8 Khasiat Dan Manfaat Akar Manis Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Manis memang sudah banyak yang tahu dan mungkin sudah digunakan sejak turun temurun oleh sebagian orang yang sudah paham. Jika sobat penasaran, secara sepintas Manfaat akar manis ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang salah satunya ialah obat batuk, tukak lambung dan darah tinggi. Namun untuk pengetahuan yang lebih lengkap dan detail, maka dibawah ini kami akan merangkum sedikit keterangan yang membahas tentang kandungan senyawa kimia alami pada akar manis serta manfaat akar manis bagi kesehatan tubuh kita.

8 Khasiat Dan Manfaat Akar Manis Untuk Kesehatan

Akar Manis (Nama Latin : Glycyrrhiza glabra L.) adalah sejenis tumbuhan yang tergolong dalam suku pong-polongan. Tanaman ini diduga berasal dari Eropa selatan dan penyebarannya cukup luas hingga juga bisa ditemukan di Indonesia. Umum diketahui juga bahwa akar manis merupakan pohon terna yang sering dimanfaatkan sebagai rempah untuk pembuatan sirup yang berkhasiat obat untuk mengobati beberapa jenis penyakit ringan ataupun berat. Ekstrak dari akar manis ini mempunyai rasa begitu manis dan aroma khas didalamnya menjadikan kita mungkin sangat senang jika mengkonsumsinya.

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan ketinggian pohon mencapai hingga 1m, daun menyerupai sayap dengan panjang 7 hingga 15cm. Terdapat 9 sampai 17 helai daun dalam satu cabang, bunga tersusun inflorescens, dan buahnya berbentuk polong.

Nah dari banyaknya khasiat yang didapat, banyak juga yang mempertanyakan mengenai apa saja kandungan kimia pada akar manis ini. Nah, menurut beberapa penelitian, ditemukan beberapa kandungan yang memang diantaranya bisa berfungsi untuk dunia pengobatan herbal. Senyawa tersebut diantaranya : glisirhisin, glikosida likuiritin, saponin, glukosa, umbeliferona, asparagin, gabrolida, dan masih banyak lagi senyawa lain yang tentunya terkait.

8 Khasiat Dan Manfaat Akar Manis Untuk Kesehatan :
  1. Meringankan gejala batuk.
  2. Mengatasi sakit tenggorokan.
  3. Mengontrol tekanan darah.
  4. Mencegah Hipertensi (tekanan darah tinggi).
  5. Mengobati tuka atau radang lambung.
  6. Melancarkan haid atau menstruasi.
  7. Melancarkan sistem pencernaan.
  8. Mencegah perut kembung dan masuk angin.
Bagaimana resep dan cara menggunakan akr manis untuk obat?
  • Tukak Lambung : Sediakan 2gr akar manis dan 2 ruas rimpang kunyit. Haluskan dan rebus dengan 150cc air hingga tersisan 100cc (setengah gelas). Minum secara rutin 2x sehari hingga selama minggu.
  • Batuk : Siapkan 1gr akar manis, 2 lembar daun sirih dan 6gr rimpang pohon akar manis. Haluskan atau tumbuk kasar kemudian direbus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan minum 2x sehari hingga sembuh.
  • Hipertensi : Seduh bubuk akar manis sebanyak 3gr dengan setengah cangkir air mendidih. Minum 2x sehari secara rutin.
Demikianlah artikel singkat tentang 8 Khasiat Dan Manfaat Akar Manis Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel