23 Khasiat Daun Serai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Serai atau Sereh memang sudah umum dan banyak digunakan oleh mayoritas kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini karena sereh merupakan salah satu bahan baku bumbu masakan khususnya dalam pembuatan kare dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, selain mempunyai kegunaan sebagai rempah, ternyata serai juga memiliki kemampuan farmakologis yang berfungsi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diantaranya ialah sebagai anti-kanker, kolesterol, insomnia, menenangkan sistem syaraf, melangsingkan tubuh dan juga memberi kehangatan alami sehingga bisa mencegah masuk angin, mual, dan juga meriang. Nah, untuk mengetahui secara detail mengenai apa saja manfaat serai tersebut, dibawah ini kami sudah merangkum keterangan singkat terkait dengan khasiat dan kandungan pada sereh yang mungkin saja bisa menambah wawasan serta pengetahuan mengenai tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar kita.

Khasiat Daun Serai Untuk Kesehatan Dan Juga Kecantikan

Sereh atau serai merupakan tanaman yang tergolong dalam jenis rumput-rumputan. Perawakannya hampir sama persis dengan Alang-alang namun sedikit berbeda pada ukuran dan aroma yang keluar. Daun serai juga lebih panjang dan lebih besar dibanding dengan ilalang. Jika dilihat klasifikasi tentunya sereh masih termasuk dalam keluarga kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah disebut Cymbopogon Citratus. Jika ditanyakan asal muasal, tanaman ini diduga berasal dari India yang kemudian menyebar hingga pada seluruh Negara-negara yang mempunyai iklim sedang seperti Asia Tenggara, dll. Diberbagai daerah khususnya Indonesia, tumbuhan ini mempunyai nama lokal seperti Serreh, serai, Serre, dan deun sere.

==> Yuk Lihat Juga : 33 Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan 

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dilihat dari bentuk daun yang memanjang dengan permukaan kasar dan diselimuti rambut halus berwarna putih. Mempunyai akar serabut dan tunggang serta hidupnya bergerombol atau membentuk rumpun. Sedangkan habitat sering dijumpai pada wailayah yang banyak sawah (pematang sawah) pinggiran selokan, dan belakang rumah.

Karena begitu banyaknya sifat farmakologi atau baik digunakan untuk pengobatan herbal. Tentunya kita juga bertanya akan kandungan yang tersimpan pada daun sereh ini. Apa saja kandungan tersebut? jika dirangkum, ada beberapa mineral dan juga vitamin pada daun sereh. Mineral berupa kalsium, potassium, fosfor, magnesium, tembaga, seng, zat besi, serta vitamin berupa Vitamin A, Thiamine (B1), Riboflavin (B2), Niacine (B3), Asam Pantothenat (B5) Vitamin B6, Vitamin C dan juga Asam Folat. Dari kandungan inilah diperoleh jutaan manfaat yang baik untuk tubuh baik itu pada dunia kesehatan maupun kecantikan.

23 Khasiat Daun Serai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga serta menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Dengan begitu tubuh kita akan menjadi lebih kebal dan tidak mudah sakit.
  2. Bersifat anti-kanker yang bisa membunuh serta menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga tumor dalam tubuh.
  3. Mengatasi Anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah. Hal ini didukung oleh adanya kandungan zat besi yang berperan sebagai penunjang dalam produksi sel darah merah.
  4. Mengontrol dan menurunkan kadar gula darah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes (kencing manis).
  5. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah dan mengobati peradangan (bengkak) pada tubuh.
  6. Bersifat sebagai anti-septik yang berfungsi sebagai pembersih bakteri, kuman atau virus. Serta mencegah tubuh terkena infeksi yang disebabkan oleh jamur.
  7. Mengatasi insomnia yang baik diknsumsi oleh orang yang mengalami susah tidur.
  8. Bersifat menghangatkan dan bisa digunakan sebagai minyak angin alami. Dalam hal ini karena serai mengandung minyak atsiri serta memiliki aroma sangat harum dan khas.
  9. Mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah. Baik juga dikonsumsi oleh penderita rematik, stroke, dll.
  10. Bersifat anti-piretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam atau suhu tubuh yang tinggi.
  11. Obat herbal untuk meringankan nyeri pada saat akit kepala, pusing ataupun migrain.
  12. Ampuh untuk menetral toksin dalam tubuh sehingga mampu mengeluarkan racun entah itu karena makanan ataupun gigitan hewan.
  13. Baik untuk sistem syaraf yang berguna dalam mendukung perkembangan serta menambah daya ingat pada otak. Selain itu serai juga bersifat menenangkan sehingga otak lebih rileks dan meningkatkan konsentrasi.
  14. Mencegah terjadinya infeksi pada luka atau penyakit kulit lainnya.
  15. Menjaga kesehatan sistem pencernaan khususnya pada usus dan juga baik untuk melancarkan proses pencernaan.
  16. Mengobati mual, mulas dan perasaan eneg atau keinginan muntah.
  17. Mengobati masuk angin serta gejala lain seperti perut kembung, meriang, dll.
  18. Menjaga kesehata mulut dan juga berguna sebagai pemutih gigi alami.
  19. Mengurangi nyeri pada saat datangnya haid atau menstruasi.
  20. Menjaga dan merawat kulit tetap halus dan cantik. Lebih penting lagi kulit akan terjaga kelembapannya.
  21. Menurunkan berat badan yang baik digunakan salam treatmen diet. Karena kegunaan ini serai juga cocok untuk mencegah kelebihan berat badan (Obesitas).
  22. Mengurangi bau tidak sedap pada mulut, ketiak ataupun bau badan akibat keringat berlebih.
  23. Menjaga wajah tetap bersih, merona dan bersinar serta terbebas dari minyak.
Bagaimana cara menggunakan serai untuk obat?
Pada umumnya serai sudah sering diapaki untuk bumbu dapur sebagai pelengkap dan penambah aroma masakan. Namun penggunaan lain bisa juga dengan merebus daun serai secukupnya kemudian bisa ditambah sedikit gula pasir untuk melengkapi pembuatan teh dari daun serai. Namun bagi penderita diabetes dan yang ingin menurunkan berat badan, bisa diminum langsung tanpa harus menambah gula.

==> Yuk Baca Juga : 8 Khasiat Rambusa Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 23 Khasiat Daun Serai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel