15 Khasiat Rumput Krokot Untuk Kesehatan

Khasiat Krokot mungkin tidak akan terpikir jika kita melihat bentuk dari jenis rumput ini. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, manfaat krokot sangatlah berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa kebaikan yang bisa didapat diantaranya diare, disentri, radang dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, agar pengetahuan kita mengenai tanaman obat bisa lebih luas, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit rangkuman dan ciri-ciri serta deskripsi mengenai rumput krokot dan kegunaannya sebagai obat herbal.

Khasiat Rumput Krokot Untuk Kesehatan

Krokot (Nama Latin : Portulaca Oleraceae L.) adaah sejenis rumput yang bisa ditemukan dengan mudah pada lingkungan sekitar. Masih tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dan satu keluarga dengan Portulaka Gradiflora. Beberapa nama lokal dari tanaman ini dikenal dengan krokot, kjiburen, krajeb, kretepan, gelang pasir dsb. Umumnya rumput ini dijadikan pakan ternak seperti sapi dan kambing, namun jika terlalu banyak hanya akan mengakibatkan mencret.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat bentuk batang yang berair, tumbuh secara liar di ladang, sawah, pinggiran jalan dan tanah yang tidak terpakai seperti kebun dan pekarangan. Mempunyai batang berwarna merah dengan banyak percabangan. Hidupnya menempel pada tanah (menjalar) dan sering ditemukan bergerombol. Daun berwarna hijau bulat dan mempunyai warna bunga kuning, putih bongkol. Untuk ciri sepintas mungkin bisa melihat lampiran gambar diatas.

Nah jika dilihat dari banyaknya manfaat, pastinya juga tidak luput dari dukungan senyawa alami didalamnya. Kandungan tersebut berupa fosfat, tanin, dopamin, noradrenalin, nicotinic acid, saponin, 1-noradrenalin, asam linoleat, KC1, KSO4, KN03, serta gizi berupa Omega 3, Sodium, Alumunium, kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin A, Vit. B, magnesium, mangan, Vitamin C, dll. Dari zat inilah diperoleh khasiat yang membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

15 Khasiat Rumput Krokot Untuk Kesehatan : 
  1. Menghentikan diare atau mencret yang berkelanjutan.
  2. Menyembuhkan disentri atau berak berlendir.
  3. Mengobati wasir atau ambeien (berak berdarah).
  4. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengobati radang seperti usus buntu, dan radang payudara (mastitis).
  5. Melancarkan sistem sirkulasi darah sehingga terhindar dari hipertensi.
  6. Menghilangkan pegal linu dan mengembalikan stamina (tenaga).
  7. Bersifat menenangkan yang baik untuk mengatasi stres dan pikiran berat.
  8. Bersifat diuretik yang melancarkan saluran kemih dan juga mencegah gangguan pada sistem urine.
  9. Meringankan gejala asma atau sesak nafas.
  10. Mengeluarkan cacing dalam tubuh yang baik untuk jamu cacingan pada anak.
  11. Menjaga kepadatan tulang dan gigi sehingga terhindar dari osteoporosis.
  12. Obat herbal untuk hepatitis (sakit kuning).
  13. Mengatasi keputihan pada wanita yang mengalami gangguan pada saat haid.
  14. Menjaga stamina dan vitalitas tubuh serta sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas.
  15. Mencegah anemia (kekurangan sel darah merah).
Bagaimana cara mengkonsumsi rumput krokot sebagai obat?
Sebenarnya tidak butuh langkah rumit, cukup dengan mengukus sebagai lalapan atau juga ditumis layaknya kangkung dan kacang panjang. Tapi ada sebagian orang yang mungkin lidahnya tidak bisa menerima. Jadi alternatif lainnya bisa juga dengan menumbuk rumput krokot yang sudah dicuci bersih kemudian direbus dan diminum airnya.


Demikianlah artikel singkat mengenai 15 Khasiat Rumput Krokot Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *