6 Khasiat Akar Pasak Bumi Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Pasak Bumi memang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Umumnya akar tumbuhan ini digunakan sebagai penambah stamina bagi kalangan pria yang loyo sehingga menjadi lebih kuat dan bertenaga. Selain itu, ada banyak lagi manfaat akar pasak bumi bagi kesehatan tubuh kita. Contohnya ialah sebagai anti-kanker, malaria, sakit perut dan lain-lainnya. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar. Kali ini kami akan mencoba membahas sedikit mengenai apa saja khasiat pasak bumi? Apa saja kandungannya? Dan Bagaimana cara menggunakan pasak bumi sebagai obat? Yuk simak rangkuman singkat dibawah ini!
6 Khasiat Akar Pasak Bumi Untuk Kesehatan
Pasak Bumi (Nama Latin : Eurycoma longifolia) dikenal juga dengan tongkat ali merupakan salah satu tanaman obat yang banyak ditemukan pada daratan Malaysia dan Indonesia bagian barat. Pada akarnya, pasak bumi mempunyai sifat Afrodisiak yang mampu meningkatkan gairah stamina lelaki. Karena kandungan inilah pasak bumi menjadi sangat terkenal dan banyak yang mencari.

Pasak bumi mempunyai ciri yang terdapat pada batangnya yang mencapai ketinggian hingga 10m, daunnya rimbun pada bagian ujung batang (tangkai), jarang mempunyai cabang dan bunganya tersusun padat terletak pada bagian tangkai bercabang yang keluar dari pangkal daun. Habitat pohon pasak bumi ini banyak ditemukan dalam rimbunan hutan pada dataran rendah.

Apa saja kandungan senyawa pada pasak akar pasak bumi?
Menurut penelitian, ditemukan beberapa senyawa turunan alkaloid, saponin, tanin, etanol, quasinoid, canthin, dan euryomanone. Karena kandungan inilah tercipta beberapa khasiat yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh kita.

6 Khasiat Akar Pasak Bumi Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai anti-kanker yang berfungsi untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker serta tumor dalam tubuh. Utamanya umum digunakan untuk kanker payudara.
  2. Meningkatkan stamina atau kejantanan pria.
  3. Bersifat anti-malaria yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit malaria.
  4. Terapi pengobatan leukimia atau kanker darah.
  5. Bersifat anti-hipertensi yang berguna dalam melancarkan peredaran darah sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi.
  6. Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.
Selain itu, akar atau pokok pasak bumi ini juga dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit perut utamanya maag. Namun tidak hanya pada akar saja, pasak bumi bisa digunakan daunnya untuk sakit perut, kulit akar untuk demam, radang gusi, cacing dan tonikum sehabis melahirkan, pada kulit batang bisa dijadikan jamu nyeri tulang, serta bunganya juga berkhasiat untuk menyembuhkan disentri.

Bagaimana resep dan cara menggunakan akar pasak bumi sebagai obat?
  • Seduh atau siram akar pasak bumi kering hingga berubah warna atau paling tidak dengan tenggang waktu sekitar 1 jam. Minum 1x sehari dengan porsi 1 gelas.
  • Rebus 1 ibu jari akar pasak bumi dengan 1 gelas air hingga mendidih dan tersisa sekitar 150cc atau 3/4 gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin 1x sehari.
  • Jemur akar pasak bumi hingga kering dan sangrai sebentar. Haluskan hingga menjadi bubuk halus. Seduh 1sdt bubuk dengan 1 cangkir air, aduk dan minum. Atau juga bisa dicampurkan pada kopi.
Demikianlah artikel singkat mengenai 6 Khasiat Akar Pasak Bumi Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *