20 Khasiat Urang-Aring Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Urang-Aring sudah umum sebagai bahan herbal penyubur rambut. Namun tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat lain yang terkait dengan kesehatan yaitu menyembuhkan eksim, gangguan lambung dan juga obat tradisional untuk penyakit hati. Pada tempat tertentu, urang-aring juga dipakai untuk mengobati luka akibat sengatat kalajengking ataupun gigitan ular. Tapi apa semua keterangan tersebut benar? maka dari itu, pada postingan kali ini kami akan mencoba menyajikan informasi yang menerangkan tentang apa itu urang-aring serta kebaikan serta fungsinya bagi dunia kesehatan dan juga kecantikan. Penasaran? Yuk simak rincian berikut!

Khasiat Urang-Aring Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Urang-Aring (Nama Latin : Eclipta alba L.) Adalah tumbuhan liar sejenis rumput yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dan masih satu keluarga dengan Asteraceae. Rumput ini bisa ditemukan pada seluruh wilayah Indonesia dengan habitat pada pinggiran sawah, ladang, serta tempat-tempat terbuka lain yang cukup akan cahaya dan kebutuhan air. Sedangkan untuk setiap wilayah, tumbuhan ini mempunyai panggilan berbeda. Beberapa diantaranya dikenal dengan orang-aring, te-lentean, daun sipat, keremak jantan, daun tinta, dan false daisy.

==> Lihat Juga : 21 Khasiat Turi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat bentuk batangnya yang terna, tumbuhnya tidak begitu tegak (rentan miring) dengan banyak sekali percabangan. Batangnya bulat berwarna hijau agak keputihan dan ditumbuhi bulu halus yang menyelimuti. Daun sejajar berhadapan sedikit memanjang warna hijau muda. Bunga bongkol warna putih sepintas tanaman ini hampir sama dengan bandotan. Namun ukuran daun lebih sempit dan kecil. Meski tidak diketahui secara pasti dari mana asalnya, namun urang-aring mudah ditemukan di daratan Asia Tenggara seperti India, China, Thailand, Malaysia dan Indonesia pada khususnya. Pada umumnya sih urang-aring dianggap gulma karena memang menggangu pertumbuhan tanaman yang dirawat oleh para petani.

Apa saja kandungan senyawa pada urang-aring?
Jika dilansir dari berbagai sumber, ditemukan beberapa zat yang terkandung pada pada tanaman jenis rumput ini. Kandungan tersebut berupa thiophene, tanin, wedelolactone, phytosterol, isoflavonoids, triterpenoid, saponin, ecliptine dan masih banyak lagi yang lainnya.

20 Khasiat Urang-Aring Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Bersifat antipiretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam atau panas.
  2. Bersifat hemostatis yang bisa menghentikan pedarahan pada luka atau menstruasi berlebih.
  3. Bersifat anti-bakteri yang membunuh bakteri, kuman dan virus berbahaya bagi tubuh.
  4. Bersifat menenangkan khususnya untuk sistem syaraf sehingga lebih rileks.
  5. Melancarkan sistem pencernaan terkait dengan pencegahan sembelit (susah BAB).
  6. Mencegah Hipertensi karena berpengaruh dalam melancarkan sirkulasi / peredaran darah.
  7. Bersifat antitoksik yang berfungsi untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh.
  8. Mengatasi gangguan pada ginjal dan bersifat diuretik yang melancarkan saluran kencing.
  9. Meringankan gejala keputihan dan mengurangi rasa gatal pada organ kewanitaan.
  10. Mengatasi terjadinya pembengkakan pada gusi.
  11. Menghentikan mimisan.
  12. Menjaga kesehatan kulit kepala dan mengurangi timbulnya ketombe.
  13. Mengembalikan kekuatan rambut dan menjaganya tetap hitam berkilau.
  14. Meringankan gejala gangguan lambung seperti maag, dan sakit perut.
  15. Mengobati eksim dan berbagai jenis penyakit kulit seperti korengan, gatal-gatal, dll.
  16. Mencegah batuk dan muntah darah.
  17. Mengatasi gejala sesak nafas (asma).
  18. Obat herbal untuk meringankan gejala vertigo.
  19. Mengembalikan kejernihan pandangan (Mengatasi penglihatan mata yang mulai kabur).
  20. Mempercepat pemulihan setelah melahirkan bagi kalangan ibu.
Bagaimana resep dan cara penggunaan urang-aring untuk obat?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah dan menggunakan rumput urang-aring ini. Berkut cara penerapannya!
  • Mimisan : Siapkan sekitar 1 genggam daun urang-aring kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air yang dilanjutkan dengan peras dan rebus. Minum 2x sehari hingga sembuh.
  • Gusi bengkak : Ambil daun urang-aring yang sudah kering kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk halus. Tempelkan pada area gusi yang sering berdarah.
  • Korengan di Kepala : Rebus daun urang-aring secukupnya dan gunakan untuk membasuh atau mencuci kulit kepala.
  • Diare dan Muntah Darah : Giling daun urang-aring secukupnya, tambah air, saring dan peras. Untuk menyamarkan sedikit rasa pahit, bisa juga ditambah dengan garam dapur. Minum rutin paling tidak 1x sehari.
  • Batuk Dan Bronkitis : Siapkan sekitar 60gr daun urang-aring yang kemudian dicuci dan ditumbuk hingga halus. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan minum selagi hangat.
  • Keputihan : Sediakan 30gr daun urang-aring, rendam pada dalam kaldu ayam kemudian di tim (dikukus). Selanjtunya bisa diminum airnya.
Sebenarnya masih banyak lagi resep penyajian untuk berbagai jenis penyakit. Namun kami rasa cara yang dilakukan hampir sama yaitu dengan hanya merebus herba atau daun dari urang-aring. Jadi untuk penggunaan universal, bisa dengan menyiapkan bahan secukupnya, tumbuk, rebus dan minum airnya.

==> Baca Juga : 11 Khasiat Jung Rahab Untuk Kesehatan

Nah demikianlah artikel mengenai 20 Khasiat Urang-Aring Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan juga dengan teman yang lain ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *