26 Khasiat Buah Markisa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Buah Markisa sangat baik untuk ibu hamil ataupun ibu menyusui. Sebab kandungan antioksidan dan zat lainnya yang terdapat pada buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan janin. Tidak hanya itu saja, buah markisa juga sangat baik bagi kalangan wanita yang sedang diet atau ingin menurunkan berat badan. Karena kandungan serat didalamnya bisa melancarkan sistem pencernaan, dimana fungsi ini bermanfaat untuk mencegah penumpukan toksin dalam tubuh. Jika dilihat dari jenisnya, buah markisa terbagi dalam beberapa varian yang diantaranya markisa ungu, merah, kuning, dan beberapa lagi varian lainnya. Dan untuk mengetahui lebih detail mengenai apa saja manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan, berikut ini kami sudah merangkum keterangan singkat terkait dengan apa yang sudah kami tulis pada judul diatas.

26 Khasiat Buah Markisa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Markisa (Nama latin atau ilmiah : Passiflora Edulis Sims) adalah sejenis tanaman penghasil buah yang kini banyak dibudidayakan guna memenuhi kebutuhan konsumen pada kehidupan sehari-hari. Jika dilihat dari klasifikasi, markisa tergolong dalam tanaman genus Passiflora dan diduga berasal dari daerah tropis dan subtropis pada daratan Amerika. Diberbagai negara buah ini dikenal dengan banyak sekali nama panggilan, salah satunya ialah Chanh leo, Granilla, Passion fruit, dll. Sedangkan di Indonesia, bisa dikenal dan ditemukan 2 jenis markisa yaitu markisa ungu (Passiflora Edulis), umumnya tumbuh pada dataran tinggi. Dan Markisa Kuning (Passiflora Flavicarva) yang tumbuhnya di dataran rendah. Daerah yang menjadi sentra produksi diantaranya Sumetera Utara dan Sulawesi Selatan. Di Sumatera Barat ada juga jenis Markisa manis yang nama latinnya Passiflora Edulis Formacarva.


Apa saja kandungan gizi dari buah markisa?
Nah jika kami rangkum dari beberapa sumber, terdapat banyak sekali kandungan nutrisi dari buah ini. Jika secara formal, terdapat kandungan serat dan juga mineral. Beberapa diantaranya ialah berupa kalsium, Magnesium, Potassium, Zat besi, Fosfor, Vitamin A, Sodium, Vitamin C, Vitamin B Kompleks, mineral, serat, karoten, thiamin, riboflavin, niacin, asam karbonat, asam sitrat, protein, lemak, dan juga kalori. Serta senyawa lain berupa harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin.

26 Khasiat Buah Markisa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Melancarkan sistem pencernaan karena kaya akan serat yang bisa mencegah sembelit (susah BAB) serta mempercepat proses penyerapan sari makanan.
  2. Kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  3. Menenangkan sistem syaraf yang berfungsi untuk merelaksasi tubuh dan terkait dengan pencegahan stres dikarenakan pikiran berat.
  4. Melancaran sistem pernafasan yang juga baik untuk mencegah dan mengobati asma atau sesak nafas.
  5. Mengatasi insomnia atau penyakit susah tidur. Karena buah markisa bersifat relaksasi dan menjadikan pikiran lebih tenang.
  6. Baik untuk diet karena mengandung sedikit kalori penyeban penumpukan lemak pada bagian perut.
  7. Bersifat anti-kanker dimana buah ini sangat baik untuk mencegah pertumbuhan sel tumor dan juga kanker menjalar dalam tubuh.
  8. Meringankan gejala batuk dan juga sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh dahak.
  9. Mencegah obesitas atau berat badan berlebih. Manfaat ini terkait dengan diet atau treatmen penurunan berat badan.
  10. Menjaga stamina tubuh dan memperbarui tenaga yang hilang akibat kerja berat.
  11. Mengencangkan kulit wajah dan mencegah pengeriputan. Intinya buah markisa cukup baik untuk mencegah penuaan dini.
  12. Bersifat anti-inflamasi yang mengurangi radang atau pembengkakan.
  13. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  14. Melancarkan pederan darah yang terkait dengan pencegahan hipertensi. Hal ini karena buah markisa berkemampuan untuk melebarkan pebuluh darah yang menyempit.
  15. Bersifat analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri atau peredam rasa sakit.
  16. Bersifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau suhu tubuh yang terlalu tinggi.
  17. Melancarkan produksi ASI khususnya bagi kalangan ibu yang sedang menyusui.
  18. Bersifat antiseptik yang berkemampuan membunuh kuman atau bakteri yang merugikan tubuh.
  19. Membersihkan wajah dan menjaga tetap kencang. Manfaat lainnya juga terkait dengan pencegahan jerawat serta menyamarkan noda bekas jerawat.
  20. Mengurangi dan menenangkan kalangan anak yang hiperaktif.
  21. Mencegah terjadinya cacat pada bayi jika dikonsumsi oleh kalangan ibu yang sedang hamil atau mengandung.
  22. Menjaga kesehatan mata dan menjernihkan pandangan.
  23. Menjaga kepadatan tulang dan gigi sehingga terhindar dari pengeroposan tulang (osteoporosis).
  24. Mencegah Anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin).
  25. Menunjang perkembangan otot dan otak bagi kalangan anak-anak.
  26. Meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan karena buah markisa mengandung protein yang baik untuk perkembangan otak.
Bagaimana? Apa masih ragu mengkonsumsi buah markisa? jika kita lihat dari kumpulan manfaat diatas, tentunya kita tidak akan sungkan untuk merutinkan diri memakannya sebagai menu penutup.


Demikianlah artikel singkat tentang 26 Khasiat Buah Markisa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel