13 Khasiat Jernang Untuk Kesehatan

Khasiat Jernang memang sudah sangat umum dan banyak yang tahu. Karena getah yang satu ini merupakan salah satu komoditi ekspor terbesar di Indonesia. Selain mempunyai nilai ekonomi tinggi, getah tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat herbal yang kaya akan kegunaan serta fungsi yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaat jernang diantaranya ialah untuk obat diare dan disentri. Namun untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tanaman obat yang satu ini, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum dan membahas lebih detail tentang apa itu jernang dan kegunaan bagi kesehatan tubuh.

13 Khasiat Jernang Untuk Kesehatan

Jernang (Nama Latin : Daemonorops draco) adalah sejenis tanaman rotan yang tergolong dalam keluarga arecaceae. Masih dalam klasifikasi kerajaan plantae dan banyak dibudidayakan karena mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Jenis rotan jernang ini banyak ditemukan di daerah Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera. Dalam kehidupan sehari-hari, resin jernang digunakan untuk bahan pewarna, dupa, campuran pernis dan juga sebagai obat tradisional.


Ciri dan deskripsi Jernang bisa dikenali dengan batangnya yang berukuran kecil, tumbuhnya berumpun memanjang dengan batang menjalar atau memanjat hingga ketinggian 15m pada media lain disekitarnya. Daunnya berpelepah menyirip dengan ukuran 15mm, anak daun lanset, memita dan terdapat duri-duri halus pada permukaannya. Bunga malay tersusun tandan, sedangkan buahnya yang matang berbentuk bulat cokelat kemerahan dan berbiji tunggal. Pekembang-biakan bersifat generatif yang menggunakannya bijinya untuk tumbuh. Serta bisa didapat secara liar di hutan-hutan dengan ketinggian 300m diatas permukaan laut.

Apa saja kandungan kimia pada jernang?
Pertanyaan ini pasti muncul dan tersirat dalam benak kita. Menurut dari beberapa sumber, jernang mempunyai beberapa senyawa seperti dracoresen, resin ester, dracoalban, asam benzoat, resin tak larut, asam benzoilasetat, benzoic acid, resin-alcohol, dan draco-resinotannol. Dari senyawa inilah diperoleh manfaat yang cukup besar bagi kehidupan sehari-hari dan kesehatan tubuh.

13 Khasiat Jernang Untuk Kesehatan :
  1. Menghentikan diare (murus) atau yang lebih dikenal dengan mencret.
  2. Menjaga sistem pencernaan yang salah satunya untuk mengobati disentri.
  3. Meringankan gejala sariawan seperti bibir pecah-pecah, dll.
  4. Dipakai sebagai astringen untuk pembuatan pasta gigi.
  5. Mengobati sakit mata karena iritasi seperti mata merah dan sakit mata.
  6. Menyembuhkan kencing yang disertai nanah dan darah.
  7. Mengurangi nyeri pada saat sakit perut.
  8. Mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.
  9. Bersifat anti-inflamasi yang mengatasi peradangan seperti bengkak atau memar.
  10. Menghentikan pendarahan khususnya pada luka.
  11. Bersifat analgetik yang ampuh untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit.
  12. Mengurangi trauma akibat cidera patah tulang.
  13. Mengurangi rasa perih dan mencegah luka bernanah serta membusuk.
Penggunaan sebagai obat biasanya menggunakan buah yang direbus lalu diminum airnya. Cara tradisional ini sudah lama digunakan dan bahkan menjadi resep turun-temurun.


Nah demikianlah artikel singkat mengenai 13 Khasiat Jernang Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan ya.! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel