14 Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Jinten memang sudah umum digunakan oleh beberapa kalangan masyarakat yang sudah kenal dengan tanaman ini. Manfaat daun jintan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti radang, demam, pusing, kembung, dan asma. Namun tidak lepas dari itu saja, masih banyak kegunaan lain yang tentunya juga terkait dengan dunia kesehatan dan bahkan kecantikan. Maka dari itu, untuk menambah pengetahuan mengenai tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar, kali ini kami akan merangkum sedikit keterangan tentang Kandungan dan Manfaat Daun jinten bagi kesehatan tubuh.

14 Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan

Daun Jinten (Nama latin : Plectranthus amboinicus L.) atau yang juga dikenal dengan daun jintan adalah sejenis tanaman pirenial yang diduga berasal dari Afrika. Tanaman ini tergolong dalam klasifikasi keluarga dari Lamiaceae. Sedangkan nama lokal dikenal dengan sebutan bangun-bangun, sukan, aceran, daun kucing, daun kambing, golong, iwak, dan majha nereng. Untuk saat ini daun jinten sudah dibudidayakan guna memebuhi kebutuhan herbal dalam produk olahan jamu.

Terkait Daun Berkhasiat Obat :
* 10 Khasiat Daun Encok Untuk Dunia Pengobatan Herbal
* 7 Khasiat Daun Dandang Gendis Untuk Kesehatan

Ciri dan Deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk batang terna tahunan berkayu dengan ketinggian hingga 1m. Batang juga beruas sehingga bila menyentuh tanah akan keluar tunas baru. Daun bulat telur bedaging warna hijau, dengan tepi daun bergerigi. Tulang daun menyirip dengan cabang berbentuk seperti jala dan diselimuti dengan rambut halus. Bunga majemuk berupa tandan keluar dari ketiak daun dan bijinya keras berbentuk gepeng dengan warna cokelat muda.

Apa saja kandungan senyawa kimia pada daun jintan?
Dari beberapa sumber, diketahui bahwa tanaman ini mengandung kimia alami seperti minyak atsiri, phytosterin-b, kalium, dan fenol. Dari senyawa inilah didapat jutaan manfaat yang bisa kita dapat dengan cara mengkonsumsinya.

14 Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau panas tubuh.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan / pembengkakan.
  3. Mempercepat penyembuhan luka atau borok yang menahun.
  4. Bersifat anti-tusif yang berkemampuan untuk meredakan batuk dan mengencerkan dahak.
  5. Menghentikan pendarahan pada luka dan juga mimisan.
  6. Meringankan gejala pusing dan sakit kepala.
  7. Melancarkan sirkulasi darah yang terkait dengan pencegahan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  8. Obat herbal untuk menyembuhkan sesak nafas atau asma.
  9. Mengeluarkan angin dan mengatasi perut kembung.
  10. Meringankan gejala sariawan seperti bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan.
  11. Kaya anti-oksidan yang menjaga sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.
  12. Mengurangi gejala rematik dan nyeri pada persendian.
  13. Melancarkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui.
  14. Obat herbal untuk mengobati ayan.

Bagaimana resep dan cara menggunakan daun jinten sebagai obat?
  • Demam : Siapkan sekitar 9 lembar daun jintan kemudian cuci bersih. Tumbuk hingga halus, peras dan saring selanjutnya minum airnya. Untuk hasil yang maksimal bisa gunakan ampas daun sebagai obat gosok yang dibalurkan pada seluruh badan.
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh : Sediakan daun jintan secukupnya kemudian dihaluskan. Seduh dengan air mendidih, saring kemudian peras dan minum airnya.
  • Batuk Dan Asma : Sediakan 9 lembar daun jintan, cuci dan haluskan dengan cara ditumbuk. Peras dan campurkan sedikit minyak wijen kemudian minum.
  • Pelancar ASI : Campurkan pada sup atau juga dimakan sebagai lalapan dengan proses pengukusan.
  • Perut Kembung : Tumbuk 5 lembar daun jintan yang sudah dicuci, rebus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan minum selagi hangat.
  • Sakit Kepala : Ambil daun jinten secukupnya, cuci bersih kemudian ditumbuk kasar. Gunakan sebagai kompres yang ditempelkan pada kening.
  • Rematik : Ambil sekitar 5 lembar daun jintan, tumbuk hingga halus dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Gunakan sebagai obat tapal dengan cara membalurkan pada area yang ingin diobati.

Baca Juga : 12 Khasiat Kenikir Untuk Kesehatan dan Pengobatan Herbal

Demikianlah artikel mengenai 14 Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya,,,! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel