Khasiat Daun Teh-Tehan Untuk Kesehatan

Khasiat Teh-Tehan memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat daun teh-tehan tersebut diantaranya ialah sebagai anti-bakteri, malaria dan hipertensi. Dan untuk menambah wawasan seputar tanaman obat yang ada dilingkungan sekitar, maka kali ini kami akan mencoba merangkum sebuah artikel sederhana yang membahas tentang manfaat tanaman teh-tehan bagi kesehatan. Bagi yang ingin tahu lebih detail, yuk simak ringkasan dibawah ini!

Khasiat Daun Teh-Tehan Untuk Kesehatan

Teh-Tehan (Nama latin : Duranta Erecta) adalah sejenis tanaman pagar yang digunakan sebagai pembatas sekaligus tanaman hias yang mempunyai bentuk cukup unik dan tidak kalah indah dengan tumbuhan hias yang lain. Pemanfaatan ini sudah sangat umum dan tidak sedikit kalangan masyarakat yang halaman rumahnya ditanam pohon tetean ini. Namun jika ditelusuri lebih jauh, masyarakat juga tidak sadar bahwa dibalik indahnya tanaman tetean juga tersimpan sebuah khasiat yang cukup menakjubkan dan ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Terkait Tanaman Obat :
* 8 Khasiat Kina Untuk Dunia Pengobatan Herbal
* 8 Khasiat Dan Manfaat Akar Manis Untuk Kesehatan
* 9 Khasiat Tanaman Daruju Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman tetean bisa dikenali dengan bentuk yang perdu atau tera kecil tahunan. ketinggian batang mencapai setengah meter (50cm), Batang bulat beruas wrna hijau, lunak dan memiliki bula halus serta getah berwarna putih. Daun tunggal berhadapan, ujung meruncing serta bergerigi pada bagian tepi. Bunga mejemuk tumbuh diketiak daun serta berbuah kotak hijau agak merah. 

Apa saja sih kandungan senyawa pada tanaman tetean?
Menurut beberapa penelitian, ditemukan zat anti-bakteri serta senyawa berupa flavonoid, saponin dan tanin. Dari kandungan inilah diperoleh khasiat yang cukup menjanjikan bagi kinerja tubuh kita.

Khasiat Daun Teh-Tehan Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-bakteri yang ampuh untuk menangkal pertumbuhan bakteri, kuman dan virus dalam tubuh.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan atau pembengkakan.
  3. Ampuh untuk menyembuhkan malaria.
  4. Melancarkan sistem peredaran darah yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi).
Bagaimana resep dan cara menggunakan tanaman teh-tehan sebagai obat?
  • Hipertensi : Siapkan 30gr daun tetean lalu dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan saring. Minum 2x sehari secara rutin.
  • Malaria : Sediakan 20gr buah teh-tehan kering kemudian direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih atau selama 10 menit. Diamkan hingga hangat kemudian saring. Minum 2 hingga 3x sehari.
Nah demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Daun Teh-Tehan Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membuthkan. Jangan lupa sharenya ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel