7 Khasiat Kingkilaban Untuk Kesehatan

Khasiat Kingkilaban umumnya digunakan sebagai obat diuretik yang bisa meluruhkan atau melancarkan saluran kemih. Namun karena sifat farmakologinya cukup banyak, dau dari kingkilaban juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang salah satunya ialah untuk antioksidan dan menutrisi tubuh sehingga kinerja organ berjalan sebagaimana mestinya. Nah untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat, pada postingan kali ini kami akan mencoba untuk membrikan rangkuman yang membahas apa itu kingkilaban serta manfaat kingkilaban bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Kingkilaban Untuk Kesehatan

Kingkilaban ( Nama Latin : Mussaenda frondosa L. ) adalah sejenis tanaman yang berasal dari Indonesia dan dikenal dengan nama lokal walek adep serta ai kabeaku. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai penarik kupu-kupu karena bentuk bunganya menyerupai terompet dan sering juga digunakan sebagai pakan tupai. Sedangkan persebaran bisa ditemukan juga didaerah India, Nepal, dan Asia dengan habitat 1000 hingga 1700 diatas permukaan laut.

Lihat Juga : Khasiat Pohon Trembesi Atau Ki Hujan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat tanaman yang perdu memanjat hingga ketinggian 2,5m. Seluruh tanaman berambut dengan daun bundar bulat telur. Daun bertangkai pendek dan mempunyai daun pemikat dengan warna putih kehijauan. Bunganya malai dengan warna orange dengan kelopak warna putih. Sedangkan buahnya buni dengan warna hijau ketika muda dan berubah menjadi hitam ketika sudah matang. Untuk ciri sepintas bisa juga cek lampiran gambar diatas.

Apa saja kandungan pada kingkilaban?
Jika dikutip dari wikipedia, tanaman ini mempunyai zat berupa alkaloid, flavonoid, karbohidrat, steroid, polifenol,tanin dan terpenoid. Dair kandungan inilah diperoleh kegunaan yang cukup ampuh untuk mengatasi penyakit pda tubuh. Entah itu sebagai obat luar maupun konsumsi.

7 Khasiat Kingkilaban Untuk Kesehatan :
  1. Sebagai obat untuk mencuci atau membasuh luka. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan getahnya.
  2. Mempercepat penyembuhan luka khususnya yang disebabkan oleh benda tajam seperti teriris, dll. Caranya yaitu dengan mencampur akar dan minyak kelapa kemudian ditapalkan pada luka.
  3. Memenuhi kekurangan atau kebutuhan nutrisi tubuh.
  4. Bertindak sebagai antioksidan yang juga berperan dalam menguatkan sistem imun atau menangkal radikal bebas.
  5. Mengobati luka pada lidah dan gangguan mulut lainnya.
  6. Bersifat juga sebagai anti-bakteri yang baik untuk membunuh kuman dan virus yang merugikan tubuh.
  7. Bersifat diuretik yang berkempuan untuk melancarkan saluran kemih (peluruh kencing). Caranya yaitu dengan merebus kelopak daun dan meminumnya.
Baca Juga : 8 Khasiat Daun Ki Tolod Untuk Kesehatan

Nah itulah bahasan singkat tentang 7 Khasiat Kingkilaban Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan juga dengan teman-teman yang lain. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel