6 Khasiat Bandotan Untuk Kesehatan Dan Dunia Pengobatan

Khasiat Bandotan sangat sedikit sekali orang yang tahu. Padahal jika dipelajari, tanaman yang dianggap gulma ini kaya akan manfaat dan bisa dijadikan obat herbal yang bisa menyambuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan bandotan atau wedusan ini adalah : Demam, sakit mata, luka, dan nyeri dada. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan seputar tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar, kali ini kami akan mencoba merangkum keterangan yang membahas mengenai kandungan senyawa pada bandotan dan manfaat bandotan bagi kesehatan tubuh kita.

6 Khasiat Bandotan Untuk Kesehatan Dan Dunia Pengobatan

Bandotan (Nama latin : Ageratum conyzoides L.) adalah sejenis tanaman gulma yang sering ditemukan di ladang, atau tanah kosong pada pekarangan. Beberapa nama panggilan lokal untuk rumput liar ini dikenal dengan wedusan, babandotan, dusbedusen, rumput balam, be'sombe'en dan masih banyak lagi yang lainnya. Wedusan berasal dari Amerika Tropis, namun penyebarannya juga cukup luas dan banyak ditemukan pada daratan yang mempunyai iklim tropis. Klasifikasinya tergolong dalam keluarga asteraceae.


Ciri dan deskripsi tanaman ini bisa dikenali dengan melihat pohonnya yang berbentuk terna, batang bercabang dan berambut halus, daun berseling berhadapan berbentuk jantung dengan warna hijau, dan bunganya bongkol berwarna putih agak keunguan.

Sudah diketahui bahwa setiap ada manfaat pasti ada kandungan yang mendukung dari kegunaan tersebut. Dan dari beberapa penelitian, bandotan memiliki senyawa berupa Alkaloid, minyak essensial, kumarin, dan sedikit racun yang berfungsi juga sebagai insektisida alami.

6 Khasiat Bandotan Untuk Kesehatan Dan Dunia Pengobatan :
  1. Mempercepat penyembuhan luka.
  2. Meredakan nyeri dan sakit pada dada.
  3. Obat herbal untuk mengatasi mata yang panas.
  4. Bersifat antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam.
  5. Meringankan gejala sakit perut.
  6. Obat herbal untuk penyembuhan patah tulang.
Bagaimana resep dan cara menggunakan bandotan sebagai obat?
  • Luka : Ambil daun bandotan secukupnya kemudian haluskan dan dicampur dengan minyak goreng. Selanjutnya tapalkan pada luka yang masih basah. Tau juga bisa meremas daun dan dicampurkan dengan kapur sirih dan oleskan pada luka.
  • Sakit Dada : Rebus sekitar 7 lembar daun bandotan dengan 300cc air hingga mendidih dan tersisa 200cc. Minum 1x sehari selama 1 minggu.
  • Demam : Tumbuk akar bandotan hingga halus dan campurkan dengan minyak kayu putih. Oleskan pada seluruh tubuh terutama dan dan leher.
  • Obat Tetes Mata : Tumbuk daun hingga halus dan peras hingga mengeluarkan air. Diamkan sejenak hingga mengendap dan teteskan air bening tersebut pada mata.
  • Sakit Perut : Rebus daun bandotan secukupnya hingga mendidih, kasih sedikit garam, saring dan diminum.
  • Patah Tulang : Haluskan daun bandotan dicampur dengan kapur sirih dan oleskan atau tapalkan pada area patah tulang. Balut dengan kain lembut.
Efek samping jika digunakan berlebihan dan jangka panjang bisa menyebabkan luka pada hati dan memicu pertumbuhan sel tumor dalam tubuh. Jadi pengguaan yang dianjurkan sewajarnya saja serta dengan panduan yang sudah pernah menggunakan.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 6 Khasiat Bandotan Untuk Kesehatan Dan Dunia Pengobatan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan! Cek Juga : 9 Khasiat Tanaman Akar Binasa Untuk Kesehatan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *