15 Khasiat Gandarusa Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Khasiat Gandarusa memang sudah digunakan sejak jaman dahulu sebagai obat herbal yang fungsi dan kegunaannya sangat berpengaruh bagi kesehatan. Manfaat gandarusa tersebut dipercaya bisa memnyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti kencing tidak lancar, rematik, patah tulang, demam, bisul dan lain sebagainya. Nah maka dari itu, untuk bahasan kali ini, kami akan mencoba untuk menerangkan lebih detail apa itu tanaman gandarusa, kandungan serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Jadi untuk sekedar menambah referensi pengetahuan, tidak ada salahnya jika anda membacanya sampai selesai.

Khasiat Gandarusa Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Gandarusa (Nama latin : Justicia gendarussa Sinonim Gendarussa vulgaris) adalah sejenis tumbuhan semak yang sering dijumpai ditanah kosong seperti pekarangan, Sering juga dijadikan tanaman hias (tanaman pagar) karena mempunyai bentuk menarik. Diberbagai daerah tanaman ini dikenal dengan sebutan gandarisa, besi-besi, trus, puli, handarusa, dan tetean (Baca Juga Khasiat Teh-Tehan). Daun tanaman ini mempunyai sifat netral yang mempunyai rasa asam dan pedas. Bahkan manfaat gandarusa bisa dipakai sebagai alat kontrasepsi alami bagi kaum pria.

Terkait Tanaman berkhasiat :
* 15 Khasiat Gambir Untuk Kesehatan
* 9 Khasiat Eceng Gondok Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk pohon yang semak bergerombol, batang berwana hitam, cokelat keunguan dengan ketinggian mencapai kira-kiran hingga 2m. Daun hijau memanjang, ujung meruncing dengan warna hijau muda, Dan akarnya tunggang berserabut. Untuk ciri singkatnya bisa cek lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.

Apa saja sih kandungan senyawa pada tanaman gandarusa?
Dari berbagai sumber yang kami baca, gandarusa mempunyai kandungan berupa alkaloid, polifenol, minyak atsiri, justicin dan kalium. Dari senyawa inilah diperoleh beberapa manfaat yang sangat berpengaruh bagi kesehtan tubuh kita. Penasaran? Berikut rincian singkatnya!

15 Khasiat Gandarusa Untuk Dunia Pengobatan Herbal :
  1. Bersifat diuretik yang berguna sebagai peluruh kencing atau melancarkan saluran kemih.
  2. Bersifat analgetik yang berfungsi untuk meredam rasa nyeri dan sakit.
  3. Bersifat antispermatozoa yang bisa digunakan sebagai alat kontrasepsi pada kaum pria.
  4. Bersifat anti-piretik yang berkemampuan untuk meredakan dan menurunkan demam.
  5. Menyembuhkan rematik dan nyeri pada persendian.
  6. Obat herbal untuk menghilangkan pusing atau sakit kepala.
  7. Terapi pengobatan hipertensi karena bisa digunakan sebagai obat pelancar aliran darah.
  8. Mempercepat penyembuhan patah tulang.
  9. Mempercepat penuaan bisul.
  10. Bersifat anti-inflamasi yang fungsinya bisa mengurangi memar atau bengkak.
  11. Obat alami untuk menyembuhkan luka atau borok.
  12. Peluruh muntah karena bisa memancing muntah.
  13. Mengobati sakit pada telinga (Obat telinga sakit)
  14. Menyembuhkan sakit mati (Obat mata)
  15. Mengatasi kelumpuhan pada otot wajah.

Bagaimana resep dan cara menggunakan gandarusa sebagai obat?
  • Penggunaan Luar : Siapkan beberapa lembar daun gandarusa kemudian ditumbuk hingga halus setelah dicuci bersih. Tapalkan pada area yang ingin diobati atau peras air untuk obat mata dan telinga. Dan bisa menambah sedikit air hangat untuk membasuh koreng dan luka. Untuk bisul bisa dengan melayukan daun dengan api kemudian ditempelkan.
  • Konsumsi : Siapkan sekitar 20 lembar daun gandarusa, cuci kemudian rebus dengan 5 gelas air (1 liter air) hingga tersisa 2 gelas. Minum 2x sehari pagi dan sore masing-masing 1 gelas untuk sekali konsumsi.

Himbauan !!!
Gandarusa mempunyai kandungan racun sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi dalam porsi besar dan jangka panjang tanpa cara pengolahan yang tepat. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi herba ini karena bisa mengganggu kehamilan.

Baca Juga : 15 Khasiat Tanaman Gandapura Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel sederhana yang mengupas tentang 15 Khasiat Gandarusa Untuk Dunia Pengobatan Herbal. Semoga bisa berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa di share jika artikel ini bermanfaat! Sekian dan terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel