10 Khasiat Suweg Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat Suweg memang sudah umum digunakan dan bahkan sudah dijadikan salah satu alternatif bahan pangan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Dan untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat, maka kali ini kami akan mencoba memberi sedikit referensi mengenai suweg yang kami rangkum dari berbagai sumber dan tentunya bisa lebih ringkas, padat serta mudah dipahami. Selain mempunyai manfaat sebagai bahan pangan, ternyata umbi yang satu ini juga bisa dijadikan obat khususnya untuk bisul, luka dan menghentikan pendarahan. Penasaran? Yuk lanjut saja membacanya!

Khasiat Suweg Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Suweg (Nama ilmiah : Amorphophallus paeoniifolius) adalah sejenis tanaman terna tahunan yang bisa ditemukan setiap musim penghujan akan berakhir. Tanaman ini tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dan termasuk dalam keluarga Amorphophallus. Boleh dibilang suweg atau sobek ini keluarga bunga bangkai karena aroma yang dikeluarkan oleh bunga berbau tidak enak. Suweg ini merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang tumbuh secara liar didaerah perhutanan, ladang serta pekarangan yang mempunyai tanah lembab.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk bunga yang berwarna kemerahan, daun hijau muda dan batang berwarna putih belang kehitaman. Perkembang-biakan secara generatif dengan penanaman biji atau juga vegetatif yaitu dengan menanam kembali umbi kecil dari suweg.

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja sih kandungan gizi dan kimia pada suweg?
Dari berbagai penelitian, suweg mempunyai gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, vitamin C, fosfor, vitamin B1, dan zat besi. Serta beberapa senyawa berupa flavonoida, polifenol dan saponin. Dari kandungan inilah diperoleh manfaat yang cukup besar untuk kesehatan tubuh kita.

10 Khasiat Suweg Untuk Kesehatan dan Pengobatan :
  1. Mampu menambah dan memenuhi kebutuhan stamina serta tenaga harian.
  2. Menjaga tubuh tidak lemes akibat kekurangan zat besi yang berakibat pada anemia.
  3. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencagah peradangan/pembengkakan.
  4. Menghentikan pendarahan pada luka.
  5. Mengontrol dan menurunkan kadar gula darah yang berimbas pada pencegahan diabetes mellitus (kencing manis).
  6. Berkemampuan untuk penyembuhan luka.
  7. Mempercepat penuaan bisul dan penyakit kulit.
  8. Bersifat anti-racun khususnya untuk sengatan hewan atau gigitan ular berbisa.
  9. Menjaga kekuatan tulang dan gigi. Serta memelihara kepadatan sehingga tidak mudah keropos (osteoporosis).
  10. Menjaga ketahanan tubuh terhadap serangan radikal bebas dan penyakit.

Terus bagaimana resep dan cara menggunakan suweg sebagai obat?
  • Bisul : Siapkan sekitar 7gr daging umbi suweg yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian parut dan tapalkan pada permukaan atau area bisul.
  • Luka : Cara yang digunakan sama persis dengan yang pertama. Kupas suweg dan parut yang sebelumnya sudah dicuci. Bubuhkan pada luka.

(Baca Juga : 18 Khasiat Kacang Gude Untuk Kesehatan)

Demikianlah artikel sederhana mengenai Khasiat Suweg Untuk Kesehatan dan Pengobatan. Semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *