6 Khasiat Iles-Iles Untuk Industri Dan Kesehatan

Khasiat Iles-iles memang sudah banyak paham dan bahkan sudah kenal dengan umbi alternatif bahan pangan ini. Tidak sedikit yang menyamakan umbi ini dengan suweg, padahal keduanya berbeda. Cuma jenisnya saja yang hampir sama yaitu masih dalam keluarga Araceae. Iles-iles atau yang juga dikenal dengan porang ini sudah umum dimanfaatkan sebagai bahan industri untuk lem, mi, agar-agar, roti dan juga kosmetik. Selain itu, manfaat iles-iles juga berpengaruh untuk kesehatan seperti penetral kolesterol dan juga kanker usus besar.

Khasiat Iles-Iles Untuk Industri Dan Kesehatan

Iles-Iles (Nama latin : Amorphophallus muelleri) adala sejenis tanaman terna tahunan penghasil umbi yang bisa dimakan. Banyak juga yang memanggil tanaman ini dengan sebutan porang dan bahkan karena bentuknya yang sangat mirip, ada juga yang salah kaprah dan menyebutnya sobek. Untuk ciri dan deskripsi, mungkin gambar diatas sudah bisa menjawab dan menerangkan mengenai detailnya. Sama halnya sobek, porang juga mempunyai habitat hidup yang rindang, lembab serta banyak ditemukan ditanah kosong seperti pekarangan, ladang dan hutan.


Ukuran umbi dari iles-iles sangatlah besar, dan dari umbi ini diperoleh kandungan karbohidrat sangat tinggi. Umbi ini juga sering dijadikan tepung yang dijadikan bahan alternatif untuk pembuatan kue dan pengobatan herbal. Nah apa saja sih manfaat dan khasiat iles-iles untuk kesehatan? Berikut rincian singkatnya!

6 Khasiat Iles-Iles Untuk Industri Dan Kesehatan :
  1. Mengontrol kadar kolesterol jahat (lemak darah).
  2. Mencegah obesitas atau yang lebih dikenal dengan kelebihan berat badan.
  3. Bersifat anti-kanker khususnya kanker usus besar.
  4. Mengontrol kadar gula darah yang terkait dengan pencegahan diabetes mellitus (kencing manis).
  5. Mengatasi penyakit kardiovaskular atau yang terkait dengan jantung dan darah.
  6. Menyembuhkan penyakit divertikular atau tonjolan pada kantung kolon.
Nah jika dilihat dari beberapa manfaat diatas, sangat tidak menutup kemungkinan bahwa bahan pangan ini akan ngetren di masa mendatang. Jadi mulailah mengenal dan memaksimalkan manfaat dari umbi iles-iles sehingga kita tidak terkecoh dengan bentuknya yang kurang menarik. Padahal kegunaannya sangat besar bagi tubuh.


Demikianlah artikel singkat mengenai 6 Khasiat Iles-Iles Untuk Industri Dan Kesehatan. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel