50+ Khasiat Kulit Manggis Dan Cara Mengolahnya

Khasiat Kulit Manggis Boleh dibilang sudah banyak yang membutuktikan. Entah itu dikonsumsi dalam keadaan segar, ekstrak ataupun sudah dalam bentuk kapsul. Maka dari itu, sangat tidak heran jika buah yang mempunyai cita rasa segar ini banyak diburu dan diambil kulitnya untuk dunia pengobatan herbal. Manfaat Kulit Manggis juga dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol darah, Diabetes, dan juga mencegah segala jenis kanker dan tumor dalam tubuh. Nah untuk mengetahui secara detail, pada kesempatan kali ini disini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit referensi yang kami rangkum dari berbagai sumber berbeda sehingga memperoleh kesimpulan yang lebih lengkap tentang kegunaan serta bagaimana cara mengolah dan mengkonsumsi kulit manggis dengan benar.

Khasiat Kulit Manggis Dan Cara Mengolahnya

Selain yang sudah kami simpulkan diatas, kulit manggis tidak hanya baik untuk dunia kesehatan saja, melaikan juga baik untuk menjaga kecantikan tubuh. Entah itu mencakup kesehatan kulit dan menjaga tubuh tetap langsing. Memang secara umum kulit manggis mengandung banyak sekali antioksidan yang mendukung dan memelihara beberapa kinerja organ tubuh menjadi lebih normal. Secara tradisional, kulit manggis bisa dijadikan salah satu alternatif yang mungkin dibutuhkan sebagai pendamping obat-obatan lain dan tentunya akan lebih aman karena minim efek samping atau bahkan tidak ada sama sekali. Meski mungkin bagi sebagian orang yang sensitif akan obat akan mengalami sedikit efek namun tidak begitu vital.


Untuk jaman yang sudah serba canggih ini, banyak dari kalangan produsen yang memanfaatkan kesempatan ini. Jadi kita sudah tidak perlu repot memikirkan cara pengolahan. Sebab kita hanya perlu mengkonsumsinya saja karena kulit manggis sudah diekstrak dan diubah bentuk menjadi serbuk serta pil atau kapsul. Namun apa semua itu aman? Jika dipikir secara kasar, semua olahan yang sudah melalui proses produksi, sedikit banyak sudah mengandung bahan kimia yang mungkin saja bisa menggaggu dan mengurangi masksimalnya kinerja dari kulit manggis bagi tubuh. Jadi alangkah lebih baiknya jika kita membuat sendiri dirumah agar oikiran lebih tenang serta tidak memikirkan efek samping yang akan timbul. Namun sebelum itu, yuk kita ketahui terlebih dahulu apa saja khasiat dan manfaat kulit manggis yang bisa didapat oleh tubuh berikut ini!

Khasiat Kulit Manggis Dan Cara Mengolahnya :
  1. Kaya akan antioksidan yang bisa menjadikan tubuh lebih tahan akan serangan berbagai jenis penyakit. Menguatkan sistem imun dan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit dan semua organ bekerja secara maksimal karena meminimalisir terjadinya gangguan.
  2. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh. Manfaat ini secara tidak langsung terkait dengan pencegahan hipertensi (Tekanan darah tinggi). Cocok bagi anda yang mengalami keluhan seputar penyakit terkait.
  3. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tentunya kita serba hati-hati dalam memilih makanan yang kita konsumsi, hal ini karena berhubungan dengan kolesterol yang menyerang khususnya bagi orang yang sudah lanjut. Tapi untuk anda yang ingin berjaga-jaga, maka kulit manggislah salah satu solusinya.
  4. Membunuh bakteri dalam usus khususnya penyebab diare. Jadi diambil kesimpulan, kulit manggis juga berkhasiat untuk menghentikan diare.
  5. Menjega kesehatan jantung, jantung berdebar, dan juga jenis penyakit jantung lainnya baik itu koroner atau yang biasa.
  6. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah dan mengatasi peradangan. Cocok untuk menyembuhkan radang usus, radang sendi, radang gusi, dll.
  7. Mengatasi insmomnia atau penyakit susah tidur. Memang penyakit ini boleh dibilang tidak begitu serius. Namun jika berlanjut, maka akan menurunkan daya tahan tubuh yang berimbas pada mudahnya penyakit untuk menyerang. Jadi sebisa mungkin jangan sampai anda tidur terlalu larut.
  8. Meningkatkan mood atau bagi anda yang sering bosan akan sesuatu yang salah satunya ialah pekerjaan. Hal ini bisa disebabkan karena anda stres atau terlalu banyak pikiran, jadi anda perlu rileks, berlibur serta mengkonsumsi olahan dari kulit manggis.
  9. Mengembalikan stamina dan tenaga yang sudah terkuras, terkait dengan antioksidan diatas, mengkonsumsi kulit manggis juga menjadikan tubuh lebih bugar dan selalu bersemangat.
  10. Bersifat anti-kanker yang terkait dengan pencegahan pertumbuhan sel tumor serta kanker dalam tubuh.
  11. Mencegah penuaan dini serta mengurangi pengeriputan atau tanda-tanda lain terkait dengan perubahan kulit. Salah satunya ialah pengeriputan dan munculnya garis halus pada wajah.
  12. Bersifat diuretik yang berguna untuk melancarkan saluran kemih (saluran kencing). Dalam hal ini akan berdampak pada kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal.
  13. Mengatasi masalah yang terkait dengan sistem pencernaan. Sama halnya dengan radang usus, kulit manggis juga berfungsi sangat baik dalam mengobati ambeien serta juga disentri.
  14. Menyembuhkan radang sendi, rematik dan penyakit lain yang terkait dengan ciri-ciri penuaan.
  15. Menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh khususnya keracunan yang disebabkan oleh makanan.
  16. Menghambat dan meringankan gejala menupouse pada kalangan wanita yang sudah berumur.
  17. Meringankan dampak atau efek yang disebabkan oleh datangnya menstruasi (datang bulan).
  18. Melancarkan sistem pernafasan terkait dengan pencegahan sesak nafas serta mengobati sakit tenggorokan dan sariawan.
  19. Ampuh untuk menurunkan demam atau panas tubuh yang kelewat tinggi.
  20. Mencegah TBC, Lupus, sakit pinggul, dll.
Terlepas dari semua Manfaat Dan Khasiat Kulit Manggis Diatas. Ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi pada sebagian orang (tidak semuanya) karena setiap orang mempunyai kinerja dan daya tahan tubuh yang berbeda. Beberapa efek samping tersebut diantaranya :
  1. Terjadinya alergi ringan seperti kulit membengkak, kulit memerah, menurunnya daya tahan tubuh, gatal-gatal dan terjadinya kulit bersisik serta mengelupas.
  2. Terjadinya alergi berat yang mengakibatkan mual / eneg (Ingin muntah), Nyeri sendi, sakit kepala, dll.
Semua dampak diatas terhitung tidak berbahaya bagi tubuh. Namun ada baiknya juga memperhatikan tentang bagaimana cara mengolah kulit manggis dengan benar agar bisa meminimalisir efek yang akan ditimbulkan tersebut.

Bagaimana Cara Mengolah dan Membuat Ramuan dari kulit manggis?
Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa digunakan, seperti salah satunya ialah dengan di jus atau juga dijadikan bubuk. Untuk lebih simplenya, berikut sudah kami lampirkan tentang bagaimana cara membuat jamu dari kulit manggis.
  • Di Jus : Siapkan kulit manggis yang masih segar, buang bagian terluar (kulit keras) dan ambil yang lunak saja. Untuk 1 porsi biasanya gunakan 1-2 kulit buah saja. Blender kulit manggis yang sudah dibersihkan tadi dengan menambah sedikit air, gula dan susu. Selanjutnya bisa ditambah garam dan minum. Untuk mengurangi rasa eneg, dianjurkan untuk menutup hidung pada saat meminumnya. Tapi baunya tidak begitu menyengat kok jadi anda tidak perlu begitu khawatir.
  • Dijadikan Bubuk : Sediakan beberapa kulit manggis yang masih segar kemudian dicuci bersih. Tumbuk hingga halus (biasanya akan menggumpal). Kenapa ditumbuk dalam keadaan basah? sebab jika sudah kering kulit manggis akan sangat keras dan sangat sulit untuk dihaluskan. Jika dirasa sudah halus, silahkan dijemur dan ditumbuk lahi ketika sudah setengah kering agar bisa diayak (disaring sampai benar-benar halus). Untuk penyajian, anda bisa menyeduh 1sdm bubuk manggis dengan 1 cangkir air mendidih. Untuk mengurangi rasa eneg bisa menambahkan sedikit irisan jahe.
Jika dipetik dari semua ringkasan yang sudah kami bahas diatas, kami menyimpulkan manfaat umum yang bisa diperoleh dari manfaat kulit manggis.
  1. Menjaga dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh (menguatkan imunitas).
  2. Meregenerasi sel tubuh yang rusak (memperbarui sel-sel rusak dalam tubuh).
  3. Memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sel syaraf dan otot.
  4. Mempercepat penyembuhan dan pemulihan luka.
  5. Menurunkan kadar gula darah penyebab diabetes.
  6. Membantu dalam penyembuhan disentri dan wasir (ambeien).
  7. Ampuh untuk mencegah obesitas (penurunan berat badan) sehingga tubuh tetap langsing.
  8. Antioksidan alami yang melancarkan segala sistem tubuh seperti pernafasan, pencernaan, dll.
Bagaimana? Apa anda masih ragu dengan jutaan khasiat kulit manggis? Jika iya, mungkin anda butuh referensi lain untuk memantabkan fungsi dari kulit manggis tersebut. Mungkin sekian dulu untuk postingan ini. Semoga dilain kesempatan, kami bisa memperbarui dan melengkapi kekurangan dari tulisan ini.


Jika masih kurang mengenai Khasiat Kulit Manggis Dan Cara Mengolahnya, silahkan lihat juga postingan terkait dibawah,,,! Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel