15 Khasiat Tanaman Akar Kucing Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Akar kucing sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat. Beberapa kegunaan akar kucing atau anting-anting dipercaya bisa menyembuhkan diare, antibiotik, obat luka, batuk, dan juga diare berdarah. Tidak hanya itu saja, penggunaannya sebagai jamu herbal memberi dampak baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan. Kali ini kami akan mencoba untuk memberi rangkuman seputar Manfaat Tanaman akar kucing atau anting-anting bagi kesehatan.

Akar Kucing (Nama latin : Acalypha australis. L) sering juga disebut anting-anting merupakan salah satu jenis rumput liar yang dianggap gulma. Habitatnya banyak ditemukan dipersawahan, pinggir jalan, ladang, dan juga pekarangan rumah. Herba semusim ini mudah ditemukan namun banyak juga yang tidak paham jika kucing-kucingan ini menyimpan khasiat obat. Beberapa nama lokal dari anting-anting adalah : tengantengan, ceka mas, lelatang, cengkocengan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

15 Khasiat Tanaman Akar Kucing Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman terletak pada pohon yang berbentuk terna semusim. Ketinggian mencapai sekitar 50cm, akar tunggang, daun tunggal bertangkai panjang warna hijau, bunganya mejemuk berkelamin tunggal, Buah kotak dan bulat hitam, sedangkan bijinya bulat memanjang berwarna cokelat. Untuk ciri sepintas bisa cek gambar diatas.

Semua bagian tanaman bisa digunakan sebagai obat. Entah itu daun, batang, akar dan bijinya. Bisa digunakan dalam keadaan segar atau juga dikeringkan. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja khasiat akar kucing untuk kesehatan? Mungkin beberapa ringkasan dibawah ini bisa membantu!

15 Khasiat Tanaman Akar Kucing Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat dispepsi yang bisa digunakan untuk obat pada ganguan pencernaan.
  2. Bersifat antibiotik yang ampuh untuk membunuh bakteri dan kuman dalam tubuh.
  3. Bersifat epistaksis yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan seperti mimisan.
  4. Meringankan gejala penyakit muntah darah (hematemesis).
  5. Mengobati kencing darah atau hematuria.
  6. Obat herbal untuk melena atau berak yang disertai darah.
  7. Menyembuhkan penyakit malaria.
  8. Berkhasiat menyembuhkan diare atau susah BAB.
  9. Mencegah dan mengatasi disentri.
  10. Menambah berat badan rendah khususnya bagi kalangan anak-anak.
  11. Meringankan gejala batuk berdarah.
  12. Mempercepat penyembuhan luka khususnya luka bakar.
  13. Mengatasi beberapa jenis penyakit kulit.
  14. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan.
  15. Bersifat diuretik yang ampuh untuk melancarkan saluran kemih.
Bagaimana resep dan cara menggunakan tanaman akar kucing untuk obat?
  • Diare, Disentri, Dan pendarahan : Rebus sekitar 60gr kucing-kucingan yang sudah dijemur dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum 2x sehari dengan porsi setengah gelas tiap kali konsumsi.
  • Sembelit : Rebus 1 tanaman anting-anting yang sebelumnya dipotong kecil-kecil dengan 1 gelas air hingga mendidih. Saring dan minum selagi hangat.
  • Eksim dan Korengan : Gunakan seluruh bagian tanaman akar kucing kemudian potong-potong. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuh. Minum dengan menambah sedikit garam dapur.
  • Luka, Radang dan Gigitan Ular : Haluskan 1 tanaman anting-anting utuh kemudian campur dengan 1sdt gula pasir. Selanjutnya tapalkan pada area luka.
Demikianlah artikel singkat mengenai 15 Khasiat Tanaman Akar Kucing Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna dan membantu bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *