11 Khasiat Cream Temulawak Dan Cara Menggunakannya

Khasiat Cream Temulawak mungkin belum banyak yang tahu. Padahal jika kita telusuri, ada banyak sekali jenis produk yang menawarkan olahan dari rimpang yang satu ini. Umumnya temulawak dijadikan ramuan atau jamu tradisional yang pada dasarnya hanya melewati proses konsumsi. Jadi sedikit yang paham bahwa temulawak juga bisa digunakan sebagai bahan kosmetik yang kemampuannya tidak kalah dengan cara diminum (konsumsi). Sehingga kalangan masyarakat hanya memanfaatkan temulawak sebatas itu saja. Namun apa benar krim temulawak baik untuk kulit? Jangan ambil pusing, yuk kita simak beberapa rangkuman atau keterangan singkat dibawah ini terkait dengan fungsi, kegunaan serta efek (dampak) yang bisa didapat dengan menggunakan krim temulawak.
11 Khasiat Cream Temulawak Dan Cara Menggunakannya

Untuk zaman yang sudah serba mutakhir ini, ada beberapa jenis kosmetik yang memang benar-benar membantu dalam menjaga kesehatan. Dalam hal ini banyak juga oknum yang memalsukan barang produksi tersebut sehingga hasil atau dampak yang diakibatkan tidak bisa dipertanggung-jawabkan. Sehingga secara tidak langsung akan menjadikan anda selaku konsumen merasa ragu untuk membeli ataupun memakai bahan tersebut. Jadi waspadalah sebelum anda membeli. Pastikan dari sumber atau toko terpercaya dan sudah mempunyai izin BPOM. Kenapa demikian? hal ini tentunya untuk berjaga-jaga agar kita terhindar dari pemalsuan serta bahan yang kita beli benar-benar aman untuk digunakan.

==> Yuk Lihat Juga : 27 Khasiat Pohon Kapulaga Untuk Kesehatan

Apa saja sih manfaat dari Cream Temulawak tersebut?
Jika diambil bahasan secara singkat, temulawak mempunyai kandungan minyak atsiri yang didalamnya mempunyai kegunaan sebagai pencerah wajah alami. Jadi dengan mengkonsumsi saja sudah berpengaruh baik untuk wajah, apalagi dengan penerapan langsung sebagai masker ataupun bedak dan krim. Untuk penggunaan, bisa juga diterapkan pada waktu-waktu senggang anda, entah itu siang ataupun malam hari. Jika dipakai sebagai masker, maka alangkah baiknya jika dilakukan dimalam hari saja, agar tubuh bisa lebih santai dan rileks karena aktifitas sudah berkurang lebih tepatnya sebelum tidur. Penggunaan bisa diawali dengan mencuci wajah dengan sabun dan tunggu hingga kering (Hindari penggunaan handuk agar pori tidak terbuka sehingga tidak terjadi penyumbatan pori wajah) kemudian bisa dilanjutkan dengan penerapan masker atau krim yang dimaksud.

Apa saja sih Manfaat Cream Temulawak Untuk Kulit Wajah?
Jika dirangkum dari beberapa sumber, ada banyak sekali khasiat yang bisa kita dapat, salah satunya ialah :
  1. Membantu dalam mengecilkan pori wajah sehingga kulit terlihat lebih halus, bersinar dan juga merona secara alami.
  2. Membantu membersihkan wajah dari kotoran atau radikal bebas yang dapat merusak kulit.
  3. Wajah akan terlihat lebih sempurna, tidak pucat dan cemerlang serta segar.
  4. Mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit sehingga tidak kering ataupun mengelupas.
  5. Mencerahkan dan memutihkan wajah secara alami dan aman.
  6. Mengangkat sel kulit mati dan juga komedo pada bagian hidung dan pipi.
  7. Membantu menyamarkan serta menghilang noda atau flek hitam diwajah. Entah itu karena polusi ataupun bekas jerawat.
  8. Melindungi wajah dari sengatan sinar matahari khususnya UVA dan UVB sehingga kulit tidak terbakar dan menghitam meski terkena paparan sinar matahari langsung.
  9. Menunda penuaan dini seperti menyamarkan garis halus (pengeriputan) serta menjaga kulit wajah tetap kencang.
  10. Memiliki sifat anti-bakteri (mikroba) yang baik untuk mencegah tumbuhnya jamur seperti panu, dll.
  11. Menyamarkan radang atau bengkak yang disebabkan oleh jerawat karena memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan).
Bagaimana Cara Membuat Krim Temulawak Sendiri?
Mungkin masih ada beberapa kekhawatiran yang muncul dibenak anda untuk membeli produk yang sudah banyak dijual pada pasaran ataupun warung (toko) terdekat. Sehingga secara tidak langsung membuat kita merasa was-was dan sedikit takut untuk menggunakannya. Dari segi harga dan penggunaan, mungkin produk hasil produksi lebih simple dan sederhana. Karena tinggal gunakan atau pakek. Namun bagaimana jika membuatnya sendiri dirumah? Apa bisa? Ya bisa saja asalkan tidak digunakan dalam jangka panjang. Sebab dalam temulawak juga mengandung pewarna alami yang membuat pori tertutup sehingga mungkin sirkulasi tempat keluarnya keringat akan tersumbat. Namun jika digunakan sewajarnya, efek yang kita dapat mungkin akan lebih baik dan tetap tampil cantik meskipun dengan bahan alami.

Cara membuat krimp temulawak sangatlah mudah, cukup siapkan beberapa ruas rimpang temulawak kemudian diiris tipis. Jemur hingga kering kemudian haluskan dengan cara ditumbuk ataupun digiling. Untuk penggunaan, sediakan sekitar 1sdm bubuk temulawak dan larutkan dengan air secukupnya hingga berubah menjadi gel (krim). Selanjutnya tinggal kita terapkan secara merata pada bagian wajah (dianjurkan pada malam hari). Sebenernya pemakaian temulawak sebagai masker bisa diterapkan langsung, namun dampaknya akan sedikit lengket pada kulit yang menyebabkan rasa tidak nyaman. So, pakailah sebagai masker setelah proses penjemuran.

Apa Ada Efek Samping Dalam menggunakan Cream Temulawak?
Setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda. Ada yang mengalami perubahan tanpa masalah, namun ada juga beberapa orang yang mengalami seperti kulit mengering, timbul jerawat dan lain-lain sebagainya. Kenapa demikian? Sebab mungkin saja penerapan yang dilakukan salah atau langkah yang digunakan tidak sesuai dengan apa yang sudah dianjurkan dalam kemasan produk tersebut. Efek lainnya biasanya kulit wajah akan terlihat seperti mengelupas, padahal kejadian ini wajar, sebab krim temulawak mempunyai kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati yang terlihat seperti kulit halus mengelupas.


Demikianlah bahasan singkat mengenai 11 Khasiat Cream Temulawak Dan Cara Menggunakannya. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare jika artikel ini bermanfaat! Terimakasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *