8 Khasiat Tanaman Sig-sag Untuk Kesehatan

Khasiat Sig-sag ini mungkin belum terkenal dan tidak diketahui oleh semua kalangan. Karena pada umumnya tanaman ini dipakai untuk pagar hidup. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, pohon bunga ini mempunyai beberapa manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa diantaranya ialah digunakan untuk bengkak, pendarahan, keracunan, borok dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, maka dari itu, pada kesempatan ini, disini kami akan menerangkan apa saja kebaikan dari pohon sig-sag selaku salah satu tanaman obat.

Khasiat Tanaman Sig-sag Untuk Kesehatan

Sig-sag (Nama latin : Euphorbia tithymaloides L.) adalah sejenis tanaman pagar yang banyak ditemukan pada daerah tropis. Banyak juga yang menyebut tanaman ini dengan penawar lilin karena bentuk bunga dan daunnya yang mnyerupai kobaran api lilin. Karena terapat kandungan racun, jadi penggunaan sebgai obat hanyalah sebatas pada luar tubuh saja. Seperti luka dll.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batangnya yang tumbuh tegak dengan batang bercabang banyak. Tinggi batang berskisar anrata 60cm hingga 1m. Sangat umum ditanam pada tempat-tempat umum seperti taman, pagar hidup dan juga sekaligus apotik hidup yang berkemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Batang dari penawar lilin berbentuk bulat berdaging warna hijau. Cabang yang masih muda berbelok-belok sig-sag (zig-zag) berdaun tunggal dan tumbuh berseling berbentuk bulat memanjang. Mempunyai getajh berwarna putih jika dipatahkan. Serta bunganya berwarna merah berupa payung pada bagian ujung tangkai. Untuk ciri sepintas bisa juga dengan melihat lampiran gambar diatas.

Apa saja kandungan senyawa kimia pada tanaman sig-sag?
Jika kami rangkum dari beberapa sumber, ditemukan senyawa kimia alami berupa beta-sitosterol, eprifiedelanol acetat, dan i-dotriacontanol. Nah dari kandungan inilah diperoleh jutaan manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Penasaran? Yuk simak rincian berikut!

8 Khasiat Tanaman Sig-sag Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi radang / pembengkakan.
  2. Mempercepat proses pembekuan darah, sehingga sesuai untuk menghentikan pendarahan pada luka.
  3. Mengobati penyakit kulit seperti gatal, koreng, kudis, dll.
  4. Mengurangi mata merah dan juga bengkak.
  5. Menetralkan toksin dalam tubuh sehingga baik untuk mengatasi keracunan.
  6. Menyembuhkan gigitan lipan dan sengatan kalajengking serta jenis serangga lain.
  7. Membantu proses penyembuhan patah tulang.
  8. Mengurangi panas atau demam (antipiretik).
Untuk penggunaan, kebanyakan ialah pada bagian luar tubuh. Karena sangat berbahaya dikonsumsi jika dalam jumlah besar. Namun ada juga yang mengkonsumsi guna menyembuhkan jenis penyakit tertentu. Untuk konsumsi, Rebus sekitar 5gr batang dan daun sig-sag yang masih segar dengan air secukupnya kemudian minum. Sedangkan untuk penggunaan luar bisa dengan menghaluskan batang dan daun penawar lilin kemudian ditapalkan atau dibubuhkan pada area kulit yang ingin diobati.


Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 8 Khasiat Tanaman Sig-sag Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu! Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *