11 Khasiat Bangle Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bangle memang sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai pengobatan herbal. Hal ini karena memang banyak sekali kandungan senyawa alami yang mendukung dalam kinerja organ tubuh agar lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Manfaat bangle dipercaya bisa mengobati demam, sakit kepala, masuk angin serta masih banyak lagi kegunaan yang diantaranya bisa digunakan untuk melangsingkan tubuh. Jadi tidak sehat saja namun manfaat bangle juga terkait dengan dunia kecantikan yang menjadikan penampilan lebih menarik.

11 Khasiat Bangle Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bangle (Nama latin : Zingiber casumounar) adalah sejenis tanaman penghasil rimpang yang sering digunakan sebagai bahan rempah masakan selayaknya kencur dan jahe. Diberbagai daerah bangle mempunyai nama lokal yang dikenal dengan mungle, bungle, panglai, punik bolai, panini, bale, unin makei, dan pandhiyang. Rimpang ini banyak ditemukan diberbagai Negara seperti India, Vietnam, Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja dan juga Indonesia.

Terkait dengan rimpang :
* 28 Khasiat Akar Alang-alang Untuk Dunia Pengobatan
* 16 Khasiat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan
* 10 Khasiat Temu Kunci Bagi Kesehatan

Ciri dan Deskripsi bisa dikenali dengan batang semu yang tumbuh hingga ketinggian 1,5m. Membentuk rumpun dengan daun berseling warna hijau. Daun lonjong tipis dan meruncing pada bagian ujung, Bunga majemuk berbentuk tandan dengan warna hijau kemerahan. bibir bunga berwarna putih pucat. Untuk ciri sepintas, silahkan sobat cek lampiran gambar diatas.

Apa saja kandungan kimia pada bangle?
Menurut beberapa penelitian, ditemukan zat yang berupa Asam organik, damar, lemak, gom albuminoit dan minyak atsiri berupa sineol, pinen dan sesquiterpen. Dari kandungan inilah diperoleh khasiat obat yang cukup membantu dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menjadikan tubuh lebih sehat dan segar bugar.

11 Khasiat Bangle Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Bersifat antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau suhu tubuh yang panas.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi peradangan.
  3. Bersifat analgesik yang berkemampuan untuk meredam rasa nyeri atau sakit.
  4. Bersifat karminatif yang berguna untuk mencegah perut kembung.
  5. Melancarkan sistem pencernaan yang terkait dengan pencegahan sembelit atau susah buang air besar.
  6. Melangsingkan tubuh yang cukup baik digunakan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan.
  7. Meringankan migrain atau sakit kepala.
  8. Menyembuhkan nyeri sendi, rematik dan juga efek dari asam urat.
  9. Mengeluarkan cacing dalam tubuh, baik digunakan untuk anak yang cacingan.
  10. Mencegah penuaan dini yang berkemampuan untuk tetap menjaga kelembapan kulit.
  11. Menghilangkan dan mengurangi bau mulut serta bau badan.
Bagaimana Resep dan cara menggunakan bangle sebagai obat?
  • Cacingan : Siapkan 3 jari rimpang bangle, 5 biji ketumbar, 5 lembar daun sirih, dan 2 jari temu hitam. Cuci semua bahan kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan 100cc air, peras dan minum airnya.
  • Sakit Kuning (Hepatitis) : Sediakan 1 ibu jari rimpang bangle kemudian diparut. Peras dan tambakan 1 sendok air matang dan madu. Aduk dan minum secara rutin 2x sehari.
  • Demam / Masuk Angin : Siapkan sekitar 10 jari rimpang bangle. Parut dan tambahkan 100cc air matang. Peras dan campur dengan 1sdm madu. Minum 2x sehari secara rutin.
  • Sakit Perut dan Mulas : Sediakan rimpang bangle, jahe, kencur dan lempuyang masing-masing 1 ibu jari. Cuci dan tumbuk kasar kemudian direbus dengan 200cc air hingga mendidih. Saring dan minum selagi hangat 2x sehari.
  • Nyeri Sendi dan Rematik : Siapkan rimpang yang masih segar. Tumbuk dan campur dengan kapur sirih atau minyak kayu putih. Balurkan pada area sendi yang sakit.
  • Migrain dan sakit kepala : Tumbuk rimpang bangle segar dan gunakan sebagai tapal pengganti kompres pada dahi.
Baca Juga : 11 Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Khasiat Bangle Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel