17 Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Terong Belanda mungkin belum begitu terkenal sebab di Indonesia penyebarannya tidak merata. Namun untuk sekarang sudah banyak dibudidayakan khususnya di daerah Bogor guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Manfaat Terung Belanda boleh dibilang sangat banyak sekali. Beberapa diantaranya ialah untuk antioksidan alami, Anti-Kanker, menjaga kepadatan tulang, dan masih banyak lagi kegunaan serta fungsi lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan mengenai manfaat buah, pada postingan kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman terkait dengan tanaman terung belanda dan khasiatnya bagi kesehatan serta kecantikan.

17 Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Terong / Terung Belanda (Nama latin atau ilmiah : Solanum Betaceum ) adalah salah satu tanaman yang tergolong dalam klasifikasi suku terung-terungan (Solanaceae). Ciri dan morfologi tanaman bisa diketahui dari aroma yang berbau seperti lembu kutub. Daun berwarna hijau dengan tangkai sepanjang 10cm. Sedangkan bunga terletak pada ketiak daun yang terangkai kecil. Lebih tepatnya pada dekat ujung cabang berwarna merah sampai biru muda. Aroma bunga harum berdiameter sekitar 1cm dengan kelopak daun berjumlah lima, mahkota berbentuk genta, benang sari 5 utas, dan kepala sari tersembunyi pada runjung bertentangan dengan putik. Buah berbentuk buni / bulat telur berukuran 3 hingga 10cm. Kulit buah tipis dan licin berwarna lembayung. Buah mempunyai rasa asam bergelantungan dan daging buah berwarna hitam kekuningan. Sedangkan biji bulat pipih, tipis dan keras.


Jika membahas manfaat, pastinya kita juga akan bertanya mengenai kandungan gizi didalamnya. Nah, seketika itu juga kami mencari beberapa sumber dan menemukan beberapa nilai nutrisi yang bisa ditemukan dari buah terong belanda. Adapun kandungan tersebut berupa : Vitamin C, Gula / kalori, air, serat, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, protein, Vitamin A, dan Karbohidrat.

Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menjaga Stamina atau tenaga yang hilang akibat capek kerja seharian. Hal ini karena terdapat banyak kandungan mineral, gula, dan karbohidrat yang bisa membantu mengembalikan semua energi yang terpakai untuk bekerja.
  2. Kaya akan antioksidan alami yang menjaga sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Sehingga tubuh bisa lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.
  3. Bersifat anti-kanker yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker ataupun tuomr menjalar dalam tubuh.
  4. Menjaga kesehatan mata sehingga mata tidak mudah terkena iritasi, katarak, mata merah, rabun dan mengembalikan kerjernihan pandangan. Kenapa demikian? sebab terung belanda mempunyai vitamin A yang cukup tinggi yang merupakan vitamin penjunjang bagi indera penglihatan.
  5. Menjaga kepadatan tulang dan juga gigi. khasiat ini karena adanya fosfor, kalsium dan juga magnesium sehingga tulang tidak mudah keropos atau osteoporosis.
  6. Melancarkan sistem pencernaan terkait dengan pencegahan sembelit atau susah BAB.
  7. Mempercepat penuaan dan penyembuhan bisul.
  8. Meregenerasi atau memperbarui sel-sel DNA yang rusak.
  9. Menjaga kesehatan jantung dan tentunya juga terkait dengan pencegahan stroke.
  10. Mencegah anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin) serta mengurangi gejala-gejala yang disebabkan.
  11. Meredakan panas dalam dan sariawan serta juga semua gejala yang disebabkan. Seperti bibir pecah-pecah, gusi berdarah, dll.
  12. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah. Terkait dengan pencegahan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  13. Menunda penuaan dini yang mencakup menyamarkan garis halus dan pengeriputan pada wajah.
  14. Meningkatkan kinerja otak dan menambah daya ingat. Dalam hal ini bisa juga terbilang buah terong belanda berkhasiat untuk mencegah kepikunan serta meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.
  15. Menjadikan tubuh tetap langsing dan terhindar dari kelebihan berat badan (obesitas). Baik juga digunakan sebagai salah satu menu diet.
  16. Menjadikan kulit tubuh tidak mudah kering karena tetap lembab.
  17. Merehidrasi tubuh yang kekurangan cairan.
Terong belanda bisa tumbuh dengan baik pada tanah lembab dan terletak sekitar 1000 meter diatas permukaan laut. Jadi diambil kesimpulan, tanaman ini bisa pada dataran tinggi atau pegunungan. Sedangkan pengembangan bisa dilakukan dengan cara penyemaian biji dan stek atau menggunakan tunas kecambah.


Demikianlah artikel singkat seputar 17 Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *