10 Khasiat Bunga Widuri Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Bunga Widuri memang sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai salah satu alternatif untuk dunia pengobatan herbal. Bagian tumbuhan widuri yang digunakan ialah akar, getah, kulit batang, daun dan bunganya. Tidak hanya bisa digunakan sebagai obat saja, melainkan juga bisa dijadikan tanaman hias dengan penampilan cukup menarik jika dibonsai sebab bunganya mempunyai wana yang tidak kalah indah dengan jenis bunga pada tanaman hias yang lain. Namun disini kami akan membahas mengenai kandungan senyawa kimia pada widuri dan apa saja manfaat yang bisa kita dapat untuk kesehatan jika menggunakan bunga biduri sebagai obat.

10 Khasiat Bunga Widuri Untuk Kesehatan

Widuri atau Biduri (Nama latin : Calotropis gigantea) adalah sejenis tumbuhan perdu yang banyak ditemukan di pekarangan. Di Negara-Negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, dan Filipina. Widuri ini sudah lazim ditemukan, sebab habitat hidupnya memang ditanah atau daerah kering. Boleh dibilang biduri bisa hidup ditanah tandus sekalipun. Hal ini bisa diketahui dari ciri batang dan daunnya yang tebal dan bisa menyimpan cadangan makanan atau air dengan baik sehingga bisa bertahan meski terdapat di daerah kering.

Beberapa nama panggilan lokal untuk widuri diantaranya : Maduri, lembega, remingu, bidhuri, krokoh dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun untuk panggilan umum, tumbuhan ini dikenal dengan sebutan biduri atau widuri.

Ciri atau deskripsi bunga widuri terletak pada pohonnya yang berbentuk perdu, ketinggian mencapai hingga 4m, bunganya berlapis seperti lilin dengan warna putih berbalut keunguan. Daun bulat telur berwarna hijau pucat atau sedikit keputih-putihan (abu-abu), dan batangnya mengeluarkan lateks atau getah putih seperti susu. Ciri lebih detail silahkan cek lampiran gambar diatas.

Terkait manfaat bunga yang lain :

Kandungan Senyawa Kimia Alami Pada Tanaman Widuri :
Pada tanaman ini terkandung beberapa zat yang diantaranya damar, kalotropin, kalotoksin, alban, floavil, fuscharin dan senyawa lain yang terkait dengan glikosida. Dari senyawa ini diperoleh beberapa sifat kimia yang berupa sebagai penambah selera makan dan juga peluruh muntah. Penasaran dengan manfaat daun dan bunga biduri? Berikut rincian singkatnya!

10 Khasiat Bunga Widuri Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat emetik yang bisa dipergunakan untuk meluruhkan muntah.
  2. Bersifat purgative yang berguna untuk obat cuci perut atau pencahar alami.
  3. Bersifat stomakik yang berfungsi untuk menambah selera makan.
  4. Bersifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi radang pada telinga dan lambung.
  5. Membersihkan kutil dan penyakit kulit lainnya seperti kudis dll.
  6. Mencegah terjadinya eksim atau alergi pada kulit.
  7. Mempercepat penuaan bisul.
  8. Mencegah kejang pada jantung.
  9. Menghalau terjadinya penyakit campak pada anak.
  10. Mencegah gigi rusak lebih parah.
Bagaimana resep dan cara menggunakan widuri untuk obat?
  • Kejang Jantung : Siapkan 1 jari kulit batang bunga widuri, 25gr daun dewa, 15gr daun sambung nyawa, 25gr gula aren, dan 25gr daun kacapiring. Tumbuk kasar semua bahan kemudian rebus dengan 4 helas air hingga tersisan setengah. Saring dan minum 2x sehari selagi hangat dengan porsi 1 gelas untuk 1x minum.
  • Eksim : Ambil getah kemudian oleskan pada kulit yang terena eksim secara merata. Lakukan secara rutin hingga sembuh sebanyak 2x sehari.
  • Radang lambung : Sediakan 10gr bunga widuri dan 25gr daging bunga lidah buaya. Rebus dengan 1 setangah gela air hingga tersisa separuh. Minum selagi hangat sebanyak 2x sehari.
  • Bisul : Ambil daun widuri secukupnya, haluskan kemudian tapalkan pada bisul.
  • Campak : 15gr daun widuri, 15gr pucuk daun asam jawa, 15gr pegagan, dan 10gr rimpang kunyit. Haluskan dengan cara ditumbuk kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa setangah. Tambah sedikit garam dapur kemudian diminum 2x sehari.
  • Gigi rusak : Gunakan 2-3 tetes getah widuri dengan bantuan kapas yang ditaruh pada gigi yang rusak atau berlubang. Usahakan jangan sampai mengenai gigi yang lain.
  • Kutil : Sediakan getah biduri secukupnya, campur dengan kapur sirih. Selanjutnya balurkan pada kulit yang terdapat kutil.
  • Kudis : Ambil 1 lembar daun widuri dan tumbuk bersama dengan daun ketepeng china. Tapalkan pda area kulit yang terkena kudis.
Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 10 Khasiat Bunga Widuri Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Sekian dan jangan lupa di share juga pada teman-teman yang lain!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *