17 Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bengkoang pada umumnya sudah banyak yang tahu. Hal ini karena banyaknya kandungan gizi yang mendukung manfaat tersebut utamanya dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Salah satu contohnya ialah bisa menurunkan kolesterol darah dan juga menunda penuaan dini yang ampuh untuk menyamarkan garis halus serta jerawat pada wajah. Nah maka dari itu, untuk membahas lebih detail tentang apa itu bengkuang serta mengetahui manfaat bengkoang bagi kesehatan, dibawah ini kami sudah merangkum keterangan sederhana dan singkat mengenai kandungan dan kegunaan bengkoang untuk kecantikan.

17 Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bengkoang (nama latin : Pachyrhizus erosus) adalah sejenis tanaman penghasil umbi yang sering juga dikenal dengan sebutan bengkuang. Tumbuhan yang diduga berasal dari Amerika Tropis ini mempunyai daging umbi warna putih yang juga difungsikan sebagai masker bagi dunia kecantikan. Tanaman ini tergolong dalam suku polong-polongan dan orang jawa menyebutnya dengan besusu serta bitok pada suku madura.

Terkait dengan buah :
* 12 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
* 14 Khasiat Buah Bligo Untuk Kesehatan
* 25 Khasiat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ciri dan Deskripsi bengkoang bisa dikenal dengan pohonnya yang semi menjalar dan merupakan tumbuhan liana yang mencapai ketinggian hingga 4 sampai 5m. Nah dalam hal ini selalu muncul sebuah pertanyaan yang mengarah pada apa sih bengkoang itu? Kenapa disebut dengan buah? Mungkin karena sudah umum padahal bentuk aslinya adalah umbi. Bengkoang merupakan tumbuhan liana tahunan, mempunyai daun majemuk menyirip, bentuk daun hampir sama persis dengan buncis, daun bercabang tiga dengan bentuk bulat telur melebar, bunga tandan bertabung membentuk lonceng, benang sari pipih dan putiknya berjanggut. Sedangkan buah polong dan berbiji pipih.

Apa saja kandungan gizi serta senyawa kimia pada bengkoang?
Bengkuang memiliki nutrisi yang mayoritas mengandung mineral berupa air, vitamin C, pati, gula, kalsium, fosfor, protein, lemak, zat besi, karbohidrat, vitamin b1, serta senyawa berupa inulin dan alkali. Dari kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang baik untuk tubuh kita.

16 Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Baik untuk diet karena rendah kalori namun mampu memberi efek baik sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.
  2. Menurunkan kadar gula darah yang terkait dengan pencegahan diabetes mellitus. Manfaat ini masih terbuhubung dan erat kaitannya dengan kandungan rendah gula pada bengkoang.
  3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi karena kandungan kalsium dan fosfor sehingga terhindar dari pengeroposan atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis.
  4. Melancarkan sistem pencernaan dan membantu mempercepat penyerapan sari makanan sehingga menghindarkan penumpukan racun dalam usus.
  5. Mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh yang berdampak baik bagi kesehatan kulit.
  6. Vitamin C yang ampu untuk menguatkan sistem imun dan sebagai antioksidan alami yang menangkal radikal bebas dalam tubuh.
  7. Meringankan sariawan serta gejala atau efek yang disebabkan.
  8. Membantu tubuh terhindar dari radang tenggorokan dan batuk.
  9. Mengurangi peroduksi asam lambung yang berguna untuk mengatasi maag dan sakit perut.
  10. Mencegah tubuh terjangkit beri-beri.
  11. Membantu dalam memperlancar produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui.
  12. Menjaga kelembapan kulit sehingga tidak kering, bersisik dan mengelupas.
  13. Menunda penuaan dini yang baik untuk menyamarkan garis halus dan pengeriputan.
  14. Menyembuhkan penyakit kulit seperti kudis dan jenis jamur lainnya.
  15. Melancarkan sistem peredaran atau sirkulasi darah.
  16. Menurunkan kadar koleterol jahat dalam tubuh.
  17. Obat pencahar herbal yaitu dengan meminum 1 biji bengkoang yang sudah dikeringkan.

Bagaimana resep dan cara menggunakan bengkoang?
  • Konsumsi : Sebenarnya mudah saja, cukup kita kupas kulit umbi dan bisa langsung dimakan dalam keadaan segar. Namun bagi anda yang tidak suka karena tidak lazim, maka bisa juga diolah sebagai rujak, asinan dan manisan. Atau juga dijadikan jus sehingga bisa lebih mudah dicerna dan tentunya tidak butuh waktu lama untuk mengolahnya.
  • Masker : Banyak sekali dari kalangan ladies yang ingin selalu tampil cantik dan mempunyai wajah bersih berseri. Maka dari itu semua cara dilakukan untuk mendapat apa yang diinginkan. Maka dari itu, salah satu penyelesaian masalahnya ialah dengan menggunakan masker bengkoang. Cukup sediakan daging bengkuang secukupnya dan blender. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, cukup tambahkan susu kental dan madu. Mengenai porsi bisa diperkirakan secukupnya. Aduk dan taruh dalam lemari pendingin. Kemudian bisa digunakan keesokan harinya untuk masker dan diterapkan pada wajah secara merata.
  • Kudis : Siapkan 5 butir biji bengkuang kemudian ditumbuk hingga halus, campur dengan 5gr bubuk belerang dan ditambah sedikit air. Selanjutnya tinggal ditapalkan pada area kulit.
Biji bengkuang mengandung racun namun bisa ditawarkan dengan mengkonsumsi air kelapa muda atau degan. Dan racun inilah yang digunakan masyarakat untuk membunuh serangga tanaman dan juga untuk menangkap ikan disungai.

Terkait dengan Tanaman berkhasiat obat :
* Khasiat Daun Teh-Tehan Untuk Kesehatan
* 8 Khasiat Kina Untuk Dunia Pengobatan Herbal
* Khasiat Bengang Untuk Mengobati Kencing Nanah

Demikianlah artikel singkat seputar 17 Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa berguna dan membantu bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel