12 Khasiat Tanaman Sambang Getih Untuk Kesehatan

Khasiat Sambang Getih mungkin sudah umum bagi kalangan masyarakat tertentu. Penggunaannya sebagai ramuan herbal bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti obat luka, diare, batu empedu dan juga baik untuk meluruhkan saluran kemih. Nah karena kebaikan inilah sambang getih banyak diolah menjadi obat tradisional yang berkemampuan cukup baik bagi dunia kesehatan. Untuk itu, untuk mendapat info yang lebih detail, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa keterangan yang mencakup antara kandungan serta kegunaan sambang getih untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Tanaman Sambang Getih Untuk Kesehatan

Sambang Getih (Nama Latin : Hemigraphis alternata) adalah tanaman perdu semak kecil yang bisa tumbuh secara liar pada lingkungan sekitar. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan kecibeling yang merupakan keluarga klasifikasi dari Pecah Beling. Nama lokal dari sambang getih juga dikenal dengan sebutan sarap, lire, remek daging, binalu api, dan sambang geteh. Tumbuhan obat ini banyak didapat didaratan Asia khususnya Indonesia dan Malaysia yang habitat hidupnya baik pada negara dengan iklim Tropis.


Ciri dan Deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang berbentuk terna kecil, banyak ditemukan secara liar atau juga di pertamanan karena bentuk dan warna daun sangatlah unik. Batang merayap ditanah dengan ruas batang berwarna ungu. Helaian dain bulat dengan tepian sedikit bergerigi, atas daun berwana hijau tua (hijau lumut) dan ungu pada bagian bawah daun. Perbungaan berbentuk buli dengan mahkota menyerupai corong. Berbuah kotak dan berakar tunggang.

Apa saja kegunaan sambang getih untuk kehidupan sehari-hari?
Karena warna dan bentuk daun, banyak juga yang memanfaatkan sambang getih sebagai tanaman hias. Tapi ada juga beberapa kalangan yang menjadikan sebagai pewarna alami pada kain dan tikar. Serta juga berkhasiat obat karena mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh.

Apa saja kandungan senyawa pada sambang getih?
Jika dilansir dari beberapa sumber, sambang getih mempunyai zat berupa kalium, natrium, flavonoid, saponin, tanin dan polifenol. Dari kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang mungkin saja belum kita ketahui. Untuk rincian lebih lengkap, yuk simak keterangan berikut!

12 Khasiat Tanaman Sambang Getih Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan saluran kemih.
  2. Kaya antioksidan yang berkemampuan untuk menjaga sistem imun dari serangan radikal bebas.
  3. Mempercepat penyembuhan luka pada luka bakar ataupun tergores.
  4. Menurunkan kadar gula darah yang baik untuk pencerita diabetes.
  5. Bersifat anti-bakteri yang berkemampuan untuk menghambat pertumbuhan nakteri dalam tubuh.
  6. Bersifat hemostatik yang bisa menghentikan pendarahan bagi wanita yang baru melahirkan.
  7. Menyembuhkan disentri (feses berlendir dan berdarah).
  8. Mengobati wasir atau ambeien.
  9. Bersifat antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam.
  10. Menghancurka batu empedu.
  11. Menghentikan diare.
  12. Mengatasi terkilir atau salah urat.
Bagaimana cara menggunakan sambang getih untuk obat?
Untuk menyembuhkan luka, cukup dengan dikunyah kemudian ditapalkan pada area kulit yang ingin diobati. Sama halnya untuk mengobati terkilir dan pengobatan luar lainnya. Sedangkan untuk konsumsi, rebus daun sambang getih secukupnya dan airnya diminum selagi hangat.

==> Baca Juga : 18 Khasiat Kembang Semangkuk Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel mengenai 12 Khasiat Tanaman Sambang Getih Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel