12 Khasiat Buah Buni (Wuni) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Buah Buni mungkin sudah familiar untuk sebagian kalangan. Beberapa manfaat buah wuni ini dipercaya bisa menyembuhkan sipilis, mencegah kanker, menjaga sistem imun dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu banyaknya kegunaan, buah buni digolongkan dalam salah satu herba yang mempunyai kemampuan cukup ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Jadi, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan mengenai tanaman obat, pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman terkait dengan fungsi buah wuni untuk kesehatan dan juga kecantikan.

12 Khasiat Buah Buni (Wuni) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buni (Nama latin atau ilmiah : Antidesma bunius L.) adalah sejenis pohon penghasil buah yang bisa dimakan atau dikonsumsi. Dengan ukuran yang sangat kecil, buah ini mempunyai bentuk cukup unik dan menarik untuk dikonsumsi. Buah buni mempunyai warna merah keunguan dan tersusun dalam satu tangkai layaknya buah anggur. Dan dalam satu tangkai tersebut terdapat banyak buah yang menyerupai ranti. Sedangkan untuk konsumsi, kadang buah sering diolah menjadi rujak, selai atau juga di fermentasi sebagai minuman. Dan diberbagai daerah, buah ini dikenal dengan sebutan huni, gedeh, beras-beras (sunda), Wuni (jawa), Boni (sunda), bignai (Filipina), Bunih, katakuti, barune, bunetedong (Makasar), Monton (Sumut), Takuti (Gorontalo), Barune (Sumbawa), Bonia (Lampung), dan Bumeh (Madura).


Buah buni kaya akan manfaat karena mempunyai kandungan atau nilai gizi yang tidak kalah dengan buah lainnya. Beberapa nutrisi tersebut berupa : vitamin C, provitamin A (karoten), vitamin B1, B2, dan vitamin E, mineral, fosfor, zat besi, kalium, serat dan berupa senyawa alkaloid serta Friendelin. Dari kandungan inilah diperoleh kegunaan yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh kita.

12 Khasiat Buah Buni (Wuni) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menguatkan sistem imun dimana fungsi ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan radikal bebas dan virus sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Boleh dibilang buah wuni sangat baik untuk dijadikan antioksidan alami.
  2. Menjaga kesehatan kulit yang terkait dengan gatal-gatal, infeksi atau juga hal lainnya yang berhubungan dengan kulit.
  3. Mempercepat penyembuhan dan penuaan bisul.
  4. Melancarkan sirkulasi atau sistem peredaran darah dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  5. Menjaga kesehatan mata dan menjernihkan pandangan. Bisa digunakan dalam pencegahan rabun atau gangguan indera penglihatan lainnya.
  6. Melancarkan sistem pencernaan dimana manfaat ini mencakup pencegahan sembelit atau susah BAB.
  7. Mengobati penyakit sipilis atau gangguan pada organ kejantanan pria.
  8. Mencegah sel kanker dan tumor menjalar dalam tubuh. Sehingga bisa menekan dan menurunkan pertumbuhan sel berbahaya tersebut.
  9. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  10. Meremajakan kulit dimana fungsi ini sangat baik dalam mencegah penuaan dini sehingga keriput dan garis halus pada wajah bisa diminimalisir.
  11. Mengetasi anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah serta gejala yang disebabkan seperti lemah, letih, lesu, pusing, dll.
  12. Meringankan gejala jantung berdebar, dan menormalkan kinerja organ jantung tersebut.

Bagaimana Resep Dan Cara Menggunakan Buah Buni Sebagai Obat?
Ada beberapa racikan yang bisa anda gunakan dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit dengan buah wuni. Dan beberapa diantaranya sudah kami rangkum sedemikian rupa pada rincian berikut :
  • Anemia (Kurang darah) : Siapkan sekitar 45 butir buah buni yang sudah matang, 2 ruas asam kawak, dan 1 jari rimpang kunyit. Tumbuk semua bahan hingga halus kemudian dipadukan dengan 1/2 cangkir air hangat. Peras dan saring selanjutnya ditambah 1sdm madu. Minum secara rutin hingga sembuh atau hasil benar-benar dirasakan.
  • Sipilis (Sifilis) : Sediakan 10gr daun buni, 10gr daun cakar ayam, 5 gr daun sambiloto, 5 gr daun sendok, dan 5 gr rumput mutiara. Cuci dan tumbuk kasar semua bahan kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring kemudian bisa diminum selagi hangat 2 hingga 3x sehari.
  • Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) : Siapkan 35 butri buah buni yang sudah matang dan dibuang bijinya. Blender hingga halus kemudian bisa langsung dimakan. Untuk mempermudah proses menelan, anda bisa melanjutkan dengan meminum air hangat sesudahnya.
  • Jantung Berdebar : Sediakan 30 butir buah wuni yang sudah matang, 10 lembar daun sembung, 1 jari kayu manis, 1/2 jari jahe, dan 2 jari gula aren. Cuci dan tumbuk kasar semua bahan kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum 2x sehari hingga sembuh tiap pagi dan malam.

Sebenarnya selain menggunakan resep diatas, untuk mendapat manfaat buah buni, bisa saja langsung dimakan sebagai cemilan, direbus atau diseduh sebagai minumandan juga ditumbuk sebagai jamu seperti yang sudah kami sebutkan diatas.


Demikianlah artikel singkat tentang 12 Khasiat Buah Buni (Wuni) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare juga dengan teman-teman yang lain. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *