Khasiat Rumput Merak Untuk Kesehatan

Khasiat Rumput Merak mungkin belum sangat umum dan jarang diketahui. Karena tanaman ini hanya dianggap gulma dan digunakan sebagai pakan ternak. Padahal jika kita tahu, ada beberapa kebaikan yang tersimpan dibalik rumput tersebut. Nah untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu rumput merakan dan apa saja manfaat bagi kesehatan. Berikut ini kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang siapa tahu bisa menjadi sumber referensi dan bisa menambah wawasan seputar tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar.

Khasiat Rumput Merak Untuk Kesehatan

Rumput Merak (Nama latin : Themeda arguens L.) sering juga dikenal dengan rumput merakan, memerakan adalah sejenis tanaman rumput yang tergolong dalam klasifikasi keluarga dari Poaceae. Penyebarannya boleh dibilang sangat luas dan hampir bisa ditemukan diseluruh daratan Asia khususnya Indonesia. Kenapa dinamakan dengan rumput merak? Karena bentuk daun dan bulirnya mekar mengembang menyerupai ekor burung merak. Di Indonesia, rumput ini mempunyai banyak sekali nama lokal, dan beberapa nama tersebut seperti suntieng putieh, ramo kasang, beureum, kakasangan, suket merakan, rebhe bhajang, jheng pele, lampejheng, curungceung, genung, tebuna manek, tegalngana, dan Bahasa inggrisnya dikenal dengan Christmas grass.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batangnya yang tumbuh tegak menjulang dengan ketinggian rata-rata 70cm, Helaian daun memanjang datar dengan warna hijau berselimut ungu, Ujung daun meruncing dengan lebar 4 hingga 7mm. Batang silindris dengan perbungaan berupa tandan, Bunga berkelamin ganda dengan terdapat benang sari dan putik. Buahnya bulat eliptis hampir bulat yang ikut gugur beriringan dengan tangkainya. Rumput ini banyak terdapat di Amerika, Australia, Asia dan Benua Tropis lainnya.

Apa saja Khasiat Rumput Merak Untuk Kesehatan?
Rumput merak sudah umum digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing dan juga kelinci. Hal karena selain mudah didapat, merakan merupakan jenis tanaman yang paling kuat hidup meski pada tanah kekeringan. Nah, apa manfaat rumput merak untuk kesehatan? Mungkin jawaban berikut bisa membantu!

Rumput merak sering digunakan sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sakit pinggang, pegal linu dan mengembalikan stamina karena capek kerja. Selain itu akar dari tanaman ini bisa dipakai untuk membersihkan darah yang terkait dalam pencegahan penyakit kulit seperti gatal-gatal da jerawat. Sedangkan untuk kecantikan, akar rumput merak juga bisa dipakai sebagai tonik yang berkemampuan untuk menyuburkan rambut. Sangat baik untuk anda yang ingin menghindari kebotakan.


Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Rumput Merak Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi yang memerlukan. Sekian dan jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel