9 Khasiat Tanaman Daruju Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Daruju bisa didapat dari bagian daun, akar, biji dan batangnya. Selain itu, dengan berbagai macam kandungan senyawa didalamnya, ditemukan sifat farmakologi yang bisa digunakan sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat untuk mengatasi kanker, radang, cacingan, gondok, dan masih banyak lagi penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan menggunakan ramuan dari tumbuhan obat daruju ini. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan seputar tanaman obat, kali ini kami akan mencobat membahas secara ringkas apa saja manfaat tanaman daruju bagi kesehatan serta kandungan apa saja yang terdapat didalamnya.

9 Khasiat Tanaman Daruju Untuk Kesehatan

Daruju (Nama latin : Acanthus ilicifolius L.) Sering juga dikenal dengan nama jeruju adalah sejenis tanaman semak yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae. Ciri-cirinya sudah bisa kita lihat pada cuplikan gambar diatas. Batangnya berbentuk silindris dengan permukaan kulit bulat dan licin. Daunnya tunggal tangkai pendek berhadap-hadapan. Bunga mejemuk berkumpul berbentuk bulir dan buahnya buni berbiji memanjang dengan warna kecokelatan. Daruju mempunyai habitat pada tempat yang lembab dengan wilayah berlumpur air payau dan banyak ditemukan pada daerah rawa, tepi sungai dan pantai.

Kandungan senyawa yang terdapat pada tanaman ini berupa asam amino, alkaloid, flavonoid, polifenol dan saponin. Dari kandungan inilah diperoleh kegunaan yang sangat dahsyat bagi kesehatan tubuh kita. Penasaran? Berikut ringkasannya!

9 Khasiat Tanaman Daruju Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-kanker yang menangkal pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mencegah peradangan atau pembengkakan.
  3. Meringankan gejala batuk.
  4. Menyembuhkan gondok (gondongan).
  5. Mengobati TBC kulit.
  6. Mengeluarkan cacing dalam tubuh yang cocok untuk obat cacingan.
  7. Mempercepat penuaan bisul.
  8. Obat luka untuk pisau beracun dan sengatan hewan atau gigitan ular.
  9. Obat herbal untuk hepatitis dan limpa.
Bagaimana resep dan cara menggunakan tanaman daruju untuk obat?
  • Cacingan : Tumbuk halus 8 butir biji daruju yang sudah dicuci bersih. Seduh dengan 1 cangkir air mendidih, saring dan minum 2x sehari dengan porsi 1/2 cangkir untuk 1x konsumsi.
  • Kanker : Rebus 120gr akar daruju beserta 120gr daging sapi tanpa lemak dengan 2 gelas air hingga tersisa separuh. Minum 2x sehari pagi dan sore dengan menambah 1sdm madu untuk setiap kali minum.
  • Batuk dan bisul : Sediakan 4 butir daruju segar kemudian direbus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 2x sehari secara rutin sampai sembuh.
  • Luka (pisau dan gigitan hewan) : Kunyah akar daruju kering hingga halus. Seanjutnya tapalkan pada area kulit yang luka dengan dibalut perban. Ganti 2 hari sekali untuk hasil yang maksimal.
  • Hepatitis dan Limpa : Siapkan 60gr akar daruju kering, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Kemudian angkat dan saring. Minum air rebusan tersebut 2x sehari dengan menambah 1sdm madu untuk setiap kali konsumsi.
Demikianlah artikel singkat mengenai 9 Khasiat Tanaman Daruju Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan! 

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *