7 Khasiat Jukut Pendul Untuk Kesehatan

Khasiat Jukut Pendul mungkin masih belum banyak yang tahu. Padahal dibalik rumput liar ini terdapat kandungan yang membantu dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut bisa digunakan sebagai obat penurun demam, radang, diuretik dan ampuh untuk mengencerkan dahak. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, pada kesempatan kali ini kami akan merangkum sedikit keterangan seputar teki pendul atau yang dikenal juga dengan suket pendul.

Khasiat Jukut Pendul Untuk Kesehatan

Jukut Pendul (Nama latin : Kyllinga brevifolia) adalah sejenis rumput yang dianggap gulma oleh sebagian petani karena tubuh secara liar dan mengganggu tanaman. Masih dalam klasifikasi kerajaan plantae, rumput ini tergolong dalam keluarga cyperaceae yang mempunyai bunga berbentuk bulat menyerupai bola. Merupakan tanaman tahunan yang banyak ditemukan juga pada pinggiran jalan, pematang sawah dan ladang yang tidak ditanami.

(Terkait Tanaman berkhasiat : 13 Khasiat Jernang Untuk Kesehatan)

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan daunnya yang memanjang berujung runcing, ketinggian mencapai hingga 20cm dan berbau harum. Hidup pada ketinggian 2.600 diatas permukaan air laut dan pada habitat lembab serta tropis. Suket pendul tumbuhnya bergerombol dengan rimpangnya menjalar pendek. Bunga berbentuk bulat (bundar) memanjang dengan warna hijau muda kira-kira berukuran 4 hingga 8mm.

7 Khasiat Jukut Pendul Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat antipiretik yang berkemampuan untuk menurunkan pada atau demam.
  2. Bersifat diuretik yang berfungsi untuk melancarkan saluran kemih (peluruh kencing).
  3. Menjaga kesehatan ginjal dan mencegah Infeksi saluran kemih (ISK).
  4. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah radang atau pembengkakan.
  5. Sebagai antitusif yang baik untuk menyembuhkan batuk dan mengeluarkan dahak.
  6. Mencegah masuk angin serta dampak lain seperti meriang dan perut kembung.
  7. Obat herbal untuk sakit tenggorokan.
Jukut pendul mempunyai sifat kimiawi pedas dan netral sehingga tidak membuat eneg ketika dijadikan ramuan herbal. Sedangkan untuk menggunakannya cukup rebus daun beserta bunga yang sudah dicuci dan ditumbuk kasar dengan air hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam, saring dan diminum.


Demikianlah artikel singkat tentang 7 Khasiat Jukut Pendul Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa share...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel