6 Khasiat Tanaman Putut Untuk Kesehatan

Khasiat Putut mungkin belum sangat umum, sebab tanaman yang merupakan penghuni hutan bakau ini sangatlah jarang dimanfaatkan. Tanaman yang juga dikenal dengan kendeka atau tumu ini padahal menyimpan berjuta kegunaan khususnya sebagai obat herbal yang baik untuk menyembuhkan penyakit demam, diare, luka bakar dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menuangkan informasi seputar Tanaman putut yang siapa tahu berguna bagi yang membutuhkan.

Khasiat Tanaman Putut Untuk Kesehatan

Putut (Nama Latin : Bruguiera gymnorrhiza L.) adalah sejenis tanaman bakau karena masih satu keluarga. Diberbagai daerah tumbuhan ini mempunyai nama lokal yang bebeda, seperti salah satunya disebut dengan tongke, lindur, tinjang, tenggel, tumbus, prasak, pulutan dan mungkin berbeda juga pada daerah anda. Putut banyak ditemukan di pantai-pantai Samudar Hindia seperti Afrika, Australia, Madagaskar dan Negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dll.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat bentuk pohon yang selalu terlihat hijau dengan ketinggian batang mencapai 15m.  Terdapat di tepi-tepi pantai dengan daun tebal berhadapan. Bunga berbentu soliter terletak pada ketiak daun dan buahnya memanjang namun bulat. Untuk ciri sepintas mungkin bisa melihat lampiran gambar diatas.

Kandungan senyawa alami pada tanaman ini banyak sekali zat tanin yang kegunaan umum dijadikan sebagai bahan penyamak. Berfungsi untuk mewarnai dan bahan pengawet alami. Namun dibalik itu juga terdapat efek farmakologi yang berguna untuk dunia pengobatan. Apa saja sih manfaat tanaman putut bagi kesehatan? Yuk langsung saja pada topik bahasan.

6 Khasiat Tanaman Putut Untuk Kesehatan :
  1. Mempecepat penyembuhan luka khususnya luka bakar.
  2. Menghentikan diare atau yang dikenal juga dengan murus atau mencret.
  3. Bersifat antipiretik yang ampuh untuk meredakan dan menurunkan demam.
  4. Bersifat anti-malaria. Kemampuan ini mempunyai kebaikan untuk menyembuhkan malaria.
  5. Bersifat anti-kanker yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel tumor serta kanker dalam tubuh.
  6. Alternatif bahan pangan sebagai sayur dan juga untuk bumbu dapur.
Untuk penggunaan, cukup ambil pepagan atau kulit batang dari putut yang kemudian dicuci dan ditumbuk. Selanjutnya rebus dengan air dan menambah sedikit garam dapur hingga mendidih. Saring dan minum 2x sehari pagi dan sore.

Himbauan !!!
Bagi wanita yang sedang hamil atau mengandung, hindari mengkonsumsi jamu dari olahan pepagan putut. Karena ditakutnya bisa menyebabkan keguguran.


Sekian untuk 6 Khasiat Tanaman Putut Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa dishare ya! agar artikel ini berguna juga buat yang lain. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *