7 Khasiat Komak Untuk Kesehatan

Khasiat Komak memang boleh dibilang sangat membantu bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini karena kandungan gizi didalamnya sangatlah melimpah yang membantu beberapa kinerja organ tubuh menjadi lebih optimal. Dan diantara manfaat komak tersebut diantaranya ialah sebagai penambah tenaga, mengatasi anemia, menjaga kepadatan tulang dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menyajikan informasi yang terkait dengan sayur komak, semoga saja bisa membantu bagi anda yang sedang membutuhkan.

Khasiat Komak Untuk Kesehatan

Komak (Nama latin : Lablab purpureus L.) adalah sejenis tanaman yang tergolong sayur dan sering dimanfaatkan buah atau bijinya namun juga bisa digunakan sebagai lalapan pada pucuk daun yang masih muda. Komak sering dikenal juga dengan sebutan kacang bado, kacang komak, kacang biduk dan beberapa nama lokal seperti : kara-kara, kekara, kacang peda, kara andhong, kara useng, kara wedhus, ndoto, loto, kacang jeriji, batau, itab, parda, lab-lab, dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 8 Khasiat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Komak diduga berasal dari India, Asia Tenggara dan Afrika. Tergolong dalam tanaman terna yang membelit, jenis kacang-kacangan dan masih satu keluarga dengan suku fabaceae. Pohon komak bisa dikenali dengan ciri tumbuhnya yang menjalar pada media sekitarnya dengan ketinggian mencapai hingga 7m. Berdaun majemuk dengan 3 bagian. Sedangkan bunga berbentuk tandan dengan mahkota berwarna putih, ungu, merah dan jambon. Sedangkan buah memanjang berisi rata-rata hingga 6 biji. Biji tersebut yang bisa digunakan untuk memperbanyak atau membudidayakan tanaman komak ini.

Apa saja kandungan gizi pada sayur komak?
Jika dilansir dari wikipedia. Komak mempunyai beberapa nilai nutrisi yang diantaranya Energi, Lemak, Karbohidrat, Protein, Zat besi, Vitamin C, Kalsium, Asam folat (Vit.B9), Magnesium, Kalium, Mangan, Fosfor, Zink, Niacin (Vit.B3), Riboflavin (Vit.B2), dan Thiamine (Vit.B1). Nah dari kandungan inilah diperoleh jutaan manfaat yang tidak kita ketahui.

7 Khasiat Komak Untuk Kesehatan :
  1. Kaya akan kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dan juga menangkal radikal bebas.
  2. Meningkatkan kinerja otak dalam menjaga pola pikir dan menambah daya ingat serta kecerdasan.
  3. Menjaga kekuatan tulang dan juga gigi sehingga tidak mudah keropos atau terkena osteoporosis.
  4. Mencegah anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah.
  5. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh yang juga terkait dengan pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi).
  6. Memenuhi kebutuhan energi harian yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga tidak mudah lelah, lesu dan lain sebagainya.
  7. Menunjang perkembangan janin dalam kandungan jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena adanya asam folat yang baik untuk masa pertumbuhan.
Jika kita lihat dari nutrisi yang terkandung dalam sayur kacang komak diatas, masih banyak lagi kegunaan serta fungsi yang bisa kita dapat. Seperti melancarkan sistem pencernaan dan juga mencegah perut kembung karena komak juga dipercaya bisa mengeluarkan angin dalam perut.

Baca Juga : Khasiat Ki Sariawan Atau Jirak Gunung Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Komak Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa berguna bagi yang membutuhkan. Sekian dan sampai jumpa pada postingan kami selanjutnya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel