14 Khasiat Buah Makasar Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Makasar memang sudah umum digunakan dan dipercaya cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Manfaat buah makasar ini digunakan untuk mengobati diare, malaria, disentri, penawar racun dan juga berkemampuan untuk menurunkan demam. Tidak hanya itu saja, masih banyak fungsi dan kegunaan lain yang akan kami bahas kali kali ini. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan informasi seputar buah makasar, berikut sudah kami rangkum rincian mengenai apa saja kandungan senyawa buah makasar serta manfaat buah makasar bagi kesehatan.

14 Khasiat Buah Makasar Untuk Kesehatan

Buah Makasar (Nama latin : Brucea javanica L.) adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh dan hidup secara liar dihutan. Tumbuhan ini juga dikenal degan sebutan amber merica dan beberapa nama lokal yang mungkin saja dikenal oleh sobat semua. Seperti di Batak, tanaman ini panggil dengan malur, Barul (Lampung), Walot (Sunda), Kwalot (Jawa), Tambara Merica (Makasar), dan Nagas (Ambon). Tumbuhan ini mempunyai rasa yang pahit dan juga beracun, namun sejak dulu kala sudah umum dijadikan obat karena memang terbukti bisa menyembuhkan.

Terkait dengan Buah :
* 18 Khasiat Bidara Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
* 14 Khasiat Buah Bligo Untuk Kesehatan
* 12 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang yang tumbuh perdu mencapai ketinggian hingga 10m. Berambut halus berwarna kuning pada bagian batang. Daunnya tunggal dengan pertulangan menyirip berhadapan beranak daun hingga 13 helai. Daun berbentuk lonjong memanjang dengan ujung meruncing warnanya hijau muda. Berbunga pada ketiak daun, berbuah batu dengan bentuk bulat telur.

Apa saja kandungan senyawa pada buah makasar?
Dari berbagai sumber, kami mengutip dan merangkum kembali mengenai kandungan yang terdapat pada tanaman ini. Beberapa zat tersebut berupa brusamarin, kosamin, yatanin, glukosa, yatanosida A dan B. Pada buah ditemukan kandungan minyak lemak, asam oleat, linoleat, stearat, palmitoleat. Pada batang ditemukan senyawa Fenol berupa brusenol dan asam bruseoleat. Biji mengandung brusatol, brusein A,B,C,D,E,G, dan H. Dan daunnya mengandung tanin.

14 Khasiat Buah Makasar Untuk Kesehatan :
  1. Menghentikan diare atau mencret.
  2. Menyembuhkan malaria
  3. Mengatasi dan mencegah penyakit disentri.
  4. Mengontrol kadar gula darah yang terkait pencegahan diabetes.
  5. Menawarkan racun akibat mengkonsumsi makanan.
  6. Meringankan gejala sakit pinggang.
  7. Bersifat antipiretik yang berguna untuk penurun demam.
  8. Obat herbal untuk wasir atau ambeien.
  9. Mengatasi keputihan dan menghilangkan bau tidak sedap pada organ kewanitaan.
  10. Bersifat anti-kanker khusunya penyembuhan kanker serviks dan rahim.
  11. Menghilangkan kutil atau mata ikan.
  12. Melancarkan sistem pencernaan khususnya sembelit.
  13. Bersifat anti-biotik
  14. Mencegah penggumalan darah
Bagaimana resep dan cara menggunakan buah makasar untuk obat?
Bagian tanaman yang paling banyak digunakan ialah akar, daun, buah dan bijinya. Jadi boleh dibilang hampir keseluruhan tanaman bisa dipakai sebagai obat. Terus bagaimana resep cara membuatnya? Yuk simak rincian sederhana dibawah!
  • Sakit Pinggang : Siapkan sekitar 1 genggam daun makasar kemudian cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 2x sehari secara rutin hingga sembuh.
  • Malaria : Siapkan 25gr akar, cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum 2x sehari pagi dan sore.
  • Keputihan : Rebus biji buah makasar dengan 200cc air hingga tersisa 10cc. Gunakan sebagai obat semprot yang bisa diterapkan pada organ kewanitaan.
  • Wasir / Ambeien : Ambil sekitar 7 butir biji buah makasar kemudian dibungkus dengan buah longan. Selanjutnya bisa ditelan langsung.
  • Kutil (Mata Ikan) : Haluskan buah makasar kemudian tapalkan pada kulit yang ingin diobati.
  • Disentri : Siapkan sekitar 15butir  biji buah. Haluskan dan bungkus dengan kapsul. Minum 3x sehari hingga sembuh.
  • Kanker Serviks dan Rahim : Rebus 20 biji buah makasar dengan 400cc air hingga tersisa 100cc. Minum 3x sehari dengan porsi 2sdm perkonsumsi.
Karena mengandung racun, mengkonsumsi buah makasar dalam jumlah besar akan menyebabkan keracunan. Efek samping ini bisa bervariasi pada setiap orang. Namun pada umumnya keracunan ini akan menyebabkan sesak, mual, pusing, mencret, dan terparahnya ialah koma.

Baca Juga : 15 Khasiat Buah Berenuk Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 14 Khasiat Buah Makasar Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan tentunya berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *