11 Khasiat Lenglengan Untuk Kesehatan

Khasiat Lenglengan mungkin belum umum dan bahkan masih sedikit orang yang tahu. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, tanaman yang tumbuhnya bisa didapat dengan mudah ini mempunyai manfaat cukup besar bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa kegunaanya ialah sebagai obat diabetes, cacingan, ayan, sakit kepala dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah untuk menambah koleksi pengetahuan dan wawasan seputar tanaman obat, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menulis tentang tanaman lenglengan beserta dengan fungsinya untuk kesehatan.

11 Khasiat Lenglengan Untuk Kesehatan

Lenglengan (Nama Latin : Leucas lavandulifolia) adalah sejenis tanaman obat yang tumbuh secara liar dipinggiran jalan, pekarangan ataupun tanah kosong di sawah-sawah. Tumbuhan ini mempunyai banyak sekali panggilan lokal yang diantaranya dikenal dengan lingko-lingkoan, nlenglengan, sarap nornor, daun setan, plengan, gofu hairan, dan laranga. Klasifikasinya tergolong dalam kerajaan plantae dengan familia lamiaceae.

Lihat Juga : Khasiat Dan Manfaat Serta Kandungan Akar Langir

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk tanaman yang merupakan terna semusim dengan ketinggian batang rata-rata mencapai 50cm. Batang berkayu warna hijau berbentuk buku segi empat, mempunyai cabang, dan terdapat rambut halus pada permukaan. Berdaun tunggal bentuk lanset dengan buah bulat buni batu. Sedangkan bunganya berbentuk kecil warna putih. Agar lebih detail mungkin bisa cek lampiran gambar diatas.

Yang jadi pertanyaan adalah kandungan senyawa yang terdapat pada tanaman lenglengan ini. Dan jika diambil dan dirangkum dari beberapa sumber, ada sekitar 4 jenis zat yang menjadi unsur utama. Beberapa kandungan tersebut berupa minyak atsiri, flavonoid, saponin dan juga tanin. Dari senyawa tersebut diperoleh jutaan manfaat bagi tubuh. Penasaran? Yuk simak saja ringkasan dibawah ini!

11 Khasiat Lenglengan Untuk Kesehatan :
  1. Meringankan gejala batuk serta ampuh untuk mengeluarkan dahak.
  2. Mengurangi nyeri pada saat pusing atau sakit kepala.
  3. Melancarkan haid yang tidak teratur.
  4. Menyembuhkan influenza atau pilek.
  5. Mengatasi penyakit susah tidur (insomnia).
  6. Mengatasi gangguan pada sistem pencernaan.
  7. Obat herbal untuk cacingan yang berkemampuan untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh.
  8. Sebagai obat alami bagi para penderita diabetes mellitus (kencing manis) karena mampu mengontrol kadar gula darah.
  9. Mengurangi efek kejang.
  10. Menormalkan kinerja jantung khususnya bagi penderita jantung berdebar tidak normal.
  11. Mengobati epilepsi dan difteri.
Bagaimana resep dan cara menggunakan lenglengan sebagai obat?
Sebenarnya ada banyak cara sebagai alternatif yang bisa kita lakukan. Namun bisa saja berbeda dan tergantung dengan jenis penyakit yang kita derita. Maka dari itu, untuk sekedar referensi, dibawah ini kami menyediakan beberapa ramuan dari tanaman lenglengan yang mungkin saja bisa membantu!
  • Kejang dan Panas pada anak : Siapkan 1 genggam daun lenglengan segar kemudian cuci dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air hingga berupa gel dan balurkan pada tubuh bayi yang sedang kejang.
  • Insomnia : Siapkan 15gr daun lenglengan segar yang kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring dan minum 2x sehari pagi dan sore. Atau juga bisa menaruh daun kering pada sarung bantal.
  • Sakit Kepala : Siapkan daun lenglengan secukupnya kemudian tumbuk hingga halus. Tapalkan pada kening sebagai pengganti kompres.
  • Ayan Dan Epilepsi : Sediakan 1 genggam daun lenglengan kemudian direbus dengan 2gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum 2x sehari masing-masing setengah gelas.
Masih banyak lagi resep yang tidak kami sebutkan, dan ramuan diatas kami ambil dari yang paling umum saja. Jadi untuk lebih sempurnya artikel ini, mungkin dilain kesempatan kami akan melakukan update.

Baca Juga : 10 Khasiat Bunga Lavender Untuk Kesehatan

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 11 Khasiat Lenglengan Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare jika postingan ini benar-benar membantu. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel