7 Khasiat Tanaman Bungur Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Bungur memang boleh dibilang cukup banyak bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya ialah untuk diabetes, kolesterol, hipertensi, eksim dan juga diare. Hal ini sudah diketahui secara turun-temurun dan digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal yang kaya akan manfaat. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat yang ada dilingkungan sekitar. Disini kami akan mencoba menulis rangkuman yang tentunya terkait dengan fungsi dan kegunaan pohon bungur untuk kesehatan.
7 Khasiat Tanaman Bungur Untuk Kesehatan
Bungur (Nama latin : Lagerstroemia) adalah sejenis tanaman perdu yang mempunyai bunga cukup indah. Jadi tidak heran jika pohon bungur ditanam untuk peneduh pada halaman dan sekaligus merangkan sebagai tanaman hias dengan warna cukup menarik serta aroma yang juga sangat khas. Ketinggian pohon mencapai hingga 8m dan habitat hidupnya bisa ditemukan diberbagai daerah tropis dan mampu tumbuh meski dalam cuaca yang relatif panas. Sedangkan untuk perkembangbiakan bisa dengan cara stek batang atau juga dengan penyemaian kembali biji yang sudah kering.

Bungu juga mempunyai berbagai nama lokal dan bisa berbeda pada setiap wilayahnya. Bungur dikenal juga dengan sebutan kuwal, ketangi, wungu, laban, wungur, bungor, dan mungkin masih banyak lagi panggilan lain yang terkait. Oleh karena itu, untuk melihat ciri sepintas, ada baiknya jika sobat melihat cuplikan gambar pohon bunga bungur diatas.

Tanaman bungur bisa digunakan pada seluruh bagian tanaman, seperti kulit batang, bunga, daun, dan akarnya. Kandungan senyawa pada bungur berupa saponin, tanin dan flavonoid. Untuk manfaat, berikut kami sudah meringkas 7 Khasiat Tanaman Bungur Untuk Kesehatan.
  1. Bersifat anti-hipertensi yang berpengaruh dalam melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Secara tidak langsung bisa mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  2. Bersifat anti-diabetes yang berkemampuan dalam menjaga kadar gula darah. Sehingga gula dalam darah terkontrol dan sangat baik untuk pencegahan diabetes mellitus (kencing manis).
  3. Bersifat anti-kolesterol yang berguna untuk menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  4. Bersifat sebagai anti-bakteri yang ampuh dalam membunuh kuman serta bakteri yang masuk kedalam tubuh.
  5. Berkemampuan untuk menghentikan diare atau mencret.
  6. Mengatasi eksim dan gejala lain yang berkaitan dengan kulit.
  7. Menghancurkan batu ginjal yang sangat baik untuk mengobati kencing batu.
Bagaimana resep dan cara menggunakan pohon bungur untuk obat herbal?
  • Hipertensi : Siapkan beberapa lembar daun bungur kemudian direbus dengan air secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Minum air tersebut 3x sehari.
  • Diare : Siapkan sekitar 2 jari kulit pohon bungur. Haluskan dengan menambah 150cc air (bisa juga diblender). Saring kemudian bisa langsung dikonsumsi.
  • Eksim : Sediakan 5gr biji bungur kemudian dihaluskan dengan mencampurnya dengan setengah sendok teh minyak kelapa. Aduk rata kemudian dioleskan pada kulit yang terkena eksim.
  • Diabetes Mellitus : Rebus 7 lembar daun bungur yang sudah dicuci bersih dengan 400cc air hingga tersisa separuh. Saring dan minum secara rutin paling tidak 1x sehari.
Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Tanaman Bungur Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *