12 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Belimbing wuluh memang sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat. Belimbing sayur ini dipercaya bisa mengobati diabetes, rematik, batuk, sakit gigi, jerawat, panu dan juga merawat kecantikan tubuh sehingga terhindar dari jerawat dan menjaga kebersihan wajah. Umumnya kalangan masyarakat memanfaatkan buahnya untuk sambel, tapi selain itu juga bisa digunakan daun dan bunganya yang juga tidak kalah ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

12 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Belimbing wuluh (Nama latin : Averrhoa bilimbi L.) adalah sejenis pohon perdu yang diduga berasal dari Maluku. Beberapa nama panggilan lokal diantaranya belimbing sayur, belimbing buluh, belimbing besi, belimbing botol, dan belimbing asam. Karena rasanya yang sangat masam dan menyegarkan, banyak dari kalangan masyarakat menjadikan buah ini sebagai salah satu bumbu dapur guna menambah citarasa dan tentunya juga lebih menyegarkan makanan. Selain buah, bunga dan daun belimbing buluh bisa dijadikan salah satu ramuan herbal yang khasiatnya sangat besar bagi kesehatan tubuh kita.

Terkait Manfaat Sayur :
* 14 Khasiat Buah Bligo Untuk Kesehatan
* 14 Khasiat Sayur Zukini Untuk Kesehatan
* 18 Khasiat Selada Air Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ciri dan deskripsi bisa dikenali dengan pohon yang hanya mencapai ketinggian 5m, bercabang sedikit, batang kasar benjol-benjol, daun kecil tersusun ganda dengan perawakan bulat lonjong warna hijau. Bunga malay majemuk berkelompok warna merah keunguan. Dan buahnya buni, bulat memanjang dengan warna hijau muda serta banyak kandungan air yang mempunyai rasa sangat masam. Untuk pembudidayaan, biasanya pohon belimbing ditanam dengan menggunakan sistem stek batang.

Apa saja kandungan gizi dan senyawa pada buah belimbing wuluh?
Dari beberapa penelitian, ditemukan kandungan Vit. C yang cukup tinggi dan zat berupa asam format, glikosida, kalsium oksalat, saponin, sulfur, kalium sitrat, peroksida, dan tanin. Nah dari kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang salah satunya akan kami rangkum pada keterangan singkat dibawah ini.

12 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mengobati dan mengencerkan dahak karena batuk.
  2. Kaya akan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas
  3. Mengontrol kadar gula darah yang juga berguna untuk mencegah diabetes.
  4. Meringankan gejala sakit gigi serta mengurangi nyeri yang disebabkan.
  5. Membunuh jamur pada kulit khususnya panu.
  6. Mengatasi hipertensi atau gejala lain yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi seperti menormalkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  7. Menyembuhkan sariawan dan juga sakit tenggorokan.
  8. Membersihkan jerawat pada wajah.
  9. Menghilangkan pegal linu dan rasa capek akibat kerja.
  10. Mengurangi nyeri sendi dan juga rematik.
  11. Meringankan gejala gondongan (gondok).
  12. Mengatasi penyakit beguk.
Bagaimana resep dan cara menggunakan belimbing wuluh sebagai obat?
  • Batuk : Siapkan 1 genggam bunga belimbing wuluh dan 20gr gula batu. Rebus dengan 400cc air hingga mendidih kemudian saring. Minum 2x sehari tiap pagi dan sore.
  • Diabetes : Sediakan sekitar 5-7 biji buah belimbing wuluh, tumbuk atau juga bisa diulek. Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih kemudian saring. Minum 2x sehari hingga sembuh.
  • Sakit Gigi : Cukup makan buah belimbing sayur dengan garam dan usahakan mengunyah dengan gigi yang sedang sakit.
  • Panu : Siapkan 2 biji buah belimbing dan 1sdm kapur sirih. Tumbuk secara bersamaan hingga halus kemudian tapalkan atau oleskan pada area kulit yang berjamur atau terdapat panu.
  • Hipertensi : Potong buah dan rebus atau seduh dengan air mendidih secukupnya, saring dan minum selagi hangat.
  • Beguk : Siapkan daun dan bawang merah secukupnya. Haluskan dan direbus hingga mendidih. Diamkan sejenak dan gunakan sebagai kompres.
  • Jerawat : Siapkan bebeberapa butir buah belimbing kemudian haluskan dengan cara diparut. Tapalkan atau gunakan sebagai masker pada wajah.
  • Rematik : Siapkan daun belimbing wuluh secukupnya, kapur sirih, dan merica. Tumbuk hingga halus kemudian oleskan pada area yang sakit.
Demikianlah artikel singkat mengenai 12 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel