13 Khasiat Johar Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat Johar memang sudah diketahui khalayak umum karena sering digunakan sebagai obat herbal yang mempunyai banyak sekali kegunaan serta fungsi bagi kesehatan. Manfaat johar tersebut diantaranya sebagai obat diabetes, malaria, demam, tonik, dan mempercepat penyembuhan luka. Dalam penggunaannya sebagai jamu tradisional, johar dipakai pada bagian pepagan (kulit), akar dan daun serta biji. Dan untuk mengetahui lebih detail mengenai tanaman yang dimaksud, maka pada postigan kali ini kami akan mencobat untuk merangkum keterangan sederhana yang mungkin saja bisa membantu! Yuk lanjut saja membacanya!

Khasiat Johar Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Johar atau Juar (Nama Latin : Senna siamea) adalah sejenis tanaman penghasil kayu yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae. Dengan masih suku fabaceae atau hampir sama dengan polong-polongan, johar juga mempunyai biji pada buahnya. Dan beberapa nama lokal atau daerah biasanya dikenal dengan juwar, johor, jati besi, trambesi, bujuk dan dulang. Umumnya pohon ini banyak ditemukan di pinggiran jalan sebagai peneduh.

(Terkait Tanaman Obat : 11 Khasiat Jengger Ayam Untuk Kesehatan)

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan ketinggian pohon yang mencapai hingga 20m, batang lurus dengan warna kulit abu-abu kecokelatan. Daunnya menyirip genap hampir sama dengan petai bulat agak besar. Bunga malai terkumpul pada bagian ujung ranting warna kuning. Buahnya polong dengan bagian tepi menebal berbiji bulat telur pipih. Ciri lebih detail mungkin bisa lihat lampiran gambar diatas.

Apa saja sih kandungan senyawa pada tanaman johar?
Dikutip dari berbagai sumber, johar mempunyai banyak sekali kandungan zat yang berpengaruh bagi kinerja organ tubuh. Seperti pada daunnya ditemukan senyawa berupa Antrona, flavona, antrakinona, triterpenoid dan alkaloid. Pada biji terdapat lemak dan sitosterin serta pada kulitnya mengandung betalin, lupeol, dan diantrakonin.

13 Khasiat Johar Untuk Kesehatan Dan Pengobatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan atau pembengkakan.
  2. Bersifat anti-virus dan kuman yang menjaga tubuh terkena penyakit dan infeksi.
  3. Bersifat anti-piretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam atau panas tubuh.
  4. Mengobati diabetes mellitus (kencing manis) karena berfungsi sebagai pengontrol kadar gula darah.
  5. Mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka.
  6. Obat herbal untuk menyembuhkan malaria.
  7. Sebagai penangkal radikal bebas karena juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga sistem daya tahan atau kekebalan tubuh.
  8. Mencegah penggumpalan darah (trombosit) serta penyempitan pembuluh darah arteri.
  9. Menjaga kesehatan dan mencegah keruskan organ hati.
  10. Mengeluarkan cacing dalam tubuh (cacingan).
  11. Mengatasi sawan pada anak-anak.
  12. Obat pencahar alami yang ampuh untuk mencuci perut.
  13. Menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal dan kudis.

Bagaimana resep dan cara menggunakan johar sebagai obat?
  • Untuk sawan dan cacingan : Sediakan akar johar secukupnya dan rebus hingga mendidih. Minum secara rutin 2x sehari.
  • Pencahar dan kudis : Siapkan kulit atau pepagan pohon johar, cuci dan rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Minum 2x sehari @1 gelas untuk 1x konsumsi.
  • Malaria : Siapkan sekitar 1 genggam daun johar yang masih muda. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 2x sehari @1/2 gelas.
Pada umumnya kayu johar digunakan untuk bahan perabot rumah dan juga bahan pembuatan perahu, namun jika kita mau belajar, masih banyak lagi manfaat lain seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Jadi membaca membuat kita banyak tahu dan memiliki wawasan lebih luas.


Demikianlah artikel singkat mengenai 13 Khasiat Johar Untuk Kesehatan Dan Pengobatan. Semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan. Share juga dengan teman-teman yang lain ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *