Khasiat Tanaman Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Lidah Ayam ini mungkin belum banyak yang tahu. Padahal jika dipelajari, salah satu tumbuhan yang tergolong dalam tanaman hias ini berguna untuk obat herbal yang bisa menyembuhkan asma dan bronkitis. Maka dari itu, untuk menambah perbendaharaan ilmu, kali ini kami akan mencoba untuk merangkum beberapa keterangan singkat yang membahas mengenai manfaat tanaman lidah ayam bagi kesehatan tubuh kita.

Khasiat Tanaman Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Lidah Ayam (Nama latin : Polygala glamerata) adalah sejenis tanaman terna yang keberadaanya bisa ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya nama lokal yang mungkin saja juga sobat kenal. Salah satunya ialah ki tajam, godong sereg, dan deun jile ajem. Lidah ayam banyak digunakan sebagai tanaman hias yang bisa ditaman pada media pot atau juga dijadikan tanaman obat yang dikumpulkan dengan apotik hidup lainnya.

Ciri dan deskripsi terletak pada ketinggian tanaman yang mencapai 80cm, bagian atas batang berbulu, Daunnya berbentuk pita dengan pinggiran daun rata namun tajam, lonjong dan menjorong dengan warna hijau pinggiran putih. Daun lidah ayam tergolong tunggal dan tersusum menyebar membentuk sebuah semak kecil. Sedangkan batangnya bulat hijau keputihan. Bunga berbentuk tandan terletak pada ketiak daun dan buah agak bersayap dan mempunyai biji kecil-kecil. Sedangkan untuk perkembanbiakan, lidah ayam disemai biji yang sudah kering. Lidah ayam sering dijadikan tanaman hias karena mempunyai aroma harum yang khas.

Bagian tanaman yang paling banyak digunakan untuk obat ialah pada bagian daun dan akarnya. Kandungan senyawa yang ditemukan pada lidah ayam diantaranya : alkaloid, flavonoid, Metil silikat, polifenol, dan saponin.

6 Khasiat Tanaman Lidah Ayam Untuk Kesehatan :
  1. Meringankan asma atau sesak nafas.
  2. Meredakan panas dalam dan sakit tenggorokan.
  3. Bersifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mencegah peradangan.
  4. Mengatasi gejala penyakit yang berkaitan dengan bronkitis.
  5. Bersifat tonik alami.
  6. Bersifat diuretik yang berguna untuk peluruh kencing.
Bagaimana resep dan cara menggunakan lidah ayam untuk obat?
Sediakan daun dan akar lidah ayam secukupnya, rebus dan tambahkan sedikit garam dapur. Saring kemudian minum air rebusan selagi hangat.

Demikianlah artikel singkat mengenai 6 Khasiat Tanaman Lidah Ayam Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel