27 Khasiat Tanaman Atau Pohon Kapulaga Untuk Kesehatan

Khasiat Kapulaga pada umumnya memang hanya digunakan sebagai rempah masakan yang mempunyai cita rasa unik dan menjadikan masakan lebih nikmat dan menambah selera makan. Namun siapa sangka jika dibalik semua tersebut juga tersimpan jutaan manfaat yang baik bagi kinerja tubuh sehingga lebih sehat serta berkemampuan untuk menjaga vitalitas dan mengembalikan tenaga yang hilang sehabis kerja. Aroma khas kapulaga mungkin agak sedikit pedas, karena hal itulah yang menjadikan rimpang yang satu ini sebagai komoditi rempah termahal ketiga sedunia. Jadi untuk mengenal lebih jauh seputar kapulaga dan kegunaannya, kali ini disini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman terkait fungsi dan manfaat kapulaga sebagai bumbu dan dunia pengobatan herbal.

27 Khasiat Tanaman Atau Pohon Kapulaga Untuk Kesehatan

Kapulaga adalah sejenis pohon atau tanaman yang tergolong dalam keluarga rimpang (jahe-jahean) yang banyak digunakan untuk rempah atau bumbu dapur dalam kehidupan sehari-hari. Jika dilihat dari klasifikasi, kapulaga masih satu keluarga dengan jenis rimpang dan mempunyai bentuk atau perwakan yang hampir sama pula. Kapulaga sendiri didapat dari biji beberapa tanaman terkait dalam suku genera elettaria dan amomum. Sedangkan pengenalannya bisa diketahui melalui bentuk biji polongnya yang kecil, penampang segitiga dan berbentuk gelondong. Berkulit tipis pada bagian luar sedangkan bijinya berwarna hitam kecil. Kapulaga banyak didapat pada daratan India, Bhutan, Bangladesh, Nepal, Indonesia dan Juga Pakistan.


Jika dilihat dari jenisnya, kapulaga terbagi dalam beberapa kelompok yang diantaranya Kapulaga Jawa dan Kapulaga Seberang. Keduanya merupakan jenis yang terdapat dan dibudidayakan di Indonesia. Manfaat utama dijadikan rempah namun juga sebagai alternatif dalam campuran jamu (Obat-obatan tradisional) dan juga sebagai minuman penyegar. Orang terdahulu menjadikan kapulaga sebagai obat hrbal untuk mengatasi segala jenis penyakit yang terkait dengan masuk angin, kembung, dan juga nyeri serta pegal linu.

Nah beranjak pada topik terkait, jika kita melihat banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Tentunya kita juga bertanya-tanya akan kandungan nutrisi dan senyawa kimia alami didalamnya. Apa saja sih kandungan kapulaga? Berikut kami sudah merangkum beberapa senyawa serta gizi yang bisa didapat dari kapulaga. Kandungan ini kami ambil dari beberapa sumber yang tentunya kami rangkum kembali menjadi keterangan lebih detail dan terperinci. Adapun kandungan tersebut diantaranya :

Kandungan Gizi (nutrisi) pada kapulaga adalah : Energi (gula/kalori), Serat, Karbohidrat, Protein, Lemak, Kolesterol, Vitamin A, sodium, Potassium, Niacin, riboflavin, pyridoxine, Vitamin C, kalsium, zat besi, tembaga, magnesium, seng, mangan dan fosfor.

Kandungan senyawa alami kapulaga ialah : Minyak atsiri, borneol, sineol, kersik, terpineol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, dan terpinil asetat.

Nah, dengan melihat semua kandungan diatas, pastinya kita sudah tidak akan ragu lagi akan semua kemampuan yang dimiliki oleh kapulaga. Apa saja sih Manfaat dan Khasiat Kapulaga? Yuk simak rincian berikut :
  1. Kapulaga baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Dalam hal ini terkait banyak sekali hal baik yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti kesehatan usus, lambung dll.
  2. Kapulaga ampuh untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar (BAB). Sebenarnya hal ini ada hubungannya dengan sistem pencernaan, namun tidak afdol rasanya jika tidak disebutkan.
  3. Bersifat anti-bakteri yang berkemampuan untuk menghambat serta membunuh bakteri merugikan dalam atau luar tubuh.
  4. Mencegah terjadinya pembekuan pada darah sehingga boleh dibilang sangat baik dalam melancarkan sirkulasi atau peredaran darah. Mengambil kesimpulan bahwa kapulaga juga sangat baik dalam pencegahan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  5. Menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta gigi. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).
  6. Mengurangi produksi asam lambung khususnya bagi penderita maag. Jadi cukup baik untuk mengurangi dan menyembuhkan nyeri pada lambung.
  7. Bersifat analgesik yang berguna untuk meredam dan mengurangi rasa nyeri. Khususnya bagi anda penderita nyeri otot, sering pusing dan kejang-kejang.
  8. Bersifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi bengkak atau radang khususnya pada gusi.
  9. Penambah tenaga alami bagi kalangan pria yang ingin tampil perkasa dihadapan istri. Baik untuk menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh.
  10. Baik untuk menjaga dan memelihara kualitas suara. Baik digunakan bagi anda yang sedang mengalami suara parau (suara hilang).
  11. Meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit ataupun serangan radikal bebas.
  12. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan saluran kemih. Dalam hal ini kapulaga berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal khususnya pencegahan dari penyakit sistitits dan nefritis.
  13. Menjaga kesehatan jantung dan membuat detak jantung lebih normal. Dalam hal ini terkait dengan sistem peredaran darah yang menjadikan kinerja jantung lebih ringan.
  14. Mengurangi pikiran berat seperti depresi dan stres ringan. Karena kapulaga juga bersifat menenangkan.
  15. Bersifat anti-racun yang baik untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Entah itu keracunan makanan atau gigitan hewan berbisa.
  16. Mengobati sakit tenggorokan terkait dengan suara serak, batuk, flu, dan sesak nafas.
  17. Bersifat anti-kanker yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker dalam tubuh.
  18. Menjaga kesehatan mulut terutama gusi dan gigi.
  19. Mencegah terjadinya infeksi pada luka luar ataupun dalam.
  20. Mencegah terjadinya kelebihan berat badan (obesitas). Baik sekali bagi kalangan ladies yang ingin selalu tampil cantik dan langsing. Karena kapulaga bisa dijadikan alternatif menu diet.
  21. Menjaga kecantikan kulit dan juga kesehatan rambut. Beberapa manfaat lebih rinci ialah untuk menyamarkan flek hitam pada wajah dan menjaga kulit tetap kencang. Jika dirangkum kapulaga bisa digunakan sebagai ramuan pencegah penuaan dini seperti garis halus dan pengeriputan.
  22. Mencegah tubuh kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang anemia (kekurangan darah).
  23. Menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah.
  24. Mengurangi rasa eneg atau mual yang diakibatkan oleh meriang atau masuk angin.
  25. Mengatasi perut kembung dan meriang serta gejala lain seperti pegal linu, dll.
  26. Menyegarkan nafas dan mengurangi bau mulut akibat sariawan, dll.
  27. Meringankan gejala cegukan.
Bagaimana cara mengolah kapulaga sebagai obat?
Sebenarnya hal ini sudah kami sebutkan diatas yaitu dengan car dijadikan bumbu masakan. Namun ada juga yang menyeduh atau menjadikan bubuk.

==> Yuk Baca Juga : 13 Khasiat Biji Labu Kuning Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 27 Khasiat Tanaman Atau Pohon Kapulaga Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna dan membantu bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *