10 Khasiat Secang Untuk Kesehatan

Khasiat Secang mungkin sudah sangat umum bagi kalangan masyarakat tertentu. Karena memang penggunaannya dijadikan sebagai ramuan herbal yang bermanfaat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hal ini kandungan senyawa didalamnya sangatlah banyak yang memungkinkan tubuh bekerja lebh maksimal dari segi kinerja maupun kesehatan. Nah untuk itu, guna mengetahui lebih detail apa itu secang dan kebaikan didalamnya, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencobat untuk memberikan sedikit referensi yang mungkin saja bisa membantu!

Khasiat Secang Untuk Kesehatan

Secang (Nama Latin : Caesalpinia sappan L.) adalah sejenis tanaman perdu yang tergolong dalam suku polong-polongan. Tanaman yang diduga berasal dari Amerika ini mempunyai beberapa nama lokal yang dikenal dengan Sepang, seupeueng, cacang, sapang, sefen, sema, pasa, sawala, sinyianga, kajo secang, hong, hinianga, dll.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan pohon perdu kecil denga ketinggian rata-rata 7m. Batang mempunyai benjolan dan diselimuti duri. Daun majemuk menyrip ganda hampir sama dengan petai cina namun lebih tebal. Bunga malay dengan buah polong berbiji bulat memanjang. Untuk ciri sepintas silahkan cek lampiran gambar diatas.

Apa saja kandungan senyawa pada secang?
Jika kami lansir dan rangkum dari beberapa sumber, secang mempunyai zat berupa asam tanat, asam galat, flavonoid, saponin, tanin, brasilin, dan juga minyak atsiri. Dari senyawa inilah diperoleh jutaan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Pemanfaatan ialah dengan menggunakan pepagan atau kulit kayu yang bisa diolah sebagai rempah dan jamu tradisional.

10 Khasiat Secang Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-jerawat yang mamu membersihkan dan menyembuhkan jerawat.
  2. Kaya antioksidan yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.
  3. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh (hypoglycemic) baik untuk yang diet.
  4. Anti-inflamasi yang berkemampuan untuk mencegah radang atau pembengkakan.
  5. Anti-bakteri yang berkhasiat untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri.
  6. Merelaksasi peredaran darah menjadi lebih normal (vasorelaxant)
  7. Melindungi kinerja organ hati (hepatoprotective).
  8. Bersifat anti-kanker yang menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.
  9. Mempercepat pembekuan darah yang baik untuk menghentikan pendarahan.
  10. Bersifat analgesik yang baik untuk meredakan rasa nyeri dan sakit.
Untuk penggunaan, biasanya digunakan untuk rempah (bumbu dapur) atau juga secagai campuran jamu tradisional. Tapi kadang juga bisa diseduh sebagai minuman penyegar. (Hampir sama persis dengan kayu manis).


Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Khasiat Secang Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel