Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat Pletekan sudah banyak orang yang tahu. Beberapa manfaat pletekan tersebut dipercaya cukup ampuh untuk menyembuhkan luka, diabetes, dan kencing batu. Namun sebagian masyarakat mungkin belum tahu, sebab dengan banyaknya tanaman obat dilingkungan sekitar, serasa daun pletekan ini tidak dihiraukan. Padahal jika dipelajari, kegunaan tanaman ini sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, untuk sekedar menambah pengetahuan, kali ini kami akan mencoba menulis sebuah artikel singkat yang membahas fungsi tanaman pletekan bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Pletekan (Nama latin : Ruellia Tuberosa L.) adalah sejenis rumput liar yang banyak ditemukan di pematang sawah, ladang, pinggiran jalan dan tanah kosong yang biasanya diabaikan. Beberapa nama lokal dari tanaman ini dikenal dengan pletekan, bunga rumpai, ceplesan, ptetekan, ceplikan, pletikan, dan tek-lettek'an. Serta mungkin masih banyak lagi nama panggilan berbeda ditiap wilayahnya.

Terkait Tanaman Berkhasiat Obat :
* 16 Khasiat Tanaman Cakar Ayam Untuk Kesehatan
* 20 Khasiat Cabe Jawa Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan batangnya hidup bergerombol. Batangnya kecil dengan ketinggian mencapai sekitar 30cm. Daun berdiameter sekitar 5cm dengan warna hijau muda. Bunga hampir sama dengan bunga terong dengan warna ungu agak putih dan buahnya berwarna hijau ketika muda serta berubah menjadi kecokelatan jika sudah tua. Banyak dari kalangan anak yang menaruh buah ini yang sudah kering pada air sehingga bisa mekar dan berbunyi pletek.

Apa saja sih kandungan senyawa kimia pada pletekan?
Dari berbagai sumber yang kami baca, pletekan mempunyai beberapa zat seperti saponin, flavonoid dan polifenol. Dari kandungan inilah yang berkemampuan untuk menyembuhkan penyakit pada tubuh kita. Penasaran? Berikut rincian singkatnya!

Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan Dan Pengobatan :
  1. Mempercepat penyembuhan luka atau borok yang menahun.
  2. Mengontrol kadar gula darah yang terkait untuk penyembuhan diabetes atau kencing manis.
  3. Menghancurkan batu ginjal atau yang lebih dikenal dengan sebutan kencing batu.
Bagaimana resep dan cara menggunakan pletekan untuk obat?
  • Luka / Borok : Siapkan daun pletekan secukupnya, cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus. Penggunaan bisa dengan menapalkan atau membubuhkan daun yang sudah dihaluskan tersebut pada luka atau borok.
  • Kencing Batu : Sediakan sekitar 15gr daun pletekan yang masih segar. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan berubah warna. Saring sekaligus selagi hangat.
Himbauan !!!
Penggunaan konsumsi dalam jangka panjang sangatlah berbahaya. Sebab tanaman ini juga mengandung senyawa senobiotik yang dapat mengganggu kinerja organ hati dan ginjal. Jadi untuk lebih amannya mending sebagai obat luar saja.

Baca juga : 10 Khasiat Daun Encok Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan Dan Pengobatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *