6 Khasiat Tanaman Kecubung Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Khasiat Kecubung bisa didapat dengan memanfaatkan semua bagian tanaman yang diantaranya meliputi daun, bunga, batang dan akarnya. Namun, karena memiliki kandungan racun yang lumayan tinggi, maka sebagian orang tidak berani untuk menggunakan obat herbal yang satu ini. Padahal jika kita ketahui, ada banyak sekali fungsi dan kebaikan dari kecubung. Jika dimaksimalkan dengan tepat, kecubung bisa mengatasi berbagai jenis penyakit yang diantaranya sesak nafas (asma), diare, kolera, dan obat bius alami yang tentunya harus dengan anjuran yang benar. Nah untuk mengetahui lebih detail tentang apa saja manfaat tanaman kecubung, kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman terkait dengan tumbuhan yang dimaksud.
Khasiat Tanaman Kecubung Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Kecubung (Nama latin atau ilmiah : Datura Metel) adalah sejenis tanaman hias berunga yang banyak tumbuh di pagar-pagar atau tanah serta ladang yang tidak terpakai. Memang pada umumnya kecubung tumbuh dengan liar, namun di beberapa daerah juga ada yang membudidayakan guna memenuhi kebutuhan untuk dunia pengobatan. Jadi tidak heran juga jika ada yang paham betul akan kegunaan dari tanaman ini. Dibeberapa daerah, kecubung mempunyai banyak sekali nama lokal yang dikenal juga dengan sebutan kecobung, cubung, bembe, bulutube, tampong-tampong, babotek, padura, karontungan, tahuntungan, taruapalo, dan mungkin masih banyak lagi nama lokal lainnya.

==> Yuk Lihat Juga : 18 Khasiat Air Tebu Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi kecubung bisa dikenali dengan melihat ukuran daun hijau melebar, batang berbentuk semak rimbun, bunga putih berbentuk terompet dan kebanyakan dari kalangan masyarakat merawatnya untuk tanaman hias karena bunga dari kecubung boleh dibilang sangat indah. Untuk ciri lebih detail bisa juga dengan melihat cuplikan gambar diatas.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada kecubung?
Jika kami rangkum dari beberapa sumber, terdapat banyak sekali zat kimia yang merupakan hasil turunan dari senyawa alkaloid. Beberapa diantaranya ialah atropin, hiosiamin, dan skopolamin serta zat lainnya berupa hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, nikotina, norhiosiamina, kuskohigrina, norskopolamina, dan meteleodina. Nah dari senyawa inilah diperoleh kumpulan khasiat yang baik untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

Apa saja Manfaat Kecubung Untuk Kesehatan?
  1. Mengatasi dan meringankan gejala asma atau yang lebih dikenal dengan sesak nafas. Cara menggunakan ialah dengan merebus daun atau bunga dari kecubung yang masih segar dengan air secukupnya. Selanjutnya tunggu hingga mendidih dan hirup uap air dari didihan daun tersebut.
  2. Menyembuhkan kolera atau beberapa jenis penyakit kulit lainnya. Cara penggunaan ialah dengan menyiapkan akar kecubung dari tanaman yang berbunga warna ungu. Cuci bersih dan potong kecil. Selanjutnya bisa direbus dengan air secukupnya dan minum 2x sehari siang dan malam hari.
  3. Menghentikan diare yaitu dengan mengkonsumsi akar berserta daun kering dari kecubung. Untuk porsi bisa disesuaikan (jangan berlebihan). Rebus akar atau daun kecubung tersebut dan minum selagi hangat.
  4. Mengobati wasir yang disertai anus turun. Penggunaan sama persis dengan diare diatas. Jadi sangat mudah serta tidak butuh waktu lama untuk mendapat hasilnya.
  5. Obat herbal untuk bisul dan korengan. Cara pemakaian dengan menghaluskan daun yang masih muda kemudian ditapalkan pada area kulit yang ingin diobati.
  6. Mengatasi eksim atau radang (munculnya ruam warna merah pada kulit). Caranya ialah dengan mengambil daun kecubung secukupnya, cuci dan haluskan. Selanjutnya bubuhkan pada area kulit yang terkena eksim.
Himbauan !!!
Kecubung mempunyai kandungan racun yang cukup tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk penggunaan konsumsi tanpa ada pedoman atau orang yang lebih paham. Jadi lebih aman untuk pemakaian bagian luar tubuh saja.

==> Yuk Baca Juga : 11 Khasiat Cream Temulawak Untuk Kecantikan

Demikianlah artikel singkat mengenai 6 Khasiat Tanaman Kecubung Untuk Dunia Pengobatan Herbal. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Mengenai kurang lebihnya silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *