya sehingga mau tidak mau anda harus melakukan cekok agar kesehatan anak tetap terjaga. Apa saja manfaat jamu cekokan untuk anak? Berikut rincian selengkapnya!

6 Khasiat Jamu Cekokan Untuk Kesehatan Anak :
  1. Mengobati cacingan yang berguna untuk mengeluarkan cacing dalam sistem pencernaan. Dalam hal ini tubuh si anak akan tetap terjaga dan terhindar dari kekurangan gizi.
  2. Meringankan gejala flu atau pilek yang berfungsi untuk melegakan sistem pernafasan pada anak. Melakukan pencegahan lebih baik dari pada mengobati.
  3. Menambah selera makan anak. Kadang kala anak kita sangat sulit untuk diajak kompromi, oleh karena itu, orang akan khawatir karena anak tidak mau makan. Jadi dengan treatmen jamu cekok, mungkin masalah ini bisa terselesaikan.
  4. Menurunkan demam pada anak. Penyakit yang sangat umum ini sangat rentan dan sering terjadi pada kalangan anak-anak. Demam yang berkelanjutan akan berdampak buruk dan malah memicu penyakit lain bila tidak segera diatasi. Jadi, salah satu solusinya ialah dengan menggunakan jamu cekok ini.
  5. Mengatasi sawan pada anak. Kadang kala anak anda mengalami yang namanya sawan. Gejala ini biasanya terjadi apabila anak sedang demam tinggi atau karena hal lain.
  6. Menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan pada anak.

Bagaimana Resep Dan Cara Membuat Jamu Cekokan?
Sebenarnya dengan satu nama, bisa saja ramuan yang digunakan berbeda. Tergantung dengan gejala atau penyakit yang sedang anak anda alami. Oleh karena itulah, berikut ini kami menyediakan sekitar 4 resep sederhana dalam meracik jamu cekokan.
  • Penambah Selera Makan : Siapkan 1 rimpang temulawak dan sedikit gula aren (gula merah). Parut temulawak kemudian padukan atau campur dengan gula merah.
  • Demam : Sediakan 2 rimpang kunyit dan 1 butir telur burung dara (merpati). Parut kunyit kemudian campur dengan kuning telur hingga rata.
  • Flu (pilek) : Siapkan 1 ibu jari rimpang jahe dan 1sdm gula aren. Haluskan kedua bahan dan tampahkan sedikit air agar proses menelan lebih mudah.
  • Batuk : Persiapkan 2 ruas rimpang kencur, parut dan tiriskan.

Bagaimana Cara mengkonsumsi jamu Cekokan?
Cukup sederhana sekali penerapan jamu cekok ini. Bungkus ramuan yang sudah disediakan dengan kain yang agak kasar (biasanya kalangan masyarakat desa menggunakan kerudung) kemudian diperas dan langsung diminumkan pada anak. Pertama tengadahkan kepala, buka mulut dengan lidah ditekan. Harus hati-hati agar anak tidak tersedak.

==> Yuk Baca Juga : 15 Khasiat Buah Arbei Untuk Kesehatan

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami lampirkan untuk 6 Khasiat Jamu Cekokan Untuk Kesehatan Anak. Semoga yang kami tulis ini bisa berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *