14 Khasiat Sayur Zukini Untuk Kesehatan

Khasiat sayur zukini didapat karena banyaknya kandungan nutrisi didalamnya. Beberapa manfaat dari sayur zucchini ini dipercaya cukup baik untuk antioksidan, kesehatan jantung dan juga rendah kalori yang berdampak baik sebagai pencegah diabetes. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi khasiat yang tersimpan dari sayur yang satu ini. Penasaran? Maka dari itu, untuk postingan kali ini, kami akan mencoba merangkum beberapa keterangan singkat yang membahas seputar manfaat dan juga kandungan gizi sayur zukini yang mungkin saja belum kita ketahui.

14 Khasiat Sayur Zukini Untuk Kesehatan

Zukini (Zucchini atau zucchine) adalah jenis sayur yang tergolong dalam suku labu-labuan. Bentuk dan rasa hampir sama dengan mentimun, namun ada juga yang hampir sama persis dengan terong. Sayur ini sangat populer dan bahkan menjadi salah satu jenis sayur yang paling banyak dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari khususnya daerah eropa dan sekitarnya. Di Indonesia sayur ini tergolong sangat sulit untuk didapat kecuali di kota-kota besar dan super market.

Apa saja kandungan gizi pada sayur zukini? Dari berbagai macam penelitian, sayur ini mengandung beberapa nilai gizi seperti Vitamin B Kompleks (B1, B2, B3, B6, Asam Folat, Kolin), Mangan, vit.C, Vit, A, Serat, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Seng, Protein, Zat besi, Vitamin K, Serta senyawa berupa lutein, beta-karoten, zeaxanthin, dan polisakarida.

14 Khasiat Sayur Zukini Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengatasi peradangan khususnya pada saluran pencernaan dan sistem kardiovaskular.
  2. Kaya akan serat yang bisa melancarkan saluran pencernaan khususnya sangat baik dalam pencegahan sembelit atau susah BAB.
  3. Sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi sehingga tercegah dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  4. Kaya akan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas serta menguatkan sistem imun atau kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.
  5. Mencegah penuaan dini khususnya untuk mengurangi garis halus pada wajah dan mencegah terjadinya pengeriputan akibat kulit kering.
  6. Baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah iritasi serta mengembalikan kejernihan pandangan.
  7. Mengurangi resiko terjadinya kanker pada usus besar. Hal ini terkait dengan lancarnya saluran pencernaan sehingga meminimalisir penumpukan racun dalam usus.
  8. Menjaga kesehatan jantung yang terkait dengan pencegahan serangan jantung dan resiko stroke.
  9. Ampuh untuk mengurangi gejala rheumatoid arthritis.
  10. Mengontrol kadar gula darah yang berfungsi untuk mencegah resiko diabetes.
  11. Bersifat anti-kanker yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker atau tumor dalam tubuh.
  12. Melancarkan sirkulasi atau peredaran dalam tubuh, terkait juga untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  13. Meningkatkan pola pikir dan kecerdasan otak sehingga sangat baik dikosumsi oleh ibu hamil atau kalangan anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
  14. Mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah serta dampak yang mungkin disebabkan.
Semua bagian bisa dikonsumsi, entah itu kulit, daging buah dan bijinya. Ada yang langsung dimakan dalam keadaan mentah atau juga bisa ditumis. Tergantung dengan selera anda dan agar tidak cepat bosan dengan sayur kaya manfaat ini.

Demikianlah artikel singkat mengenai 14 Khasiat Sayur Zukini Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel