16 Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Khasiat Cacing Tanah sudah umum digunakan pada kalangan masyarakat Jawa Timur khususnya Madura. Hal ini sudah dikenal secara turun-temurun sebagai obat herbal atau yang lebih dikenal dengan jamu dengan kemampuan yang cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Beberapa fungsi dari cacing tanah ini dipercaya bisa mengobati tipes, demam tinggi, melancarkan sirkulasi darah dan masih banyak lagi sifat farmakologi yang tentunya akan kami kupas secara detail pada postingan kali ini. Jadi tidak heran jika cacing menjadi salah satu hewan buruan selain cicak dan juga tokek.

Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Cacing merupakan hewan kecil melata dengan permukaan kulit dan bentuknya memanjang. Dengan habitat pada tanah liat seperti dekat comberan dan tanah gembur lainnya menjadikan kebanyakan orang jijik ketika melihatnya. Selain itu cacing juga mempunyai lendir yang membuat semakin eneg ketika melihatnya. Padahal jika kita ketahui, dibalik semua tersebut tersimpan jutaan manfaat bagi kesehatan yang mungkin tidak terduga. Umumnya cacing tanah dijadikan umpan untuk memancing ikan dan belut disungai, hal ini karena cacing juga berbau amis dan menjadi penarik ikan untuk memangsanya.


Jika dilihat dari warna dan tempat hidup, cacing terbagi dalam beberapa jenis. Dan yang paling menarik ialah jenis kelamin hewan ini sudah lengkap, jadi tidak butuh cacing lain untuk melalukan perkawinan. Hal menarik lainnya ialah cacing bisa membelah diri dan berkembang lebih cepat dibanding dengan jenis hewan lainnya.

Yang sering jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan gizi pada cacing tanah? dari rangkuman yang kami ambil dari beberapa sumber, cacing mempunyai sebagian besar protein didalamnya. Namun masih ada juga lemak, mineral, karbohidrat, Asam amino dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah dari kandungan inilah cacing bisa digunakan sebagai obat.

16 Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan :
  1. Mengatasi sembelit atau susah BAB. Hal ini karena cacing berfungsi sebagai pelancar sistem pencernaan sehingga penyerapan zat makanan bisa berjalan lebih normal.
  2. Menyembuhkan penyakit tifus. Fungsi ini didukung adanya kandungan yang bisa membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tifus.
  3. Menghentikan diare atau murus, sangat cocok dikonsumsi oleh kalangan anak-anak yang sedang mencret.
  4. Melancarkan sistem peredaran darah karena cacing juga menyingkirkan lemak jahat pada sistem sirkulasi dari yang juga terkait dengan pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi).
  5. Menjaga stamina tubuh yang hilang. Karena cacing berguna untuk membakar lemak dan mengubahnya menjadi tenaga atau energi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  6. Menurunkan demam (antipiretik) yang ampuh untuk menyembuhkan suhu tubuh tinggi.
  7. Mempercepat penyembuhan luka dan meregenerasi sel-sel kulit yang rusak.
  8. Menambah selera makan khususnya bagi anak yang masih dalam tahap pemulihan pasca sakit.
  9. Menenanngkan sistem syaraf yang juga sangat baik untuk pencegahan stres atau pikiran berat.
  10. Menjaga elastisitas kulit dan juga wajah. Sehingga boleh dibilang bisa mencegah penuaan dini yang terkait dengan menyamarkan garis halus, pengeriputan dan mencegah kulit kering.
  11. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  12. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus (kencing manis) karena cacing berkemampuan untuk mengontrol kadar gula darah.
  13. Mencegah terjadinya infeksi pada sistem pencernaan seperti usus, dll.
  14. Meningkatkan kejantanan pria khususnya bagi yang mudah capek dan loyo.
  15. Meringankan gejala sakit maag dan membuat adem lambung.
  16. Obat herbal untuk eksim dan beberapa jenis penyakit kulit lainnya.
Resep dan cara membuat ramuan dari cacing tanah :
  • Pertama siapkan cacing tanah secukupnya, cuci dan buang tanah atau kotorannya.
  • Langkah kedua yaitu dengan merebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Air rebusa bisa diminum sedangkan ampas cacing bisa dijemur dan dijadikan bubuk.
  • Untuk cacing kering dan sudah ditumbuk, bisa juga dengan diseduh beserta air mendidih secukupnya.
  • Minum secara rutin paling tidak 2x sehari hingga sembuh.
Alternatif untuk menghilangkan eneg, anda bisa membungkus daging cacing yang sudah matang dengan kapsul atau tape. Selanjutnya bisa diminum. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa eneg dan mencegah keinginan muntah.


Demikianlah artikel tentang 16 Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel