17 Khasiat Bunga Rosella Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bunga Rosella Merah yang sudah dikeringkan memang sangat baik untuk pengobatan herbal. Salah satu Manfaat Bunga Rosella diantaranya untuk diet, hipertensi, flu, melancarkan saluran kemih, gusi berdarah, batuk dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan mengenai ramuan herbal yang bisa didapat dari lingkungan sekitar, kali ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan fungsi bunga rosella untuk pengobatan tradisional. Berikut rangkuman selengkapnya!

Khasiat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Bunga Rosella (Nama latin atau ilmiah : Hibiscus sabdariffa L.) adalah sejenis tanaman berbunga yang diduga berasal dari benua Afrika. Di Indonesia bunga ini dikenal dengan sebutan rosela serta disebut juga dengan beberapa panggilan lokal seperti asam paya, asam kumbang, asam susur dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk konsumsi sebagai obat, bunga rosella bisa dijadikan sayur, teh, obat herbal dan juga sebagai selai.


Ciri dan deskripsi tanaman sebenarnya sudah bisa dilihat dari penampakan lampiran gambar diatas. Yaitu bunga berwarna merah, terdapat seperti duri pada pangkal bunga, dan juga pertumbuhan tanaman ini berupa semak dan umum juga digunakan sebagai tanaman hias karena bentuk dan warna bunga sangat menarik dan unik.

Nah, yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan pada bunga rosella? Jika dilihat dan dirangkum dari wikipedia, kelopak bunga rosella ini mempunyai kandungan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat tersebut berupa Vitamin C, Protein esensial, Vitamin A, kalsium, serta 18 jenis asam amino termasuk juga arginina dan legnin yang berfungsi cukup baik dalam proses peremajaan sel-sel tubuh. Pemanfaatan kelopak bunga rosella memang sudah dikenal dan diteliti oleh pakar-pakar kesehatan modern maupun tradisional diberbagai negara di dunia. Senyawa lain yang terdapat pada bunga ini ialah :  antosianin, asam protosatekuat, asam askorbat, ekstrak saliks, glikosida cardiac, flavonoid, saponin, alkaloid, sardenoleda, anthocyanins delphinidin-3-O-sambubioside, cyanidin-3-O-sambubioside, Rosella yang sudah dikeringkan mengandung flavonoid gossypetin, hibiscetine dan sabdaretine. Pigmen utama yang sebelumnya dilaporkan sebagai hibiscin telah diidentifikasi sebagai daphniphylline. Sejumlah kecil myrtillin (delphinidin 3-monoglucoside), Chrysanthenin (cyanidin 3-monoglucoside), dan delphinidin (source: wikipedia)

17 Khasiat Bunga Rosella Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Bersifat anti-kanker yang fungsinya sangat baik untuk menangkal segala jenis sel kanker dalam tubuh. Sehingga bisa menghambat pertumbuhan atau mencegah muncul sel kanker dan tumor tesebut.
  2. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan saluran kemih. Dimana kegunaan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal, mencegah kencing batu dan juga segala gangguan pada sistem urine lainnya.
  3. Menurunkan asam urat dalam tubuh yang terkait juga untuk mencegah kelumpuhan, nyeri pada persendian, mengurangi kram, dll.
  4. Anti-hipertensi yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah. Manfaat ini terkait dengan pencegahan penggumpalan darah dan juga menjaga peredaran darah dalam tubuh tetap lancar.
  5. Memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak normal.
  6. Mengatasi diabetes mellitus dimana fungsi ini sangat cocok bagi anda yang sedang mengalami kencing manis. Hal ini karena bunga rosella cukup baik untuk mengontrol kadar gula darah.
  7. Sebagai antioksidan alami yang cukup baik sebagai penangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit atau terserang penyakit.
  8. Meringankan gejala batuk (batuk kering ataupu batuk berdahak). Karena berkemampuan untuk melegakan sistem pernafasan dan juga bisa mengeluarkan dahak secara cepat.
  9. Menambah stamina dan vitalitas tubuh khususnya bagi anda kalangan pria.
  10. Meringankan gejala sariawan dan sariawan seperti bibir pecah-pecah, luka dalam mulut, mulut kering, dll.
  11. Meringankan gejala influenza atau pilek.
  12. Menurunkan berat badan dan menjadikan tubuh tetap langsing secara alami.
  13. Mengurangi stres karena bunga rosella juga bersifat anti-depresi yang bisa menenangkan pikiran.
  14. Menghentikan pendarahan pada gusi.
  15. Mengatasi beberapa jenis penyakit kulit seperti gatal, eksim, dll.
  16. Mempercepat penyembuhan luka, entah itu karena terjatuh, terkena benda tajam ataupun oleh gigitan serangga.
  17. Meringankan anemia atau gejala kurang darah yang mencakup pusing, lemah, letih, dll.

Bagaimana resep dan cara mengolah bunga rosella sebagai obat?
Jika dirangkum dari wikipedia, bunga rosella bisa diolah dengan teh, selai, sayuran, dan jamu herbal. Untuk lebih detailnya, berikut rinciannya!
  • Teh : Bunga Rosella umumnya dijadikan teh. Cara pembuatan ialah dengan memetik beberapa kelopak bunga rosella, cuci bersih, kemudian dijemur hingga kering. Dan cara menggunakannya cukup menyeduh bunga rosella kering tersebut dengan porsi secukupnya.
  • Sayur : Untuk penggunaan cukup siapkan kelopak bunga rosella, cuci dan kukus hingga matang. Selanjutnya bisa dikonsumsi dengan menggunakan sambal atau dicampur dengan pecel.
  • Selai : Siapkan kelopak bunga rosella dan cuci, selanjutnya bisa langsung dimakan atau bisa juga dengan di jus.
Bagaimana? Apa masih ragu akan jutaan manfaat bunga rosella? Jika masih kurang, mungkin anda bisa meninggalkan komentar jika ingin menambahkan.


Demikianlah artikel mengenai 17 Khasiat Bunga Rosella Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *