9 Khasiat Temu Putri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Temu Putri tidak beda jauh dengan jenis rimpang yang lain. Beberapa Manfaat Temu Putri tersebut bisa menyembuhkan demam, penambah selera makan, menghilangkan bau badan dan juga memperlancar sistem pencernaan. Dan untuk mengetahui lebih detail mengenai rimpang temu putri, maka pada postingan kali ini kami akan mencoba berbagi mengenai apa itu temu putri serta macam kebaikan yang bisa didapat oleh tubuh.

9 Khasiat Temu Putri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Temu Putri (Nama Latin : Curcuma petiolata) Adalah tanaman obat sejenis rimpang yang tergolong dalam keluarga Zingiberaceae. Umumnya sering dijadikan tanaman hias karena mempunyai bentuk bunga dan warna yang begitu indah. Namun untuk sekarang ini sangatlah sulit didapatkan dan bahkan boleh dibilang hampir punah. Jadi pengembang biakan lebih digalakkan karena mempunyai nilai jual lumayan tinggi dibanding dengan jenis rimpang yang lain.


Ciri dan deskripsi tanaman sudah bisa anda lihat pada lampiran gambar diatas. Terdapat daun tunggal melebar dengan ketinggian batang rata-rata hingga kurang lebih setengah meter. Daun warna hijau roset dan berbunga warna merah muda diselingi putih pada bagian putik. Sedangkan rimpang berukuran mini berwarna putih kekuningan.

9 Khasiat Temu Putri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Melancarkan sistem pencernaan, terkait dengan pencegahan sembelit (susah BAB).
  2. Menyembuhkan sakit perut yang mulet, melilit serta nyeri.
  3. Menembah selera makan khususnya bagi anda yang masih dalam tahap pemulihan pasca sakit.
  4. Pembersih darah pada wanita sehabis melahirkan.
  5. Bersifat antipiretik yang berkemampuan untuk meredakan demam (panas).
  6. Mencegah terjadinya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri atau kuman.
  7. Bersifat menenangkan yang ampuh untuk mencegah stres dan depresi serta mengurangi pikiran kalut.
  8. Menjaga kulit tetap halus dan kencang serta mencegah penuaan dini.
  9. Mengurangi bau ketiak, badan dan bau mulut.
Pengolahan temu putri sebelum digunakan bisa menggunakan bagian daun, batang, bunga dan akarnya. Untuk lebih terperinci, mungkin resep berikut bisa membantu!

Konsumsi :
Siapkan beberapa rimpang temu putih yang dipadukan dengan daun sirih. Cuci semua bahan kemudian ditumbuk hingga halus. Selanjutnya bisa direbus dengan menambah air dan garam secukupnya. Saring dan bisa diminum selagi hangat.

Lulur alami :
Siapkan beberapa lembar daun, tumbuk hingga halus dan tambah sedikit air hingga bertekstur lembut. Selanjutnya balurkan pada seluruh badan yang ingin dirawat.


Demikianlah artikel singkat mengenai 9 Khasiat Temu Putri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya,,, dan jangan lupa baca juga postingan kami yang lain. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel