9 Khasiat Jarak Merah Untuk Kesehatan

Khasiat Jarak Merah memang sudah dikenal sejak zaman dahulu untuk obat herbal pengobatan penyakit kulit. Selain itu daun jarak merah ini juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka, pencahar alami, Menetralkan racun akibat sengatan kalajengking, dan juga obat alternatif untuk sakit gigi. Nah maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, kali ini kami akan mencoba memberi rangkuman singkat yang membahas tentang manfaat daun jarak merah bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Jarak Merah Untuk Kesehatan

Jarak Merah (Nama latin : Jatropha gossypifolia L.) adalah sejenis tanaman pagar etnobotani yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. Beberapa dari bagian tanaman biasanya digunakan pada bagian akar, biji dan daun. Ada juga yang mengggunakan biji jarak ini sebagai pencahar, namun pemakaiannya dilarang sebab mengandung toksin atau racun yang lumayan tinggi. Dan untuk ciri tanaman, anda bisa cek lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.


Sifat farmakologi pada jarak merah tentunya didukung adanya kandungan senyawa yang terkandung didalamnya. Beberapa senyawa tersebut berupa Alkaloid jatroiden, isogadain, cleomiscosin, propasin, clilatrione, jatrofon, jatrofenon, jatrofolon A-B, fraxetin, cyclogossine A-B dan 18 senyawa ekstrak lipid dari daun. Nah dari kimia inilah diperoleh beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

9 Khasiat Jarak Merah Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-mikroba yang baik untuk menangkal kuman, virus dan bakteri.
  2. Sebagai pencahar alami (obat cuci perut) yang bisa menggunakan bijinya.
  3. Mengatasi penyakit kulit diantaranya berupa jamur, kudis, kurap dan korengan.
  4. Menetralkan racun akibat patokan ular dan sengatan kalajengking.
  5. Mengurangi nyeri pada saat sakit gigi.
  6. Menghentikan pendarahan pada gusi.
  7. Mengatasi sembelit atau sudah susah BAB.
  8. Mempercepat penyembuhan luka.
  9. Bersifat analgetik yang ampuh untuk meredakan nyeri pada persendian, dll.
Karena kandungan racun atau toksiksitasnya sangat tinggi, Penggunaan untuk konsumsi sangat dialarang jika tidak ada pendamping atau seseorang yang paham betul dengan apa yang akan terjadi dengan anda ketika keracunan. Jadi alangkah baiknya menghindari untuk mengkonsumsi olahan jamu dari jarak merah. Tapi jika hanya untuk pemakaian luar, bisa dilakukan dengan cara menyeduh daun jarak merah secukupnya pada wadah besar dan air tersebut digunakan untuk mandi.


Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 9 Khasiat Jarak Merah Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jika artikel ini membantu, jangan lupa sharenya ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel