12 Khasiat Bunga Pukul Delapan Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Pukul Delapan banyak digunakan sebagai tanaman hias. Namun siapa sangka jika dibalik kecantikan bunga tersebut tersimpan berjuta manfaat yang salah satunya ialah untuk mengobati pusing, radang, rematik, melancarkan sistem pencernaan dan lain-lainnya. Oleh karena itu, maka untuk kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas mengenai apa saja kegunaan dan fungsi kembang pukul delapan bagi kesehatan tubuh kita.


Bunga Pukul Delapan (Nama latin : Turnera ulmifolia L.) adalah sejenis tanaman berbunga yang juga merangkap sebagai tanaman obat. Bunga ini juga sering disebut dengan lidah kucing dan tergolong dalam klasifikasi dari keluarga Passifloraceae. Jika dilihat secara umum, kegunaan dari bunga ini hanyalah untuk memperindah halaman saja. Namun jika pelajari lebih lanjut, masih banyak rahasia yang tersimpan yang salah satunya berfungsi sebagai obat herbal yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit.

Terkait Manfaat Bunga :
* 10 Khasiat Bunga Widuri Untuk Kesehatan
* 7 Khasiat Tanaman Bungur Untuk Kesehatan
* 7 Khasiat Tanaman Puring Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat bunganya yang berwarna kuning dan putih. Permukaan daun agak sedikit kasar menyerupai daun mint yang mempunyai ramput halus menyelimuti dan melindungi permukaan daun. Sedangkan ketinggian pohon atau batang hanya mencapai sekitar 50cm saja. Tumbuhan ini diduga berasal dari Meksiko dan Hindia bagian Barat.

Apa saja kandungan senyawa kimia pada bunga pukul delapan?
Menurut beberapa penelitian, ditemukan zat yang dikenal dengan beranin, betanidin, betacyanin, flavonoid, polifenol dan saponin. Dari beberapa senyawa inilah diperoleh manfaat yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

12 Khasiat Bunga Pukul Delapan Untuk Kesehatan :
  1. Obat herbal untuk meringankan gejala rematik dan nyeri sendi.
  2. Mengatasi sakit tenggorokan.
  3. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan.
  4. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah yang terkait dengan pencegahan hipertensi.
  5. Mencegah pembekuan darah dalam tubuh.
  6. Obat herbal untuk hepatitis (sakit kuning) dan radang hati.
  7. Mengobati memar atau bengkak akibat benturan.
  8. Menyembuhkan eksim khususnya pada bayi.
  9. Meringankan pusing atau sakit kepala.
  10. Bersifat anti-biotik yang berfungsi untuk mengatasi kuman dan virus.
  11. Menambah selera makan khususnya bagi orang dalam masa penyembuhan.
  12. Mengatasi perut kembung, mual dan rasa tidak nyaman.
Bagaimana resep dan cara mengunakan bunga pukul delapan untuk obat?
  • Kunsumsi : Siapkan akar tanaman bunga pukul delapan secukupnya kemudian cuci bersih dan rebus. Jika sudah mendidih diamkan dan minum 2x sehari.
  • Penggunaan luar : Siapkan daun dan bunga, cuci dan haluskan. Selanjutnya bisa ditapalkan pada area yang ingin diobati.
Baca Juga : 22 Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan

Mungkin hanya itu yang bisa kami sajikan. Semoga keterangan ringkas mengenai 12 Khasiat Bunga Pukul Delapan Untuk Kesehatan ini bisa membantu dan tentunya berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya,,,! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel