33 Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan

Khasiat Rumput Mutiara mungkin sudah umum dan banyak digunakan dalam berbagai jenis pengobatan herbal. Memang tidak mengherankan, sebab selain mempunyai ciri-ciri tanaman yang mudah dikenal. Rumput mutiara juga kaya akan kegunaan serta fungsi yang kesemuanya tergolong dalam penyembuhan beberapa penyakit ringan maupun berat. Selain itu, kemampuan rumput ini juga terbilang ampuh dalam mengatasi sel kanker, melancarkan sirkulasi darah dan masih banyak lagi sifat farmakologi lainnya sehingga memang cocok untuk dijadikan ramuan herbal (minuman sehat/jamu) yang berkemampuan cukup baik untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan

Rumput Mutiara (Nama Latin atau Ilmiah : Hedyotis Corymbosa L. / Oldenlandia Corymbosa L.) adalah sejenis tanaman yang tergolong dalam kelompok rumput-rumputan. Klasifikasinya masih dalam kerajaan plantea dan termasuk keluarga Rubiaceae. Tumbuhan ini sering digunakan sebagai obat pada Negara-negara Asia Tenggara, Cina dan juga India. Dengan kemampuan yang maha dahsyat tersebut, rumput ini menjadi idola dan banyak dijumpai dalam berbagai olahan (bahan produksi) berupa kapsul, pil, serbuk atau cair. Diberbagai daerah, rumput mutiara sering dikenal dengan sebutan rumput siku, katepan, bunga telor, dan shui xian ciao.


Ciri-Ciri rumput mutiara bisa dikenali dengan melihat batangnya yang berpenampakan tegak sedikit condong. Ada pula percabangan yang terdapat pada pangkal batang dengan tinggi atau panjang mencapai 10 hingga 20cm. Batang berbentuk segi empat, halus gundul dan mempunyai sedikit sisik berukuran pendek dengan warna hijau kecokelatan dan hijau keabu-abuan. Daun sangat kecil memanjang sekitar 2-5cm, bertulang yang bentuknya meruncing pada bagian pangkal dan ujung. Daun berwarna pucat bertangkai pendek dengan diselimuti rambut pendek. Berakar tunggang dan sering ditemukan pada tempat-tempat lembab (basah) seperti halaman rumah, pematang sawah, selokan, dan pinggir jalan.

Apa saja sih kandungan senyawa kimia alami pada rumput mutiara?
Jika dilansir dari beberapa sumber, rumput ini mempunyai zat seperti flavonoid, asam ursolat, asam uleanolat, iridoid, stigmasterol, beta-sitosterol, p-coumaric acid, hentriacontane, dan glycosides. Nah, dari senyawa inilah diperoleh kumpulan manfaat rumput mutiara yang sudah kami rangkum seperti dibawah ini.

Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat Diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan atau meluruhkan saluran kemih. Sehingga juga terkait dalam menjaga kesehatan ginjal, pencegahan kencing batu, dan juga menghancurkan batu empedu.
  2. Membantu dalam penetralan racun dalam tubuh. Entah itu oleh makanan atau hal lain yang disebabkan sengatan atau gigitan ular. Kemampuan mengeluarkan toksin inilah yang juga berpengaruh dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.
  3. Bersifat anti-piretik yang ampuh untuk meredakan dan menurunkan panas dalam ataupun demam. Dalam hal ini kemampuan rumput mutiara ialah untuk mendinginkan dan menimbulkan rasa sejuk pada tenggorokan.
  4. Mencegah dan mengatasi gejala hipertensi (tekanan darah tinggi). Karena rumput mutiara juga sangat baik dalam menjaga peredaran atau sirkulasi darah.
  5. Menjaga kesehatan dan meregenerasi sel-sel yang rusak pada organ hati. Dalam hal ini terkait juga pencegahan hepatitis atau penyakit kuning.
  6. Bersifat Anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan atau bengkak. Radang tersebut diantaranya radang panggul, radang usus buntu, radang tonsil (amandel), radang kulit (bernanah), dll.
  7. Bersifata anti-kanker yang diantaranya ialah kanker lambung, kanker serviks, kanker payudara, kanker nasofaring (kanker hidung), kanker rektum, dll.
  8. Mengobati bronkitis atau infeksi pada saluran pernafasan.
  9. Mengatasi tonsilis, Limfosarkoma, fibrosarkoma, Kolesistitis, Faringitis, Pneumonia, unci-uci, dll.
  10. Terapi pengobatan untuk tulang patah dan juga terkilir.
  11. Menyembuhkan Malaria.
  12. Mempercepat penyembuhan bisul dan borok (luka berkeanjangan).
  13. Menyembuhkan gondongan (gondok).
  14. Meregenerasi beberapa sel syaraf yang rusak. Sehingga cepat diatasi dan diperbarui.
  15. Bersifat anti-bakteri dan anti-mikroba yang cukup baik untuk membunuh kuman, bakteri dan virus yang merugikan tubuh.
  16. Mencegah terjadinya infeksi pada luka, dll.
Bagaimana resep dan membuat jamu dari rumput mutiara?
Sesungguhnya langkah pembuatan ramuan dari rumput mutiara ini sangatlah mudah. Dan untuk melengkapi postingan kali ini, dibawah ini kami melampirkan beberapa resep sederhana yang mungkin saja bisa anda ikuti. Yuk simak rangkuman berikut :
  • Penggunaan Konsumsi : Siapkan sekitar 50gr rumput mutiara yang masih segar. Cuci bersih kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Selanjutnya saring dan minum 2x sehari @1 gelas selama kurang lebih 1 minggu atau sampai benar-benar terasa hasilnya. Resep ini bisa digunakan dalam mengobati radang usus buntu, hepatitis, dan penyakit lainnya.
  • Pemakaian Luar : Siapkan batang beserta daun rumput mutiara secukupnya. Cuci dan haluskan dan balurkan pada area kulit yang ingin diobati. Baik digunakan untuk gigitan ular, memar, terkilir, luka (borok), dll.
Bagaimana? Sangat mudah bukan? selain mudah didapat, murah dan juga sangat manjur, rumput mutiara bisa juga dijadikan tanaman hias yang tidak kalah cantik dengan tanaman lainnya. Jadi manfaatnya bisa double, untuk apotik hidup dan juga memperindah pemandangan.


Sebenarnya tanaman ini sudah kami bahas dalam portingan sebelumnya, dan post tersebut kami beri judul Khasiat Rumput Lidah ular. Maka dari itu, anda bisa baca terlebih dahulu untuk mengetahui lebih lanjut. Nah, demikianlah artikel singkat ini. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare juga ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *