21 Khasiat Turi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Turi mungkin sudah lazim dan umum diketahui oleh masyarakat di pedesaan. Sebab pada bunga dan buahnya yang masih muda, turi bisa dimasak sebagi sayur dengan cita rasa yang boleh dibilang unik dan menambah selera makan. Beberapa Manfaat Kembang Turi tersebut diantaranya bisa melancarkan ASI, Mencegah rabun, mengobati memar, radang usus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, pada kesepatan kali ini, disini kami akan mencoba berbagi mengenai apa itu kebaikan serta kegunaan sayur turi bagi tubuh. Untuk rincian lebih lengkapnya, yuk simak kalimat ringkas berikut!

Khasiat Turi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Turi (Nama Latin : Sesbania grandiflora L.) adalah sejenis pohon kecil dari keluarga Fabaceae yang pertumbuhannya banyak ditemukan di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara khususnya di Negara Kita Indonesia. Berbagai nama lokal atau daerah dari kembang ini dikenal dengan sebutan toroy, turi, uliango, tanunu, kayu jawa, gala-gala, palawu, ajatulama, tuli, turing, suri, kalala serta mungkin masih berbeda lagi dengan tempat anda tinggal.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk batang yang bergerigi dengan waran cokelat agak putih pada bagian pepagan. Tinggi pohon rata-rata berkisar antara 5 hingga 12m. Daun berwarna hijau keabu-abuan dengan bunga warna putih dan merah namun ada serbuk kuning pada bagian putik. Tanaman turi ini berumur pendek dan hanya bisa berbuah pada musim penghujan. Sedangkan daun majemuk berhadapan berbentuk bulat. Sedangkan buah memanjang berbiji polong.

Bentuk dan warna bunga pada pohon turi ini boleh dibilang sangat unik. Tidak hanya itu saja, melainkan juga mengandung banyak sekali gizi yang baik bagi sistem organ tubuh. Adapun nutrisi tersebut diantaranya berupa karbohidrat, Vit.B1, Fosfor, protein, lemak, betakaroten, Vit.B2, zat besi, Vit.B6, kalsium, Vit.C, magnesium, potassium, selenium, thiamin, riboflavin, niacin, asam folat, serta senyawa alami berupa tanin. Dari beberapa kandungan inilah diperoleh manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh kita.

21 Khasiat Turi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mengobati sariawan serta gejala yang disebabkan seperti sakit tenggorokan dan bibir kering (pecah-pecah).
  2. Menghentikan diare atau murus yang berkepanjangan.
  3. Menyembuhkan disentri (fefes berdarah) dan baik juga untuk mengatasi wasir.
  4. Bersifat emetik yang bisa memancing atau peluruh muntah.
  5. Mempercepat penyembuhan luka. Entah itu luka bakar atau karena terkena benda tajam dan terbentur atau jatuh.
  6. Bersifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan.
  7. Melancarkan produksi dan keluarnya ASI bagi ibu yang sedang menyusui.
  8. Meringankan gejala radang pada sistem pencernaan khususnya usus.
  9. Menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit seperti scabies dan cacar air.
  10. Mengobati salah urat dikarenakan keseleo.
  11. Obat herbal untuk mengatasi gejala penyakit beri-beri.
  12. Bersifat antitusif yang sangat baik untuk meredakan batuk.
  13. Mengobati dan mencegah terjadinya rabun senja.
  14. Meringankan sakit kepala, pusing, migrain dan sejenisnya.
  15. Menurunkan demam nifas dan mencegah keputihan pada wanita.
  16. Obat alami untuk terapi penyembuhan patah tulang.
  17. Mengatasi gejala rematik dan nyeri pada persendian.
  18. Mencegah terjadinya radang pada tenggorokan.
  19. Mencegah asma dan gangguan sistem pernafasan lainnya.
  20. Mengurangi lendir pada hidung.
  21. Melancarkan peredaran atau sirkulasi darah dalam tubuh. Baik untuk pencegahan hipertensi.
Bagaimana Resep dan cara menggunakan turi untuk obat?
Untuk menyembuhkan disentri, diare, sariawan dan wasir, cukup dengan mengambil kulit batang secukupnya kemudian digeprek dan direbus. Selanjutnya bisa langsung diminum selagi hangat. Untuk patah tulang cukup siapkan pepagan beserta daunnya. Haluskan kemudian ditapalkan pada area yang sakit dan balut dengan kain halus. Sedangkan penggunaan pada umumnya ialah dengan menjadikan bunga atau kembang beserta buahnya sebagai sayur lalapan yang bisa mengundang kembalinya selera makan.


Demikianlah bahasan artikel mengenai 21 Khasiat Turi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dihare ya,,,! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel