6 Khasiat Rumput Rija-Rija Untuk Kesehatan

Khasiat Rija-rija dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi kencing nanah. Dan ternyata hal tersebut sudah dibuktikan oleh banyak orang sehingga boleh dibilang obat herbal yang tergolong dalam jenis rumput ini banyak digunakan sebagai ramuan tradisional. Nah, untuk mengetahui lebih detail apa itu teki rija-rija serta kebaikan yang tersimpan didalamnya. Maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan klasifikasi serta ciri-ciri dari tanaman yang juga dikenal dengan kerisan ini.
Khasiat Rumput Rija-Rija Untuk Kesehatan

Rija-rija (Nama Latin : Scleria sumatrensis) adalah sejenis rumput yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae. Rumput ini sering dianggap gulma pada perkebunan, sawah, dan juga ladang-ladang. Namun juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak dikala musim penghujan datang. Kerisan tersebar hampir diseluruh daratan Asia seperti India, Malesia, Australia dan juga Indonesia. Beberapa nama lokal dari rumput ini dikenal dengan kumba, sesayah, siamet, peredang, kares-kares, rambang, balbalili, bulalo, pangpayang, tali juru, sendayan, sampa hering dan siunit.

==> Lihat Juga : Khasiat Masker Alami Untuk Merawat Kecantikan Wajah

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batangnya yang kokoh menahun, berbentuk segitiga dan mencapai ketinggian hingga 4m. Daun berkumpul berpelepah warna hijau. Daun bunganya malay lonjong dengan warna cokelat terang sedikit kemerahan. Buah bulat kecil berbentuk bulir namun keras. Umumnya tumbuhan ini mempunyai habitat hidup di rawa dengan berbentuk semak. Untuk ciri sepintas, silahkan cek lampiran gambar diatas.

6 Khasiat Rumput Rija-Rija Untuk Kesehatan :
  1. Menjaga kesehatan ginjal dan sistem urine lainnya.
  2. Menghancurkan batu ginjal atau yang juga dikenal dengan kencing bantu.
  3. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan saluran kemih (keluarnya kencing).
  4. Obat herbal untuk menyembuhkan kencing nanah.
  5. Sebagai peluruh keringat (melancarkan keluarnya keringat).
  6. Melancarkan sistem pencernaan khususnya dalam mengatasi sembelit.
Meski dianggap gulma merugikan, rija-rija juga berkhasiat obat yang bisa mengatasi penyakit yang sudah kami sebutkan diatas. Nah, bagaimana cara membuat ramuan dari rija-rija? Sebenarnya langkah yang dibutuhkan sangatlah mudah. Cukup siapkan keseluruhan batang yang kemudian dicuci dan direbus dengan air secukupnya. Saring dan tambahkan sedikit garam dapur. Untuk hasil maksimal, bisa mengkonsumi jamu ini sehari 2x pagi dan sore.

==> Baca Juga : Khasiat Tanaman Putut Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel mengenai 6 Khasiat Rumput Rija-Rija Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel