8 Khasiat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Jeruk Kingkit tidak hanya digunakan sebagai obat herbal saja. Melainkan karena bentuknya yang unik dan lucu, banyak juga yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias yang ditanam pada media pot sebagai bonsai. Oleh karena sulit didapat, tumbuhan yang masih satu keluarga dengan genus jeruk ini mempunyai harga yang cukup mahal dan mempunyai nilai jual cukup tinggi. Namun yang akan kami rangkum disini bukanlah hal tersebut, kali ini kami akan membagikan informasi yang terkait dengan kegunaan serta fungsi dari tanaman yang dimaksud. Apa saja manfaat jeruk kingkit bagi kesehatan? Berikut rincian singkatnya!

Khasiat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jerung Kingkit atau Jeruk Ranti (Nama Latin : Triphasia trifolia) adalah sejenis tanaman yang berasal dari Malesia yang kemudian tersebar hingga kepulauan di Samudera Pasifik. Beberapa nama lokal dari tanaman ini dikenal dengan limau kiah, kalikage, limau kunci, kingkip, jeruk rante, lemo-lemo, dan joji koyo. Dan mungkin masih banyak lagi panggilan lain yang berbeda pada setiap wilayahnya.

Lihat Juga : 8 Khasiat Daun Ki Tolod Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk pohon yang semak perdu kecil dengan ketinggian batang mencapai 3m. Daunnya majemuk berjari tiga dan sedikit mengkilap pada permukaan berwarna hijau. Bunga berwarna putih khususnya pada bagian mahkota dan buah buni kecil dengan warna merah.

Apa saja kandungan pada jeruk kingkit?
Seperti yang kami kutip dari berbagai sumber. Senyawa yang terdapat pada tanaman ini berupa linalool, tripasol yang terdiri dari methyl, 2-3-dhyroxybutyloxy, umbelliferone, dan coumarins. Dari kandungan inilah diperoleh manfaat yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

8 Khasiat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Obat herbal batuk herbal yang membantu mengeluarkan dahak.
  2. Bersifat menenangkan yang juga terkait untuk mengatasi pikiran berat.
  3. Bersifat anti-jamur yang baik untuk mengatasi penyakit kulit.
  4. Sebagai antiseptik yang berfungsi sebagai anti infeksi pada luka.
  5. Menurunkan kadar gula darah yang ampuh untuk menyembuhkan diabetes mellitus (kencing manis).
  6. Mengobati nyeri pada saat sakit perut.
  7. Menjaga dan merawat kekuatan kuku.
  8. Mengatasi maslah pencernaan seperti diare dll.
Bagaimana Resep dan Cara Menggunakan Jeruk Kingkit Sebagai Obat?
  • Obat Batuk : Siapkan 5 Buah jeruk kingkit yang sudah ranum (sudah tua dan berwarna merah). Geprek dan seduh dengan segelas air mendidih. Diamkan sejenak, saring dan minum 2x sehari selagi hangat.
  • Diare : Siapkan sekitar 7 lembar daun jeruk kingkit yang masih segar. Rebus dengan setengah gelas air hingga mendidih. Saring dan tiriskan kemudian minum 3x sehari.
  • Kending Manis : Siapkan 1 genggam daun jeruk kingkit segar dan 7 buahnya. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum 2x sehari hingga sembuh masing 1 gelas untuk satu kali konsumsi.
Baca Juga : 7 Khasiat Kingkilaban Untuk Kesehatan

Demikianlah bahasan singkat seputar 8 Khasiat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa berguna dan membantu bagi kalangan yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel